Sponsors Link

7 Manfaat Hubungan Sosial Penjelasan Terlengkap dan Terjelas

Sponsors Link

Hubungan sosial adalah hubungan yang di jalin antar sesama manusia. Baik itu hubungan antara dua orang atau hubungan seseorang dengan masyarakat. Setiap orang hidup pastilah memiliki hubungan sosial di dalam hidupnya. Karena memang pada dasarnya tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri dan pastinya membutuhkan orang lain untuk membantunya. Sehingga terciptalah hubungan sosial ini.

ads

Manfaat Hubungan Sosial Bagi Manusia

Karena hubungan sosial pasti terjadi di dalam kehidupan manusia, maka ada manfaat tersendiri yang di ciptakan dari hubungan sosial ini. Baik itu manfaat bagi lingkungan maupun manfaat untuk individu yang di sebab kan adanya hubungan sosial tidak kasat mata di dalam masyarakat. Adapun manfaat hubungan sosial adalah sebagai berikut ini.

1. Membuat seseorang lebih bersyukur

Setiap manusia di ciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itulah mengapa ada perbedaan antara satu orang dengan orang lainnya. Perbedaan itu bisa terlihat dari segi ekonomi, kelengkapan anggota tubuh, ataupun jenis pekerjaan yang di miliki oleh setiap individu di dunia. Inilah tujuan mempelajari sosiologi industri bagi seseorang.

Dengan adanya perbedaan kehidupan antar manusia membuat seseorang akan lebih mudah untuk bersyukur dalam hidupnya. Apalagi jika Anda menjalin hubungan sosial tidak hanya dengan orang yang kaya atau berada saja namun dengan semua orang. Maka Anda akan menemukan rasa syukur tiada tara dengan kehidupan Anda yang sekarang ini.

2. Bisa mengenal berbagai macam dunia tiap orang

Tidak semua orang memiliki tipe dunia yang sama. Ada yang memang menyukai kesendirian dan jauh dari keramaian, namun ada juga yang lebih suka berada di tengah kerumunan banyak orang. Tidak ada yang salah dari kedua prinsip ini, sebab pasti setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mendapatkan rasa nyaman ketika hidup.

Akan tetapi tidak semua orang memahami tenang prinsip hidup ini. Bahkan ada saja orang yang mengatakan jika seseorang yang lebih menyukai kesendirian adalah orang aneh. Mereka saja yang belum mengerti tentang kedua prinsip hidup di atas. Oleh karena itu adanya hubungan sosial bisa sangat penting dalam masyarakat agar setiap orang paham akan bagaimana dunia setiap masing-masing orang. Inilah dampak positif dan negatif lembaga keluarga yang harus Anda ketahui.

3. Bisa mendapatkan lebih banyak informasi

Hubungan sosial lekat hubungannya dengan interaksi yang terjadi di antara manusia. Baik itu komunikasi yang di lakukan secara langsung maupun yang di lakukan melalui bantuan perantara seperti alat komunikasi telepon. Ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain maka Anda akan membahas banyak sekali topik pembicaraan. Konsep sosiologi keluarga inilah yang paling mudah untuk di pelajari.

Dari topik pembicaraan ini lah kemudian Anda akan mendapatkan banyak informasi yang bahkan sebelumnya Anda tidak tahu sama sekali. Contohnya ketika Anda sedang mengobrol dengan tetangga Anda dan membahas topik seputar berita yang baru saja terjadi. Maka akan ada banyak pengetahuan baru yang bisa Anda dapatkan dari lingkungan sekitar Anda.

4. Mengetahui tentang sifat setiap orang

Manfaat hubungan sosial selanjutnya adalah Anda menjadi lebih tahu tentang sifat beberapa orang yang ada di sekitar Anda. Berbicara tentang sifat setiap individu ini tentu ada banyak sekali. Mulai dari yang pemarah, penyabar, pendengar yang baik, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui berbagai macam sifat dari tetangga Anda maka Anda akan lebih mudah menentukan bagaimana Anda harus bersikap ketika bertemu dengan satu tetangga dan tetangga yang lain.

Kita ambil contoh, di dalam masyarakat tentu ada orang yang memang tulus membantu dan ada pula yang tidak suka memberikan bantuan. Ketika Anda sudah mengetahui mana yang bisa membantu Anda maka ketika Anda sedang kesusahan baik itu ada masalah ataupun akan mengadakan acara maka Anda lebih tahu mana orang yang bisa di mintai bantuan. Anda wajib tahu perbedaan sosiologi kependudukan dan sosiologi keluarga ini.

Sponsors Link

5. Memperbaiki citra diri sendiri di depan orang lain

Sebuah hubungan sosial tidak hanya bisa terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat saja atau di lingkungan rumah namun juga bisa terjadi di lingkungan pekerjaan Anda. Ketika Anda lebih sering berhubungan sosial dengan rekan kerja maka akan timbul kesan yang sangat baik bagi Anda apalagi jika kesan baik ini bisa menular hingga atasan Anda. Maka bukan tidak mungkin jika posisi Anda di perusahaan bisa lebih baik. Inilah perbedaan discovery dan invention yang harus Anda ketahui.

6. Lebih cepat memperoleh pasangan

Tidak ada manusia yang tidak menginginkan pasangan bukan? Pastinya setiap makhluk hidup membutuhkan pasangan yang akan menemaninya menghabiskan sisa umurnya. Untuk Anda yang masih susah mendapatkan pasangan ada baiknya Anda coba untuk sering berhubungan sosial dengan sesama agar mudah mendapatkan pasangan. Ciri-ciri perubahan struktural ternyata sangat mudah di kenali.

7. Sering mendapatkan hadiah tidak terduga

Manfaat paling asyik dari adanya hubungan sosial adalah Anda bisa mendapatkan berbagai macam hadiah tidak terduga dari orang yang menyukai Anda. Perbedaan konsumerisme dan sekularisme yang wajib Anda pelajari.

Nah itu tadi beberapa manfaat hubungan sosial yang ada di masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 04th, January 2019 / 07:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi