Sponsors Link

Inilah 5 Makna Hari Pendidikan Nasional

Sponsors Link

Hari pendidikan nasional adalah hari yang ditetapkan pemerintah sebagai simbol pendidikan nasional dan hari pendidikan nasional bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei. Dalam sejarahnya Ki Hajar Dewantara adalah pendiri dari taman siswa dan perjuangannya dalam dunia pendidikan Indonesia sangatlah keras. Hari pendidikan nasional dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan arti penting pendidikan di Indonesia dan dengan pendidikan ada banyak perubahan yang telah dilakukan. Pendidikan menjadi sektor penting yang harus selalu ditingkatkan dan dengan banyaknya masyarakat yang berpendidikan, akan membuat sebuah negara menjadi lebih maju.

ads

Makna Hari Pendidikan Nasional

1. Mengenal Arti Penting Pendidikan

Dengan adanya hardiknas membuat masyarakat lebih mengenal tentang arti pentingnya pendidikan dan dengan kemajuan bidang pendidikan Indonesia yang sangat pesat, membuat jenjang pendidikan menjadi lebih jelas. Dengan jenjang pendidikan yang jelas, akan muncul generasi muda yang berpendidikan yang bisa membantu Indonesia menjadi lebih maju dan bisa membawa negara ke arah yang lebih baik. Dengan pendidikan yang jelas, maka proses interaksi sosial yang terjadi di masyarakat akan berjalan dengan lancar dan menimbulkan efek baik bagi negara.

2. Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Salah satu syarat terjadinya interaksi sosial yang baik adalah adanya sikap saling menghormati antar sesama manusia dan sikap saling menghormati juga menjadi bentuk dari nasionalisme seseorang. Dengan adanya hari pendidikan nasional, tentu akan menumbuhkan rasa nasionalisme seseorang dan bisa meningkatkan semangat juang seseorang untuk selalu giat belajar. Masyarakat yang memiliki minat belajar tinggi, pasti akan memiliki jiwa pendidikan yang besar dan sangat peduli dengan pendidikan yang ada di Indonesia.

3. Mengenal Para Pahlawan Pendidikan

Dengan adanya hari pendidikan nasional, masyarakat akan lebih mengenal lagi mengenai pahlawan pendidikan yang ada di Indonesia dan salah satu nama pahlawan pendidikan yang paling populer adalah Ki Hajar Dewantara. RA. Dewi Sartika adalah salah satu tokoh wanita yang memiliki peranan untuk memajukan sektor pendidikan Indonesia dan Dewi Sartika menjadi perintis pendidikan bagi kaum wanita. Pendidikan memang tak mengacu soal gender, karena siapapun bisa berperan dan peranan dalam dunia pendidikan harus berjalan dengan berbagai tahapan pendidikan yang baik.

4. Memahami Inti Dari Pendidikan

Secara makna, inti dari adanya pendidikan di Indonesia adalah untuk memajukan Indonesia di berbagai aspek dan semua hubungan sosial akan berjalan dengan baik, akan sangat bermanfaat untuk kemajuan negara. Berbagai ciri-ciri hubungan sosial di masyarakat, akan dapat berjalan dengan sangat baik dan semua inti pendidikan, akan dipahami oleh masyarakat. Indonesia menjadi salah satu negara yang memperoleh manfaat hubungan sosial dari adanya sistem pendidikan yang berjenjang dan pendidikan memiliki peranan penting dalam kemajuan suatu negara.

5. Menciptakan Masyarakat yang Berpendidikan

Dengan pendidikan yang baik, semua unsur-unsur hubungan sosial dapat berjalan dengan sesuai rencana dan kondisi masyarakat menjadi lebih berpendidikan. Dengan banyaknya masyarakat berpendidikan akan memudahkan proses penyebaran akan pendidikan yang terjadi di Indonesia dan kemajuan masyarakat akan membuat kepercayaan diri manusia menjadi bertambah.

Sekian ulasan lengkap mengenai makna hari pendidikan nasional dan semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:43 Oleh :
Kategori : Pendidikan