Sponsors Link

8 Macam-macam Realitas Sosial dalam Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Kita dapat menemukan berbagai fenomena sosial di lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat memiliki banyak elemen penyusun mulai dari unit terkecil hingga terbesar yang saling berhubungan. Sosiologi mengkaji hubungan elemen-elemen masyarakat tersebut sebagai realitas sosial. Realitas sosial adalah kenyataan yang dapat kita lihat dalam kehidupan manusia yang terwujud sebagai hasil hubungan yang terjalin di antara sesama manusia.

ads

Realitas sosial akan terus ada seiring berlangsungnya dinamika masyarakat. Realitas sosial dengan ini memiliki banyak macam yang dapat kita kenali. Macam-macam realitas sosial di masyarakat meliputi :

  1. Masyarakat

Masyarakat ialah sekumpulan manusia yang menempati wilayah tertentu dan membina kehidupan bersama dalam berbagai aspek kehidupan atas dasar norma sosial tertentu dalam waktu yang relatif lama. Manusia selama hidup bersama sebagai anggota masyarakat bukan hanya bersinggungan dengan norma, nilai-nilai sosial, dan adat istiadat yang ada, melainkan faktor-faktor lain. Faktor-faktor lain yang dimaksud adalah faktor-faktor yang mampu memengaruhi perasaan, sikap, perilaku, dan kebiasaan seperti pergaulan dengan teman sebaya, lingkungan kerja, lingkungan sekolah, dan sebagainya.

  1. Interaksi sosial

Macam-macam realitas sosial di masyarakat tentu akan mencakup interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan dan pengaruh timbal balik antarindividu, antara individu dan kelompok, dan antar macam-macam kelompok sosial. Interaksi sosial merupakan bentuk upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup sekaligus media aktualisasi diri.

  1. Status dan Peran

Interaksi sosial akan berlangsung dengan baik jika anggota masyarakat mampu menjalankan peran sesuai status sosial yang ia dalam masyarakat. Status sosial adalah posisi seseorang dalam masyarakat yang umumnya bersifat statis. Contoh status sosial adalah kepala suku. Adapun peran ialah pola tindakan atau perilaku dari orang yang memiliki status tertentu yang umumnya bersifat dinamis. Seorang kepala suku harus menjadi mediator bagi individu yang berselisih dalam suku yang dipimpinnya merupakan contoh peran sosial.

  1. Nilai dan norma sosial

Menyatukan manusia yang berjumlah cukup banyak dengan masing-masing perbedaan yang melekat padanya bukanlah suatu hal mudah, sehingga diperlukan perangkat yang berfungsi menjaga keteraturan hidup masyarakat. Perangkat tersebut meliputi nilai sosial dan norma sosial.

Nilai sosial adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan benar anggota masyarakat dan merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Gotong royong saat kerja bakti membersihkan sekolah merupakan salah satu contoh nilai sosial di lingkungan sekolah. Nilai yang ada di dalamnya adalah nilai kerja sama antar satu sama lain.

Adanya nilai sosial dalam masyarakat akan berpengaruh pada kebiasaan (folkways) dan tata kelakuan (mores). Adapun norma sosial ialah wujud konkret pelaksanaan nilai sosial yang dilengkapi sanksi apabila individu atau kelompok melakukan pelanggaran. Contoh norma sosial salah satunya adalah norma hukum. Norma hukum akan memberikan sanksi bagi siapapun yang melanggar peraturan hukum seperti tindak pencurian dengan kurungan penjara dan sebagainya.

  1. Institusi sosial (lembaga sosial/pranata sosial)
Sponsors Link

Norma sosial kemudian memiliki sistem yang terorganisir dan membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan yang masyarakat anggap penting disebut institusi sosial atau lembaga sosial. Jenis lembaga sosial adalah keluarga.

  1. Budaya

Budaya merupakan bagian unsur-unsur masyarakat. Budaya adalah semua hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam hidup bermasyarakat. Budaya secara sederhana didefinisikan sebagai hasil kreativitas manusia dari segala potensi yang dimilikinya. Budaya meliputi artefak, sistem aktivitas, dan sistem ide/gagasan.

  1. Stratifikasi sosial

Adanya perbedaan status seseorang di masyarakat memunculkan contoh fenomena sosial lainnya yaitu terbentuknya stratifikasi sosial (lapisan masyarakat). Stratifikasi sosial adalah pengelompokkan masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial secara hierarkis.

Sponsors Link

  1. Perilaku menyimpang

Bentuk realitas sosial yang mampu menjadi faktor penyebab masalah sosial di lingkungan masyarakat adalah perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang merupakan bentuk perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku.

  1. Perubahan sosial dan budaya

Pergerakan masyarakat yang terus berlangsung setiap waktu mampu menimbulkan adanya pergeseran dalam berbagai bidang baik yang mengarah pada kemajuan maupun kemunduran. Bentuk realitas sosial seperti ini disebut perubahan sosial budaya. Perubahan sosial budaya adalah perubahan struktur sosial dan budaya akibat adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsurnya sehingga memunculkan suatu corak sosial budaya baru yang dianggap ideal.

Itulah macam-macam realitas yang dapat dikenali dari kehidupan bermasyarakat supaya anda bisa tau apa aja realitas sosial tersebut. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, July 2018 / 04:23 Oleh :
Kategori : Sosiologi