Sponsors Link

5 Macam-Macam Pranata Sosial Berdasarkan Fungsi Perannya

Sponsors Link

Dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat, istilah pranata sosial pasti sudah tidak asing lagi. Dimana pranata sosial memiliki berbagai macam peran dan fungsinya di dalam masyarakat. Terlebih lagi, sebagai seorang makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, terdapat satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial dalam tatanan kehidupan masyarakat, yaitu mematuhi serta berpedoman kepada nilai dan norma serta kebudayaan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan masyarakat dapat berlangsung sesuai dengan apa yang di harapkan dan diinginkan oleh masyarakat sendiri, tanpa adanya berbagai macam bentuk-bentuk konflik sosial. Lalu apa saja macam-macam pranata sosial tersebut? simak penjelasan berikut ini.

ads

Pengertian Pranata Sosial

Sebelum membahas mengenai macam-macam pranata sosial dalam kehidupan masyarakat, perlu di pahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya di sebut sebagai suatu pranata sosial. Dimana secara umum, pranata sosial dapat diartikan sebagai suatu sistem tata kelakuan serta hubungan yang didasarkan atau berpusat kepada kegiatan-kegiatan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Pranata sosial juga di pahami sebagai suatu kebutuhan sosial, dimana didalamnya terdapat seperangkat aturan yang berdasar atau berpedoman pada kebudayaan yang ada di masyarakat tersebut. Oleh sebab itu, pranata sosial juga diketahui memiliki sifat yang abstrak karena merupakan suatu seperangkat aturan.

  • Soekanto – Pranata sosial merupakan suatu lembaga kemasyarakatan yang bersifat abstrak terhadap adanya norma dan peraturan tertentu yang dijadikan ciri-ciri khusus suatu lembaga tersebut.
  • Bruce J. Cohen – Pranata sosial merupakan suatu sistem atau pola sosial yang tersusun secara rapi dan relatif bersifat permanen. Pola tersebut juga mengandung berbagai perilaku-perilaku tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat.
  • Mac Iver dan Page – Pranata sosial merupakan suatu tata cara atau pola dan sistem yang telah di bentuk untuk mengatur berbagai macam hubungan antar-manusia yang hidup berkelompok di dalam suatu lingkungan masyarakat.
  • Paul B. Horton dan Chester L. Hunt – Pranata sosial merupakan suatu sistem atau pola nilai dan norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang penting bagi suatu masyarakat tertentu.

Itulah beberapa pengertian mengenai pranata sosial menurut para ahli, dimana dapa disimpulkan bahwa pranata sosial merupakan suatu pola atau sistem nilai dan norma yang berdasar pada kebudayaan suatu masyarakat secara abstrak demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat tersebut. Adanya pranata sosial juga digunakan sebagai suatu landasan dalam berperilaku dan menjadi suatu hubungan sosial atau proses interaksi sosial. Dari pengertian diatas pula dapat di katakan bahwa pranata sosial merupakan suatu lembaga sosial atau institute, yang juga menjadi salah satu ciri-ciri pranata sosial itu sendiri.

Wujud pranata sosial sendiri memang dapat dikategorikan sebagai suatu lembaga atau institute, tetapi sebenarnya pranata dan lembaga sendiri memiliki makna yang berbeda. Dimana pranata merupakan suatu sistem norma dan aturan mengenai kehidupan atau kegiatan masyarakat secara khusus, sedangkan lembaga merupakan suatu badan atau organisasi pelaksana atau yang melakukan atau melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Jadi dapat dikatakan pula bahwa terdapat suatu pranata sosial didalam suatu lembaga sosial.

Macam-Macam Pranata Sosial

Pada dasarnya, pranata sosial merupakan suatu sistem norma yang berguna untuk mengatur segala tindakan manusia dalam menjalankan hubungan antar manusia demi memenuhi kebutuhan pokoknya dalam kehidupan masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat sendiri, terdapat beberapa macam pranata sosial yang sangat penting kehadiran. Beberapa diantaranya seperti pranata agama, pranata ekonomi, pranata keluarga, pranata pendidikan, dan pranata politik. Berikut penjelasan lebih lanjut dari macam-macam pranata sosial dalam kehidupan masyarakat tersebut.

  1. Pranata Agama

Pranata agama merupakan suatu pranata sosial yang berfungsi untuk mengatur hubungan antara individu dengan Sang Pencipta, selain itu juga mengatur hubungan-hubungan yang terjadi di antara individu dengan individu lainnya di dalam suatu lingkup kehidupan beragama. Hubungan tersebut dapat berlangsung bagi mereka yang memiliki agama sama maupun memiliki agama yang berbeda. Pranata agama ini juga akan berbeda-beda didalam satu agama dengan agama yang lainnya, tetapi tetap memiliki tujuan yang sama bagi para pemeluknya.

Sponsors Link

Tujuan tersebut pada dasarnya adalah untuk mengarahkan individu untuk berperilaku sesuai dengan ketentuan agama demi mencapai suatu kehidupan yang bahagia serta selamat dunia dan akhirat. Dimana tidak ada satu pun agama yang akan mengarahkan individu kepada suatu perilaku yang buruk dan tercela. Selanjutnya, aturan-aturan tersebut akan diatur lebih lanjut oleh hukum agama masing-masing mengenai pranata masing-masing agama.

Adapun fungsi dari pranata agam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fungsi ajaran atau aturan, artinya bahwa adanya pranata agama dapat menumbuhkan sikap saling menghormati dan toleransi antara sesama manusia, terutama ketika memiliki agama atau kepercayaan yang berbeda-beda.
  • Fungsi hukum, yaitu dengan memberikan aturan-aturan yang jelas mengenai tingkah laku manusia yang benar dan salah.
  • Fungsi sosial, yaitu pranata agama menjadi suatu dasar dalam suatu aturan kesusilaan dalam kehidupan masyarakat di berbagai macam aspek kehidupan.
  • Fungsi ritual, dimana setiap agama pasti memiliki ciri atau cara-cara untuk beribadah masing-masing, yang mana pasti berbeda satu agama dengan agama lainnya.
  • Fungsi transformatif, dimana pranata agama dapat menjadi suatu alat pendorong manusia untuk merubah pola perilaku mereka ke arah yang lebih baik atau lebih positif.
ads
  1. Pranata Politik

Pranata politik merupakan suatu macam dari pranata sosial yang dapat membantu mengatur hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu di dalam suatu kegiatan politik, dimana pranata politik ini sangat penting adanya karena menyangkut kesejahteraan masyarakat. Istilah politik sendiri mengarah kepada segala kegiatan manusia yang dilakukan baik oleh individu maupun kelompok untuk memperoleh kekuasaan, melaksanakan kekuasaan, dan mempertahankan kekuasaan tersebut. Di dalam kegiatan politik juga tidak dapat lepas dari hadirnya suatu partai politik yang merupakan suatu organisasi politik dengan berbagai macam organisasi-organisasi massa pendukungnya di dalam kehidupan masyarakat.

Pranata politik sebagai suatu serangkaian peraturan, baik itu peraturan tertulis maupun tidak tertulis berfungsi untuk mengatur segala kegiatan atau aktivitas politik suatu masyarakat maupun negara. Selain itu, beberapa fungsi dan peran pranata politik diantaranya adalah:

  • Pranata politik sebagai suatu pelindung hak asasi manusia dan juga sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Dimana setiap anggota masyarakat juga berhak berpartisipasi dalam kegiatan politik.
  • Pranata sosial juga berfungsi untuk memberikan suatu pembelajaran politik kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat terlibat dalam proses pembuatan kebijakan.
  • Pranata sosial berperan dalam meningkatkan kesadaran berpolitik dalam masyarakat.
  1. Pranata Ekonomi

Adanya pranata ekonomi dapat mengatur adanya perlindungan kepada pihak-pihak yang lemah atau dirugikan, seperti hak-hak konsumen yang dilanggar oleh para pedagang dan produsen barang tertentu. Selain itu, pranata ekonomi juga mengatur hubungan-hubungan yang berlangsung mengenai produksi barang, distribusi barang, serta konsumsi barang. Beberapa peran pranata ekonomi seperti:

  • Peran pranata ekonomi produksi

Dimana bermanfaat dalam mengatur unsur-unsur produksi seperti bahan dasar, modal, tenaga kerja, hingga manajemen melalui sebuah aturan yang diberlakukan demi terciptanya suatu keseimbangan serta keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat.

  • Peran pranata ekonomi distribusi

Adanya aturan mengenai kegiatan distribusi bermaksud untuk mencapai suatu kemakmuran rakyat, tujuan ini dicapai dengan cara mendistribusikan kebutuhan barang dan jasa secara merata untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

  • Peran pranata ekonomi konsumsi

Peran pranata ekonomi dalam hal ini untuk mengarahkan setiap anggota masyarakat agar dapat menggunakan nilai guna suatu barang dan jasa sesuai dengan sebagaimana mestinya.

  1. Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan merupakan macam pranata sosial yang mengatur mengenai pemenuhan kebutuhan pendidikan setiap individu, biasanya juga akan menyangkut mengenai kewajiban orang tua dalam memberikan kesempatan pendidikan terhadap putra dan putrinya. Beberapa fungsi atau peran pranata pendidikan diantaranya adalah:

  • Pranata pendidikan dapat meningkatkan potensi, kreativitas, hingga kemampuan individu.
  • Membantu dalam proses pembentukan kepribadian dan pola pikir individu.
  • Pranata pendidikan juga dapat digunakan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air.
  1. Pranata Keluarga
Sponsors Link

Macam-macam pranata sosial yang terakhir adalah pranata keluarga, dimana pranata keluarga dapat mengatur hubungan-hubungan antara individu didalam lingkungan keluarga. Pranata keluarga biasanya akan berhubungan atau didasarkan pada adanya kebiasaan, kesopanan, serta norma kesusilaan yang membentuk hubungan antara individu di dalam keluarga tertentu. Fungsi dan peran pranata keluarga sendiri sangat beragam, beberapa diantaranya seperti:

  • Fungsi reproduksi, yaitu pranata keluarga sebagai sarana untuk memperoleh keturunan yang sesuai dengan ajaran agama, terhormat, sehat, terencana, hingga sah di mata hukum.
  • Fungsi keagamaan, dimana setiap individu yang lahir secara otomatis biasanya akan menganut kepercayaan atau agama yang sama dengan orang tua atau keluarganya miliki, ini juga merupakan salah satu contoh pranata keluarga.
  • Fungsi ekonomi, dimana keluarga juga menjadi suatu arena untuk mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi individu.
  • Fungsi perlindungan, dimana keluarga menjadi tempat individu untuk berlindung baik secara lahir maupun batin.
  • Fungsi pendidikan, yaitu segala sesuatu yang dipelajari oleh seorang individu biasanya dimulai dari keluarga, terutama dari kedua orang tuanya.
  • Fungsi sosialisasi, dimana keluarga berperan dalam memberikan pemahaman mengenai bagaimana untuk bergaul, menjalin hubungan, menjalin proses interaksi sosial atau komunikasi dengan lingkungannya.
  • Fungsi afeksi, dimana norma afeksi di jalankan orang tua untuk mewujudkan suatu rasa kasih sayang dan cinta kepada setiap anggota keluarga.
  • Fungsi penentu status, dimana melalui keluarga lah seorang individu dapat memiliki status sosial masing-masing.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam pranata sosial yang ada didalam kehidupan masyarakat beserta dengan fungsi dan perannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 18th, May 2018 / 06:43 Oleh :
Kategori : Sosiologi