Sponsors Link

5 Macam-macam Pluralisme Di Indonesia

Sponsors Link

Kali ini kami akan membagikan informasi seputar macam macam pluarisme yang ada di dunia ini, khususnya yang ada di negeri kita tercinta. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang mungkin satu-satunya dengan banyaknya keragaman suku bangsa dan budaya. Selain itu, Indonesia juga terkenal akan keberagaman agama dan bahasanya. Keberagaman tersebut menjadikan Indonesia menjadi negara yang berdaulat dan bersatu meskipun memiliki banyak sekali perbedaan. Semua perbedaan tersebut diikat ke dalam salah satu 4 pilar bangsa yakni Bhineka Tunggal Ika. Inilah yang kemudian juga melahirkan sebuah pluarisme. Lalu apa saja macam macam pluralisme di Indonesia? Sebelum kami membahas tentang hal tersebut, kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai definisi dari pluralisme itu sendiri.

ads

Pengertian Pluralisme

Pluralisme merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh individu maupun kelompok agar dapat membangun bukan hanya mengenai kesadaran secara normatif teologis, melainkan juga membangun kesadaran sosial yang mana kita tahu bahwa kita hidup di sebuah tempat dengan masyarakat yang plural. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang plural, dari segi agama, etnis, budaya, bahasa, dan lain sebagainya. Ini menjadi sebuah anugerah dimana kita harus saling menghargai satu dengan yang lainnya dan harus tetap bersatu diantara perbedaan yang ada demi terciptanya masyarakat Indonesia yang rukun, solid, dan tentunya maju. Berdasarkan apa yang dipaparkan oleh Alwy Shihab, sebenarnya pluralisme bisa didefisinikan kedalam 4 hal, diantaranya:

  • Pluralisme tidak semuanya harus tertuju pada sebuah kenyataan mengenai kemajemukan. Namun yang dimaksud pluralisme merupakan sebuah keterlibatan secara aktif tentang kenyataan bahwa memang terdapat kemajemukan tersebut.
  • Konsep pluralisme tidak sama dengan relativisme. Hal ini karena relativisme berpendapat bahwa semua agama sama.
  • Pluralisme juga tidak sama dengan kosmopolitanisme. Kosmopolitalisme merupakan sebuah paham yang menunjuk sebuah kenyataan bahwa keberagaman bangsa dan ras harus hidup secara berdampingan dalam suatu lokasi.
  • Pluralisme agama tidak bisa disamakan juga sinkretisme. Sinkretisme merupakan paham yang menciptakan agama baru dengan cara memadukkan unsur-unsur tertentu maupun sebagian komponen yang ada dari berbagai macam ajaran agama kemudian dijadikan sebagai bagian integral yang berasal dari agama tersebut.

Macam-macam Pluralisme di Indonesia

Di bawah ini akan penjelasan seputar macam macam pluralisme yang ada di Indonesia yang sebenarnya juga ada di negara lainnya.

1. Pluralisme Sosial

Pluralisme sosial bisa diartikan sebagai hubungan timbal balik dari berbagai kelompok yang berbeda-beda di dalam menunjukkan suatu rasa saling menghormati dan saling menghargai. Hal ini menciptakan sebuah toleransi antar sesama. Kelompok tersebut tinggal dan hidup secara bersama atau koeksistensi dan bisa menciptakan sebuah hasil tanpa adanya konflik asimilasi. Jadi, pluralisme sosial ini lebih dekat dengan istilah toleransi.

2. Pluralisme Agama

Salah satu contoh pluralisme dalam masyarakat adalah pluralisme agama. Pluralisme agama harus dimaknai secara sesuai dan tidak bisa sembarangan. Pluralisme agama juga tidak bisa disamakan dengan anti toleransi yang sampai sekarang selalu menjadi permasalahan yang seolah-olah selalu diangkat, khususnya ketika memasuki pemilihan Gubernur, Bupati, atau bahkan Presiden. Di Indonesia sendiri mengakui adanya pluralisme agama. Agama yang diakui tersebut yaitu agama Islam, Katolik, Kristen, Buddha, dan Hindu. Salah satu contoh perubahan perilaku manusia yang berkaitan dengan agama adalah mereka mulai menyadari dan bersikap dewasa bahwa mereka harus saling menghargai satu sama lain. Sementara itu, contoh nyata dari adanya pluralisme agama di Indonesia yakni libur nasional yang berkaitan dengan tahun baru Islam, Imlek, Waisak, dan juga Natal.

3. Pluralisme Politik

Pluralisme politik juga masuk ke dalam macam macam pluralisme yang ada di Indonesia. Pluralisme yang satu ini tentunya berhubungan denan politik yang tidak jarang juga menjadi salah satu pemicu permasalahan diantara masyarakat. Bahkan, politik dan agama akan selalu dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan salah satu kandidat dan menjatuhkan kandidat yang lainnya. Hal inilah yang menjadi sebab terjadinya diintegrasi sosial yang bukan hanya merugikan kedua kandidat, melainkan juga mencoreng nilai keberagaman yang ada di negara Indonesia itu sendiri.

Sponsors Link

4. Pluralisme Ilmu Pengetahuan

Di dalam bidang ilmu pengetahuan, pluralisme memiliki peranan penting di dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Pluralisme membuat banyak teori yang sebelumnya belum terpecahkan dijadikan sebagai sebuah bentuk kebebasan dari cara berpikir ilmiah. Salah satu teori yang sampai sekarang memiliki kajiannya tersendiri adalah alam semesta yang di dalamnya memiliki lebih dari satu teori. Hal ini membuat para ilmuan bisa meyakini bahwa teorinya tersebut paling benar secara pribadi. Namun tidak bisa mengatakan bahwa teorinya lah yang paling benar diantara semua teori yang ada.

5. Pluralisme Budaya

Macam macam pluralisme yang terakhir adalah pluralisme yang berhubungan dengan budaya. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Ada beberapa dampak positif keberagaman budaya yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • Membentuk karakter masyarakat yang toleran mengenai perbedaan
  • Membuat pendapatan daerah menjadi meningkat
  • Menjadikan daya tarik tersendiri untuk semua orang yang berkunjung ke daerah atau tempat tersebut.
  • Menambah kekayaan SDM atau Sumber Daya Manusia.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi mengenai pengertian dan macam-macam pluralisme yang terjadi di Indonesia ini bisa membantu Anda. Ketahui pula bentuk penyimpangan sosial yang kerap terjadi di masyarakat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 16th, August 2019 / 09:43 Oleh :
Kategori : Sosiologi