Sponsors Link

7 Macam-macam Perubahan Non Material Akibat Globalisasi

Sponsors Link

Globalisasi memang memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia dan Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampaknya. Ada berbagai macam perubahan yang terjadi di Indonesia baik itu perubahan material maupun non-material dan semua perubahan terjadi dengan berbagai macam variasi. Berikut ini adalah macam-macam perubahan non material akibat globalisasi:

ads

1. Perubahan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Salah satu dampak globalisasi yang baik bagi Indonesia adalah adanya perkembangan iptek dan banyak masyarakat yang mulai berpikiran terbuka untuk memanfaatkan iptek demi kebutuhan hidup bermasyarakat. Ada banyak kaum muda yang mulai bisa menembus pasar internasional dalam menggunakan fasilitas internet dan banyak perusahaan asing yang menanam investasi demi membangun para pengusaha muda asal Indonesia di bidang teknologi.

2. Efektivitas Kerja Meningkat

Dengan adanya era globalisasi yang menyerang Indonesia, kini efektivitas bekerja menjadi lebih baik dan penggunaan teknologi canggih membuat para pengusaha mengurangi modal untuk menjalankan usahanya, karena tak perlu banyak mengaji karyawan. Namun hal ini juga memberikan permasalahan sosial budaya baru bagi lapangan kerja yang semakin berkurang bagi para karyawan atau buruh.

3. Tercipta Nilai Dan Norma

Masuknya era globalisasai ke tanah Indonesia memunculkan banyak nilai dan norma baru di masyarakat. Dulu anak-anak yang terlalu banyak memegang hp pasti dimarahi orang tuanya, tapi kini memegang hp menjadi sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan uang seperti jualan online dan lain-lain. Hal ini membuat kondisi penduduk indonesia menjadi memiliki nilai dan norma baru yang berkembang.

4. Tingkat Pendidikan Bertambah

Dengan era globalisasi yang sangatlah pesat membuat tingkat pendidikan Indonesia menjadi lebih baik, hal ini disebabkan kemudahan mencari informasi di internet dan peran indonesia di era globalisasi memang sangatlah signifikan, karena indonesia mampu menghadapi era ini dengan baik. Tingkat pendidikan masyarakatnya menjadi lebih terbuka dan cepat berkembang.

5. Kesenjangan Sosial

Salah satu faktor pendorong urbanisasi yang dilakukan masyarakat daerah adalah adanya tingkat kesenjangan sosial yang sangat tinggi dan hal ini membuat banyak masyarakat daerah memutuskan untuk pergi ke kota untuk mengadu nasib. Kesenjangan sosial menjadi salah satu dampak negatif dari adanya globalisasi di Indonesia.

6. Adat Istiadat Dilupakan

Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah dilupakannya adat istiadat jaman dulu dan hal ini sangatlah merugikan bagi bangsa Indonesia, karena unsur kedaerahan menjadi hilang. Dengan mulai terlupakannya adat istiadat akan menimbulkan bentuk penyimpangan sosial di masyarakat dan hal ini akan membuat budaya asing lebih leluasa untuk populer di Indonesia.

7. Nilai Konsumtif Yang Besar

Salah satu ciri-ciri era globalisasi informasi adalah nilai konsumtif masyarakat yang semakin meningkat dan banyak masyarakat yang mulai mengikuti budaya luar untuk melakukan kehidupan yang tingkat tinggi. Hal ini akan menimbulkan banyak permasalahan baru di masyarakat dan akan membuat banyak masyarakat melakukan berbagai hal yang sifatnya terpaksa serta menghalalkan segala cara.

Demikian ulasan lengkap mengenai macam-macam perubahan non material akibat globalisasi dan semoga artikelnya dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 08th, April 2019 / 03:22 Oleh :
Kategori : Pendidikan