Sponsors Link

6 Macam Macam Kelas Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Sponsors Link

Kelas sosial adalah strata atau susunan atau lapisan yang ada dalam masyarakat. Kelas sosial menunjukan bagaimana kedudukan setiap masyarakat per tingkatan. Meskipun tidak semua masyarakat terdapat dalam tingkatan atau lapisan yang sama, namun pengelompokan kelas sosial biasanya berdasarkan kelas yang kurang lebih sama.

ads

Perbedaan kelas sosial juga menunjukan contoh diferensiasi sosial. Sebagai bentuk hubungan sosial dan sesuai dengan ciri ciri kelompok sosial, masyarakat hidup berdampingan meskipun masih memiliki perbedaan. Perbedaan perbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat salah satunya adalah kelas sosial. Antara kelas sosial satu dengan kelas sosial lainnya memiliki perbedaan ciri yang menunjukan tinggi rendahnya kelas kelompok tersebut. Beberapa ahli sosiologi juga memberikan pendapatnya mengenai kelas sosial dan macam macam kelas sosial.

  • Pitrim A Sorokin 

Menurut Sorokin, kelas sosial adalah pembedaan atau pengelompokkan penduduk yang disusun secara hirarki atau bertingkat dengan perwujudan tinggi, sedang dan rendah.

  • Peter Beger

Menurut Beger, kelas sosial atau contoh stratifikasi sosial dapat diketahui berdasarkan kriteria ekonominya. Dalam hal ini yang dimaksud adalah tinggi rendahnya kelas sosial seseorang dimasyarakat akan dilihat dari tinggi rendahnya perekonomiannya. Semakin tinggi ekonomi seseorang maka semakin tinggi kelas sosialnya dan berlaku sebaliknya.

  • Jeffries

 Menurut Jeffries,  kelas sosial dapat dilihat berdasarkan ekonomi, pekerjaan dan pendidikan. Tinggi rendahnya kelas sosial seseorang terlihat dari ketiga aspek diatas, yang mana ketiganya juga harus tinggi. pendapat ini berlaku terbalik dari apa yang disebutkan Beger yaitu ekonomi menjadi satu satunya standar kelas sosial. Mengapa pendidikan termasukd alam standar penentuan kelas sosial seseorang? Karena pendidikan sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang  bahkan dua aspek sebelumnya juga akan terpengaruh oleh kondisi pendidikan.

Dari pendapat para ahli yang dijabarkan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kelas sosial merupakan tingkatan seseorang didalam masyarakat. Kelas sosial digunakan untuk mengelompokkan masyarakat. Namun ada aspek yang dapat mempengaruhi kelas sosial seperti pendidikan, keuangan hingga pekerjaan.

Jenis-Jenis Kelas Sosial

Secara umum, kelas sosial terbagi menjadi tiga yang kelas atas, menengah dan bawah. Kelas atas merupakan kelas tertinggi yang mana merupakan kelompok sosial yang teratas dibandingkan kelas lainnya. Kelas atas biasanya dipengaruhi oleh kekayaan yang besar, pengaruh atau power dalam sosial yang baik, memiliki penghasilan yang sangat cukup, menjalani tingkat pendidikan yang tinggi seperti master atau selebihnya dan juga dapat menjaga kestabilan keluarga.

Sedangkan kelas menengah merupakan tingkatan masyarakat yang memiliki kekayaan cukup, memiliki pekerjaan dan penghasilan yang bisa menggidupi, memiliki tabungan serta rencana masa depan dan biasanya terlibat dalam kegiatan sosial. Kelas bawah merupakan kelas terendah yang memiliki penghasilan pas pasan bahkan untuk menabung pun susah, mecari uang untuk hidup hari ini dan belum bisa memikirkan tabungan masa depan, dan relative berpendidikan rendah.

Sponsors Link

Macam macam kelas sosial menurut Warner terdiri dari 6 tingkatan. Pembagian kelas sosial menurut warmer sama dengan apa yang diterapkan oleh kebanyakan masyarakat Amerika Serikat. Warmer menjelaskan contoh kondisi sosial di suatu wilayah yang terbagi. Inilah beberapa kelas sosial dalam bentuk macam-macamnya:

  • Upper upper class merupakan golongan yang kaya dari sananya. Dalam artian golongan ini memang sudah sejak lama memiliki kekayaan yang berlimpah dan memiliki pengaruh dalam masyarakat. Seperti keturunan kerajaan.
  • Lower upper class merupakan golongan yang kaya namun kekayaan yang didapatkan belum terlalu lama. Biasanya kelas sosial ini adalah orang yang baru saja sukses merintih karir dari nol.
  • Upper middle class terdiri dari orang orang yang tidak terlalu kaya tapi cukup untuk pendidikan, tabungan masa depan serta untuk kebutuhan tersier. Biasanya kelas sosial ini terdiri dari pengusaha atau orang professional.
  • Lower middle class tidak jauh berbeda dengan golongan sebelumnya. Golongan ini juga berkebutuhan cukup namun tidak sebanyak upper middle class. Seperti juru tulis ataupun pegawai kantoran.
  • Upper lower class terdiri dari mereka yang mungkin punya pekeraan tetap namun masih kesulitan dalam hal keuangan untuk menutupi kebutuhannya.
  • Lower lower class adalah kelas sosial terendah yang sangat amat sulit menghidupi kebutuhannya. Biasanya tediri dari para pekerja tidak tetap atau pengangguran.
Sponsors Link

Macam macam kelas sosial menurut Aristoteles digambarkan seperti piramida. Pengertian piramida penduduk adalah susunan kelas sosial dalam masyarakat yang berbentuk piramida. Piramida yang terbagi menjadi 3 bagian tersebut menyusun kelas sosial dari pucuk hingga dasar. Pada golongan pertama merupakan golongan sangat kaya, golongan ini didalam masyarakat hanya sedikit yang memenuhi seperti para pengusaha sukses maupun bangsawan.

Golongan kedua adalah kelas sosial kaya yang mana hidup berkecukupan namun tidak sebanyak golongan pertama. Jumlah golongan kedua cukup banyak jumlahnya. Golongan terakhir atau yang terletak di piramida bagian bawah adalah kelas sosial miskin yang mana adalah rakyat biasa dengan jumlah sangat banyak. Macam Macam kelas sosial menurut Karl Marx terbagi menjadi dua yaitu borjuis dan proletariat.

Golongan borjuis disebut juga sebagai kapitalis, yang mana ciri ciri kapitalisme adalah golongan yang menguasai tanah ataupun yang mempekerjakan orang. Sedangkan golongan ploretariat adalah mereka yang tidak memiliki apa apa dan bekerja dibawah golongan borjuis.Disisi lain ada Mosca yang juga menjelaskan macam Macam kelas sosial. Mosca memberdakan kelas sosial yang dibagi menjadi orang yang berkuasa dan yang dikuasai. Artinya tidak jauh berbeda dengan apa yang dijelaskan Karl Marx

Sponsors Link
, ,
Post Date: Sunday 24th, June 2018 / 09:28 Oleh :
Kategori : Sosiologi