Sponsors Link

Ini Dia Macam-Macam Imperialisme Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Imperialisme adalah suatu kebijakan yang dijalankan oleh negara yang melakukan penjajahan dan kebijakannya digunakan untuk menguasai suatu daerah di sebuah negara. Imperialisme biasanya dilakukan oleh negara besar dan kebijakan ini biasanya dilakukan dengan cara paksaan atau dengan kekerasan. Salah satu negara yang pernah mengalami Imperialisme adalah Indonesia dan penjajahannya dilakukan oleh Belanda, tak hanya itu Imperialisme juga terdiri dari berbagai macam. Berikut ini adalah macam-macam Imperialisme :

ads

1. Imperialisme Kuno

Imperialisme kuno tidak hanya berkaitan dengan penguasaan suatu daerah yang memiliki sumber daya alam saja, tapi didalamnya mencakup juga faktor keagamaan dan faktor kejayaan. Imperialisme ini berjalan sebelum berlangsungnya revolusi industri yang dipelopori oleh negara Portugal dan Spanyol. Pada Imperialisme ini banyak sekali perubahan sosial yang terjadi dan salah satu faktor perubahan sosial yang terjadi adalah adanya kekuasaan rakyat pribumi yang berkurang atau bahkan menghilang.

2. Imperialisme Modern

Imperialisme Modern mulai muncul setelah berhentinya pandangan Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern ada setelah revolusi industri dilakukan di Inggris sekitar tahun 1870. Imperialisme ini sangat berkaitan dengan kemajuan ekonomi yang dihasilkan suatu negara dan ada banyak penyimpangan sosial pada imperialisme modern, salah satu bentuk penyimpangan sosial terlihat dari kekerasan yang dilakukan oleh pihak penjajah. Imperialisme ini menyasar sumber bahan mentah dengan jumlah yang besar dan hal ini dilakukan agar mendapat keuntungan yang sangat besar. Ada banyak contoh imperialisme modern yang terjadi di jaman sekarang dan hal ini seringkali merugikan negara.

3. Imperialisme Politik

Imperialisme politik dilakukan oleh negara penjajah untuk memperoleh pengawasan terhadap negara jajahannya dan pengawasan politiknya dilakukan dengan membentuk sebuah pemerintahan kolonial. Imperialisme politik di jaman sekarang ini sangat sulit ditemukan, karena kini paham nasionalisme sudah banyak berkembang. Dengan adanya campur tangan politik asing, maka terjadi keberagaman politik yang terjadi dan salah satu manfaat keberagaman budaya politik adalah pengetahuan tentang dunia politik suatu negara menjadi lebih banyak.

4. Imperialisme Ekonomi

Adanya imperialisme ekonomi yang dilakukan suatu negara adalah untuk mendapatkan suatu keuntungan yang besar dan langkah ini sangat merugikan salah satu pihak, karena pihak yang dijajah hanya menjadi budak. Imperialisme ini menimbulkan banyak dampak positif keberagaman budaya yang terjadi dan imperialisme ekonomi terus terjadi sampai jaman sekarang.

5. Imperialisme Kebudayaan

Imperialisme Kebudayaan dilakukan oleh negara penjajah, karena negara penjajah ingin menguasai segala aspek di wilayah jajahannya. Pemberlakuan imperialisme ini menimbulkan banyak masalah sosial yang terjadi dan salah faktor penyebab masalah sosial budaya yang terjadi adalah timbulnya perbedaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan budaya barat. Imperialisme Kebudayaan menjadi salah satu aspek penting yang ingin dikuasai oleh negara penjajah.

6. Imperialisme Militer

Imperialisme Militer adalah salah satu cara penguasaan militer yang dilakukan penjajah dan hal ini dilakukan untuk mendapatkan suatu kedudukan militer. Imperialisme ini seringkali menimbulkan masalah dan salah satu contoh masalah sosial yang seringkali terjadi adalah penolakan yang dilakukan rakyat pribumi terhadap kekejaman tentara kolonial. Perbedaan kolonialisme dan imperialisme barat yang terjadi di Indonesia, bisa dilihat dari pengaruhnya di jaman sekarang dan pengaruh penjajahan Belanda sangat kental di jaman sekarang.

Demikian ulasan lengkap mengenai macam-macam Imperialisme dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 20th, March 2019 / 02:56 Oleh :
Kategori : Pendidikan