Sponsors Link

4 Macam-Macam Hipotesis dalam Penelitian Sosial Terjelas dan Terlengkap

Sponsors Link

Seringkali kita akan melakukan sebuah penelitian. Dan salah satu ciri penelitian sosial adalah mungkin Anda sering mendengar kata hipotesis. Karena memang hipotesis adalah salah satu bagian penting dan menjadi latar belakang mengapa sebuah penelitian itu dilakukan.

ads

Hipotesis merupakan sebuah pemikiran sementara atau jawaban sementara dari hal-hal yang akan diteliti. Hipotesis ini nanti akan dijadikan sebuah hal penting untuk merumuskan dukungan teori sosiologi modern, rumusan masalah, dan sebagainya, sehingga sebuah penelitian benar-benar mendapatkan jawaban dari penelitian itu sendiri. Hipotesis bersifat sementara, hingga muncul bukti dari data-data yang dikumpulkan. Jadi tujuan penelitian sosial bisa dicapai.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam macam hipotesis yang dibedakan menjadi beberapa jenis.

Hipotesis Penelitian

Macam macam hipotesis yang pertama adalah hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian merupakan sebuah hipotesis yang tidak membutuhkan pengujian statistika. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan jawaban dari masalah yang diteliti. Hipotesis penelitian dibedakan lagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Hipotesis deskriptif

Jenis hipotesis deskriptif adalah dugaan terhadap satu variabel di dalam satu komunitas sampel. Di dalamnya bisa terdapat beberapa kategori yang berbeda. Beberapa kalimat yang bisa menjadi contoh dari hipotesis deskriptif dari contoh penelitian sosial antara lain:

  • Ho: Kecenderungan masyarakat memilih baju warna gelap
  • Ha: Kecenderungan masyarakat memilih baju bukan warna gelap
  1. Hipotesis komparatif

Macam macam hipotesis penelitian selanjutnya adalah hipotesis komparatif. Jenis hipotesis yang satu ini merupakan sebuah dugaan terhadap perbandingan dari dua atau lebih sampel. Hipotesis komparatif dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu komparasi berpasangan dan komparasi independen. Komparasi berpasangan ini bisa berada di dalam dua sampel atau lebih. Demikian juga komparasi independen.

Contoh hipotesis komparatif komparasi berpasangan dua sampel dari contoh metode komparatif misalnya:

  • Ho: Tidak terdapat perbedaan pada nilai penjualan barang sesudah maupun sebelum memasang iklan
  • Ha: Terdapat perbedaan pada nilai penjualan barang sesudah dan sebelum memasang iklan

Adapun contoh hipotesis independen dalam tiga sampel misalnya:

  • Ho: Tidak ada perbedaan antara akademisi, pebisnis, dan birokrat dalam memilih partai.
  • Ha: Terdapat perbedaan antara akademisi, pebisnis, dan birokrat dalam memilih partai.
  1. Hipotesis asosiatif

Jenis hipotesis penelitian yang ketiga adalah hipotesis asosiatif. Hipotesis ini merupakan dugaan terhadap hubungan antara variabel yang satu dengan yang lain dalam jenis penelitian sosial. Bisa dua atau lebih variabel. Misalnya sebagai berikut.

  • Ho: Tidak terdapat hubungan antara jenis olah raga yang digemari dengan jenis profesi tertentu.
  • Ha: Terdapat hubungan antara jenis olah raga yang digemari dengan jenis profesi tertentu.

Hipotesis Statistika

Macam macam hipotesis yang kedua adalah hipotesis statistika. Hipotesis statistika ini adalah hipotesis yang digunakan untuk uji analisis yang menggunakan sebagian dari keseluruhan data. Dengan demikian, analisis yang dilakukan menggunakan metode statistika inferensial. Hipotesis ini bisa menggunakan dua atau lebih variabel. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk generalisasi dari keseluruhan populasi yang diteliti. Hipotesis statistika dibagi menjadi dua:

  • Hipotesis nihil atau nol, yaitu yang mengatakan tidak ada perbedaan atau hubungan antarvariabel.
  • Hipotesis alternatif, yaitu yang mengatakan bahwa ada pengaruh atau hubungan antarvariabel.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai macam macam hipotesis yang perlu diketahui dari beberapa Karekteristik Penelitian Sosial. Semoga bisa memberikan raferensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Sunday 11th, November 2018 / 04:51 Oleh :
Kategori : Sosiologi