Sponsors Link

4 Macam-Macam Fenomena Budaya yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kata fenomena tidak asing ditelinga Anda. Femonema merupakan hal-hal yang dapat dilihat melalui pancaindra dan dapat diterangkan secara ilmiah akan apa yang terjadi. Fenomena dapat dipahami sebagai gejala yang terjadi di masyarakat. Gejala ini berbagai bentuk sesuai dengan apa yang tengah terjadi di masyarakat. Seringkali kita mendengar fenomena ini dikaitkan dengan alam, fenomena alam. Sesungguhya tidak saja itu, terdapat juga fenomena budaya. Apakah sama dengan pemahaman fenomena alam dan apa manfaat keragaman budaya di Indonesia? Sebelum masuk lebih dalam akan fenomena budaya, alangkah baiknya memahami akan pengertian budaya itu sendiri.

ads

Pengertian Budaya

Budaya merupakan suatu cara hidup yang terus mengalami perkembangan, dimiliki oleh sekelompok orang tertentu yang telah diwariskan dari nenek moyang mereka atau leluhur.  Selain itu, budaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pikiran, akal budi atau adat istiadat, yang ada dalam suatu masyarakat tertentu. Menurut Koencoroningrat budaya merupakan suatu sistem gagasan atau rasa, tindakan serata karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan dan bermanfaat untuk kehidupannya itu sendiri.

Jelas dalam kaitan ini budaya merupakan suatu cara pandang masyarakat mengenai kebiasaan, yang diyakini, dianut dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kebudayaan bersifat mengikat dan diwarisakan secara turun-temurun antar anggota masyarakat.

Pengertian Fenomena Budaya

Fenomena sendiri merupakan sebuah fenomena yang dapat dilihat oleh pancaindra, yang berupa perilaku maupun kebiasaan yang berkembang di masyarakat suatu bangsa. Kalau kita memahami secara mendalam kebudayaan itu tidak dapat dilihat secara langsung karena berkaitan dengan nilai-nilai, adat istiadat, dan kepercayaan. Meskipun demikian, kebudayaan itu ketika sudah dipakai oleh masyarakat akan dapat dilihat secara nyata. Salah satu contohnya adalah adab atau sopan santun ketika bertamu serta berbagai contoh hidup rukun lainnya.

Fenomena budaya ini dalam kehidupan masyarakat terjadi tanpa disadari. Mengalir karena adanya pengaruh dari luas yang mempengaruhi kebudayaan itu sendiri. Fenomena budaya ini sering kali dikaitan dengan perubahan budaya. Gejala munculnya seuatau yang baru, unik, menyimpang dan aneh yang terjadi di masyarakat.

Macam-macam Fenomena Budaya

  1. Fenomena Masukknya Budaya Asing ke Indonesia

Perkembangan masyarakat global dengan adanya globalisasi membawa pengaruh pada bangsa-bangsa di dunia. Termasuk di dalamnya Indonesia. Salah satu yang dapat dirasakan akan pengaruh tersebut adanya masuknya budaya asing ke Indonesia tanpa kendali atau bebas. Memang kita sebagai bangsa berkembang tidak dapat mengelak akan adanya globalisasi karena memang sebaga upaya keikutsertaan perkembangan dunia. Namun, di sisi lain membawa pengaruh yang demikian.

Budaya asing yang belum tentu sesuai dengan budaya kita berkeliaran bebas. Masuk ke Indonesia secara bebas, baik melalui masyarakatnya yang bergaul laungsung maupun karena perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi inilah yang disinyalir membawa pengaruh terbesar dalam masukknya budaya asing. Kalau jazaman dahulu masuk budaya asing melalui penjajahan dengan disisipkan baik secara sukarela maupun paksaan. Justru masyarakat sekarang menjadi keinginan. Tenggok saja gaya berpaikaian, gaya rambut, dan lainnya. Banyak yang berkibat ke masyarakat asing, sedangkan Indonesia sendiri memiliki budaya sendiri yang tidak kalah dan sesuai dengan adat bangsa kita.

Sponsors Link

Jika ini terus berlanjut berdampak pada generasi muda dan menimbulkan dampak masalah sosial. Generasi bangsa akan kehilangan sebagai jati diri bangsa sendiri. Selain itu, mereka juga akan terpapar oleh berbagai perilaku-perilaku menyimpang dari budaya lain yang tidak sesuai dengan masyarakat Indonesia. Tidak saja itu, keragaman budaya dan adat akan ditinggalkan oleh genersi muda.

  1. Fenomena Kampanye Kreatif

Masyarakat dahulu mengenal kampanye berupa orasi disebuah tempat terbuka. Ada panggung, masa, dan calon yang menyampaikan akan program-programnya. Berkembangnya zaman kampanye tersebut bukan menjadi prioritas utama. Zaman sekarang lebih mengarah pada kempanye kreatif. Kampanye ini masuk dalam rahan teknologi, artinya teknologi digunakan sebagai media untuk berkampanye. Misalnya malalui website, media sosial, blok dan lainya.

Kampanye kreatif ini sejalan dengan perkembangan teknologi di era sekarang. Selain itu, sesuai kondisi penduduk Indonesia yang banyak berselancar di dunia maya dibandingkan datang langsung ke sebuah acara kampanye konvensional. Selain itu, kampanye kreatif ini dirasa lebih efisien, terjangkau, dan tidak membuat bengkak keuangan. Meskipun memiliki nilai positif, kampanye demikian rawan akan terjadinya konflik. Sebab masyarakat yang tidak bertanggung jawab dapat membuat konten-konten yang sama dan membuat ulasan palsu atau berita hoax, yang menjadi nyala pemicu konflik.

Sponsors Link

  1. Fenomena Jurusan Seni Rupa dan Desain

Dahulu jurusan seni rupa dan desain dianggap sesuatu yang kurang di masyarakat. Banyak yang berpandangan nantinya digunakan untuk apa. Berkembangnya teknologi jurusan ini justru semakin banyak dicari. Banyak desain-desain yang justru dibutuhkan dalam dunia kerja. Hal ini membuktikan ada persegaran budaya dalam kehidupan sekarang.

Sedangkan seni rupa juga demikian, seorang yang lihai dalam senia rupa dapat digabungkan dengan desain. Sehingga, menghasilkan desain seni rupa salah satu contohnya adalah sablon kaos. Berbagai tulisan dan gambar menarik yang merupakan perpaduan antara seni dan desain.

  1. Budaya Komunikasi

Masyarakat dahulu paham betul bagaimana kesulitan soal komunikasi, utamanya dengan kerabat yang jauh. Harus menunggu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mengathui kabar tersebut. sepucuk surat dan kabar dari kerabat lain merupakan sarana komunikasi yang dapat dilakukan. Berbeda era sekarang komunikasi dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, tanpa perlu menunggu berhari-hari, hanya hitungan detik saja.

Perkembangan teknologi komunikasi dalam kaitan ini sangat berperan. Di mana masyarakat dengan mudah saling interaksi meski jarak antar wilayah dan negara. Melalui kemudahan komunikasi ini tidak menutup kemungkinan adanya pertukaran budaya antar masyarakat. Perubahan yang sejatinya memberikan dampak positif dan negatif. Secara positif jelas mempermudah, sedangkan secara negatif terjadi berbagai kejahatan yang melibatkan dunia komunikasi. Hal ini akan menciptakan bentuk-bentuk konflik sosial di masyarakat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 08:26 Oleh :
Kategori : Antropologi