Sponsors Link

14 Latar Belakang dan Dampak Hedonisme Wajib Tahu!

Sponsors Link

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai hedonisme simak juga ciri-ciri hedonisme, ada baiknya jika anda mengerti tentang dasar teori dari hedonisme terlebih dahulu. Dimulai dari pengertian hedonisme yang diambil dari bahasa Yunani, “Hedone” memiliki arti kesenangan. Lalu secara sederhana, hedonisme memiliki arti sebagai sebuah paham dengan dasar kesenangan dan kenikmatan.

ads

Dalam hal ini simak juga contoh hedonisme dalam kehidupan sehari-hari, orang dengan paham hedonisme memiliki anggapan bahwa kesenangan dan kebahagiaan harus diraih dengan menghindari hal yang menyakitkan maupun menimbulkan kerugian di dunia. Adapun pengertian dari hedonisme secara umum yaitu sebagai sebuah ideologi dengan perwujudan dari bentuk gaya hidup dimana kenikmatan dan kesenangan menjadi tujuan utamanya.

Latar Belakang Hedonisme

Dan untuk mencapai tujuan atas kenikmatan dan kesenangan dalam sudut pandang seorang hedonis sangat erat kaitannya dengan hawa nafsu dunia seperti harta, kekayaan, kecantikan, kebebasan, hingga kekuasaan. Adapun beberapa hal yang melatarbelakangi hedonisme dimana saat ini hedonisme sendiri menjadi sebuah gaya hidup tidak hanya di kalangan orang dewasa bahkan para remaja pun sudah merasakannya.

Tentunya latar belakang dari munculnya hedonisme sebagai sebuah pemahaman dan ideologi sangat erat kaitannya dengan lingkungan berbeda dengan contoh hedonism, untuk itu ada 2 faktor yang melatarbelakangi hedonisme. Dan berikut merupakan 2 faktor yang menjadi latar belakang hedonisme beserta sedikit penjelasannya.

  • Faktor Internal

Salah satu faktor utama yang melatarbelakangi hedonisme yaitu faktor internal, dimana ini merupakan salah satu faktor berasal dari dalam diri seorang individu. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seorang manusia memiliki sifat dasar dimana mereka selalu ingin merasakan kebahagiaan terutama kenikmatan sebanyak dan sesering mungkin.

Dalam hal ini pula seorang manusia memiliki sifat tamak dan simak juga perbedaan konsumerisme dan hedonisme, mereka tidak pernah puas dengan apa yang sudah mereka miliki. Untuk itu seringkali manusia memiliki sifat konsumerisme cenderung tinggi untuk memuaskan dirinya terhadap kesenangan dunia. Dan inilah yang dimaksud dengan faktor internal yang ada dalam diri seorang individu terkait dengan hedonisme.

  • Faktor Eksternal

Selain faktor internal, adapun faktor eksternal dimana jika faktor internal merupakan faktor yang ada dalam diri seorang individu maka faktor eksternal sendiri adalah faktor yang berada diluar diri seorang individu. Dalam hal ini faktor internal bisa diartikan sebagai ruang lingkup atau lingkungan sekitar. Tidak hanya keluarga tetapi juga orang- orang di sekitar anda sangat mempengaruhi gaya hidup anda.

Jika lingkungan anda merupakan sebuah lingkungan dengan orang- orang penganut hedonisme dan anda tidak bisa mengendalikan diri anda untuk tidak mengikuti gaya hidup mereka maka anda akan terbawa arus sehingga anda akan menganut hedonisme. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa saat ini merupakan era digital dimana seluruh informasi dari berbagai belahan dunia maupun Negara dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Sehingga semakin besar pula pengaruh hedonisme di luar yang dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat saat ini terutama bagi remaja yang belum bisa mengendalikan diri. Itulah dua faktor utama yang melatarbelakangi hedonisme saat ini dan simak juga penyebab hedonisme, hedonisme sendiri tentunya memiliki konotasi negatif apalagi banyak sekali masyarakat diluar sana dengan paham hedonis yang memiliki perilaku kurang baik di masyarakat.

Dampak Hedonisme

Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua dampak dari hedonisme adalah negatif walaupun sebagian besar dampak yang ditimbulkan oleh hedonisme negatif masih ada beberapa dampak positifnya. Dan berikut merupakan dampak- dampak dari hedonisme beserta sedikit penjelasannya.

  1. Menjadi Sombong Terhadap Orang Lain

Dampak pertama yang ada pada individu penganut hedonisme yaitu sombong, karena seorang hedonis memiliki tujuan kesenangan dan kenikmatan sehingga tak jarang dari mereka melihat seseorang dari harta yang dimiliki. Tidak hanya harta tetapi juga kekuasaan, dalam hal ini seorang hedonis tidak akan mau bergaul dengan orang dengan harta maupun kekuasaan yang lebih rendah. Mereka hanya mau bergaul dengan orang berkekuasaan dan memiliki harta setara maupun lebih tinggi dengan mereka.

Sponsors Link

  1. Sifat Konsumtif Tinggi

Tidak hanya menjadi sombong berbeda dengan perbedaan westernisasi dan hedonisme, untuk memuaskan kenikmatan dan kesenangan para hedonis lebih suka untuk menuruti apapun keinginan mereka terutama dalam hal barang dan jasa. Para hedonis sangat suka membeli barang- barang hanya untuk memuaskan keinginan dan dengan begini mereka akan merasa senang. Hal ini juga dikarenakan seorang hedonis memiliki sifat konsumtif sangat tinggi karena rasa senangnya. Tak jarang pula berbelanja bukanlah untuk memenuhi kebutuhan saja tetapi juga untuk memenuhi keinginan dan sebagai kebiasaan bahkan sebuah kewajiban bagi seorang hedonis untuk berbelanja.

  1. Korupsi

Dampak hedonis pada diri seseorang berikutnya yaitu melakukan tindak korupsi, ini dilakukan karena rasa ketidakpuasan dengan apa yang sudah dimiliki dan cenderung ingin memperkaya diri. Apapun akan dilakukan oleh para hedonis demi kesenangan dan kenikmatan terutama jika ini menyangkut soal harta, tak jarang pula demi kekayaan mereka melakukan tindak korupsi dan ini sudah biasa terjadi di kalangan pejabat tingkat tinggi. Tidak hanya korupsi uang saja, para hedonis tak jarang melakukan korupsi terhadap waktu, pekerjaan, dan lain hal.

  1. Boros

Tidak hanya memiliki sifat konsumtif saja, dampak yang dapat ditimbulkan jika seseorang menganut paham hedonis yaitu cenderung boros. Karena selalu memenuhi keinginannya dengan perilaku konsumtif seperti berbelanja berlebihan sehingga para hedonis terkenal sangat boros, mereka rela menghabiskan uang hingga puluhan juta demi keinginannya tidak hanya itu saja bahkan mereka tidak pernah memikirkan jumlah uang yang mereka keluarkan demi kesenangan dan kenikmatan dunia.

ads
  1. Rasa Malas Berlebihan

Dampak hedonisme berikutnya yaitu rasa malas berlebihan, karena para hedonis memiliki pemikiran bahwa semua kesenangan dan kenikmatan bisa didapatkan dengan mudah karena uang maka mereka akan cenderung malas. Semua hal bisa mereka dapatkan dengan uang maka mereka tidak perlu bersusah payah untuk memperjuangkan sesuatu. Semua bisa dilakukan dengan praktis karena mereka memiliki uang, rasa malas pun akan semakin meningkat dalam diri mereka dan para hedonis juga seringkali tidak bisa menghargai waktu karena rasa malas berlebihan.

  1. Egois

Tidak hanya rasa malas berlebihan, hedonisme juga memiliki dampak sifat egois bagi penganut pahamnya. Seorang hedonis tidak akan peduli dengan sekelilingnya selain kesenangan yang dirasakan oleh dirinya. Selain itu para hedonis juga tidak peduli dengan kesenangan orang lain, mereka lebih cenderung mengutamakan kesenangan diri sendiri terlebih dahulu. Dan mereka juga lebih memprioritaskan dirinya daripada orang lain jika hal tersebut berkaitan dengan kesenangan, kenikmatan, dan keuntungan.

  1. Individualisme

Dampak yang paling mencolok dari seorang hedonis yaitu individualisme tinggi dan simak juga alasan VOC dibubarkan, dalam hal ini mereka cenderung tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Para hedonis sendiri lebih menikmati dunia dan kesenangan serta kenikmatannya sendiri tidak akan memperdulikan orang di sekitarnya. Selain itu para hedonis sendiri juga akan terlihat sebagai seorang yang cacat sosial karena sifat individualis mereka. Dan mereka juga akan selalu beranggapan bahwa diri mereka lebih baik dari orang lain.

  1. Menghindari Penderitaan

Sangat baik bagi seorang individu untuk menghindari sebuah penderitaan karena dalam menjalani hidup sebagai manusia harus mampu tersenyum dengan menikmati hidup. Dan ini merupakan salah satu dampak positif dari hedonisme dimana seseorang tidak akan mudah menderita karena menghindari sebuah penderitaan. Dalam hal ini pula seseorang mampu bertahan untuk tetap semangat dalam menjalani hidupnya karena tidak merasakan penderitaan dalam hidupnya.

  1. Menghindari Rasa Sakit

Selain penderitaan, para hedonis juga akan menghindari rasa sakit dan dalam hal ini pula mereka akan semakin mencintai diri sendiri. Ini merupakan salah satu bentuk positif dari dampak hedonisme, dimana seorang individu akan melindungi dirinya sendiri dari rasa sakit tidak hanya rasa sakit secara fisik tetapi juga rasa sakit terhadap perasaan, jiwa, dan pikiran. Dan disinilah seseorang dapat mengetahui cara- cara untuk menghindari rasa sakit sehingga mereka juga mampu bertahan hidup dengan baik.

  1. Percaya Diri

Adapun dampak positif lainnya dari hedonisme yaitu sifat percaya diri, ketika seseorang mampu melakukan kesenangan dengan mudah maka ia akan semakin percaya diri. Tak jarang pula seorang hedonis selalu percaya diri tidak hanya untuk melakukan tindakan positif dalam hidupnya tetapi juga ketika berhadapan dengan orang lain. Dan seperti yang kita ketahui pula sifat percaya diri ini sangat penting terlebih jika kita ingin menjalani hidup yang lebih baik.

Sponsors Link

  1. Merugikan Orang Lain

Karena seorang hedonis tidak peduli dengan sekitarnya maka tak jarang pula mereka sering merugikan orang lain. Ketidakpedulian para hedonis terhadap kebahagiaan orang lain kerap kali membuat orang di sekitar mereka jadi tertekan dan merasa dirugikan. Banyak sekali orang dimanfaatkan oleh para hedonis demi mencapai kebahagiaan dan kenikmatan tanpa memperdulikan keadaan orang tersebut. Dan tak jarang pula para hedonis ini sering menghasut orang lain agar mau dimanfaatkan.

  1. Sifat Pekerja Keras

Adapun dampak paling sedikit dari hedonisme yaitu timbulnya sifat pekerja keras dalam diri seseorang. Untuk mencapai sebuah kebahagiaan tampaknya tidaklah mudah, sebagian orang penganut hedonisme akan melakukan apapun demi kebahagiaan terutama harta. Oleh karena itu tak heran mereka juga memiliki sifat pekerja keras demi mencapai kebahagiaan tersebut.

Itulah beberapa dampak serta latar belakang dari hedonisme yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Saturday 13th, July 2019 / 03:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi