Sponsors Link

4 Latar Belakang Tercetusnya Hari Pendidikan Nasional

Sponsors Link

Hari pendidikan nasional atau hardiknas adalah hari yang bertepatan dengan kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh yang mendirikan taman siswa dan tanggal 2 Mei menjadi hari lahir Ki Hajar Dewantara yang selalu diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Pada saat hardiknas tiba biasanya di kalender tahunan akan ada tanda merah dan hal ini menandakan bahwa hari itu sebagai hari libur nasional. Sekolah-sekolah biasanya libur dan para pekerja juga ikut libur. Pendidikan adalah sektor penting yang harus ditingkatkan setiap negara dan Ki Hajar Dewantara adalah salah satu tokoh yang memperjuangkan pendidikan untuk Indonesia. Adanya hari pendidikan nasional dilatarbelakangi oleh berbagai faktor dan dari semua faktornya, pasti memiliki alasan yang jelas. Berikut ini adalah latar belakang hari pendidikan nasional:

ads

1. Kelahiran Ki Hajar Dewantara

Hari pendidikan nasional diputuskan selalu diperingati setiap tanggal 2 mei dan peringatan ini semata-mata untuk mengenang seorang pejuang pendidikan yang mendirikan taman siswa. Peringatan hari pendidikan nasional diselenggarakan untuk membuat unsur-unsur hubungan sosial menjadi lebih kokoh dan menambah tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Usaha tokoh pendidikan nasional untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia, diapresiasi dengan sangat baik oleh pihak pemerintahan dan penobatan Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendidikan nasional, dilandaskan dari peran sertanya selama memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

2. Momentum Kesadaran Pendidikan

Latar belakang lahirnya pendidikan nasional di Indonesia sebagai salah satu momentum kebangkitan dunia pendidikan dan hardiknas dijadikan sebagai momen nasional untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang sifatnya penting. Dengan kesadaran pendidikan yang ditunjukkan masyarakat, maka akan ada proses interaksi sosial yang berjalan dengan baik dan momentum ini juga dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Khususnya bagi kaum dewasa atau tua, kini menjadi sebuah hal penting untuk memberikan sebuah pendidikan yang layak buat anaknya dan hal ini dapat membantu kemajuan suatu negara. Dengan kesadaran pendidikan yang tinggi, akan ada sifat-sifat hubungan sosial yang berjalan dengan baik dan kesadaran pendidikan di masyarakat akan tumbuh dengan sangat natural.

3. Komitmen Bangsa

Hari pendidikan nasional diselenggarakan di Indonesia dengan tujuan untuk memperoleh sebuah komitmen bersama dalam menjalankan sistem pendidikan dan hardiknas juga menjadi wujud komitmen bangsa terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan tingkat pendidikan yang terus meningkat, akan menimbulkan proses terjadinya interaksi sosial yang positif di masyarakat dan pemerataan pendidikan yang dirasakan masyarakat, akan membuat sistem pendidikan menjadi sangat efektif. Pendidikan menjadi sektor penting dalam suatu negara dan dengan pendidikan akan membantu kualitas berbagai sektor penting di Indonesia menjadi lebih efektif.

4. Sejarah Pendidikan

Hari pendidikan nasional juga diselenggarakan guna memperingati sejarah panjang yang terjadi pada sektor pendidikan Indonesia dan ciri sebuah negara yang kuat adalah tidak pernah melupakan jejak sejarah. Ki Hajar Dewantara menjadi tokoh yang paling berpengaruh pada pendidikan Indonesia dan kini namanya selalu diperingati setiap tanggal 2 mei sebagai hari pendidikan nasional. Dengan perkembangan dunia pendidikan Indonesia, akan membuat kemajuan bangsa menjadi lebih cepat dan manfaat hubungan sosial akan dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

Demikian ulasan lengkap mengenai latar belakang hari pendidikan nasional dan semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Saturday 11th, May 2019 / 06:03 Oleh :
Kategori : Sejarah