Sponsors Link

6 Keuntungan Utama Indonesia Menjadi Anggota APEC

Sponsors Link

APEC merupakan organisasi yang menaungi kerjasama ekonomi Asia Pasifik. APEC merupakan singkatan dari Asia Pacific Economic Cooperation. APEC merupakan salah satu dari contoh perdagangan regional dengan internasional. Organisasi ini terdiri dari dua puluh negara (21) negara di wilayah lingkar Pasific yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mempererat komunitas dan mendorong perdagangan bebas di seluruh kawasan Asia Pasifik. Indonesia masuk sebagai anggota APEC pada tahun 1989. Indonesia pernah menjadi tuan rumah KTT APEC pada tanggal satu (1) hingga delapan (8) Oktober 2013 di Bali.

ads

Rapat tahunan yang diadakan oleh APEC dihadiri oleh kepala pemerintahan dari seluruh negara anggota APEC. Lokasi rapat dirotasi tiap tahun di antara negara anggota, dan sebagai tradisi yang diikuti oleh hampir semua pertemuan , setiap kepala pemerintahan yang hadir mengenakan pakaian tradisional negara tuan rumah.

Peran Indonesia Dalam APEC

Indonesia berperan aktif dalam pembentukan APEC maupun pengembangan kerjasamanya. Keaktifan Indonesia dalam APEC dipengaruhi oleh motivasi Indonesia dalam mengantisipasi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi perdagangan bebas dunia. Indonesia masuk dalam arus perdagangan bebas ini karena terdapat sebab terjadinya perdagangan internasional. Hal tersebut juga untuk mengamankan posisi Indonesia pada kancah internasional. Keaktifan Indonesia ditandai dengan kontribusi Indonesia dalam memberikan sumbangsih pemikiran berupa Bogor Goals. Bentuk komitmen yang di bangun dalam negara APEC sebagai berikut:

  • Bogor Goas merupakan komitmen yang dibangun Indonesia dalam APEC berupa liberalisasi atau pembebasan perdagangan dan investasi secara penuh yang diawali pada tahun 2010 untuk negara dengan ekonomi maju dan tahun 2020 untuk negara dengan ekonomi berkembang.
  • Komitmen disetujui oleh anggota APEC dan mendapatkan dukungan penuh. Pasalnya, komitmen tersebbut mampu mendorong berbagai inisiatif para anggota APEC dalam penghapusan tarif perdagangan maupun investasi antar negara anggota APEC.
  • Dengan adanya komitmen Bogor Goals tersebut, komitmen tersebut dijadikan sebagai salah satu pilar APEC. Pilar APEC tersebut berisikan adanya pemberian fasilitas perdagangan dan investasi secara langsung. Dengan adanya pilar tersebut, otomatis pada negara-negara anggota APEC akan mendampakkan pengaruh dan dampak positif, tidak terkecuali perdagangan dan perindustrian Indonesia.

Pilar tersebut membuahkan sebuah beberapa kebijakan. Misalnya saja adalah APEC Business Travel Card (ABTC) dan penyederhaan prosedur kepabeanan. Dengan adanya ABTC ini sebuah negara dapat melakukan perdagangan besar-besaran. Sedangkan dengan adanya penyederhaan prosedur kepabeanan ini, negara-negara anggota APEC dapat mengekspor dan mengimpor barang-barang dengan segala kemudahan. Indonesia terkenal dengan berbagai barang-barang yang diekspor dan diimpor, antara lain adalah terdapat contoh barang ekspor dan impor.

Sifat Kerjasama Dalam APEC

APEC berbeda dengan berbagai forum kerjasama ekonomi internasional lainnya. APEC juga berbeda dengan OPEC yang mana terdapat perbedaan APEC dengan OPEC. APEC memiliki berbagai macam ciri khas dan karakteristik, berikut adalah beberapa karakteristik umum APEC:

  • APEC bersifat tidak mengikat (non-binding)
  • Berbagai keputusan diperoleh dari konsensus
  • Keputusan dilaksanakan berdasarkan volutarism atau kesukarelaan dari para anggota APEC
  • APEC berlandaskan pada prinsip-prinsip konsultatif, komprehensif (dapat dibandingkan), fleksibel, transparan (keterbukaan), dan regionalisme terbuka (dapat diikuti oleh berbagai negara di kawasan Asia Pasifik)
  • APEC memberikan pengakuan pada perbedaan pembangunan antara negara maju dengan negara berkembang. APEC menyadari bahwa terdapat perbedaan negara maju dan negara berkembang yang akan berpengaruh signifikan pada tingkat ekonomi dan kemampuan perdagangannya.

Tujuan APEC

Sponsors Link

Tujuan APEC berdiri untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi pada kawasan regional Asia dan Pasifik. Tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan volume perdagangan ekspor impor dan investasi secara langung. APEC memiliki komitmen untuk memperjuangkan kondisi ekonomi negara-negara di Asia PAsifik dalam mengahdapi perkembangan globalisasi dan ekonomi internasional. Dalam rangka mencapai tujuan APEC, maka organisasi tersebut melakukan kerjasama internasional dalam tiga bidang yang dikenal dengan istilah Tiga Pilar Kerjasama APEC. Pilar pertama adalah liberalisasi (pembebasan) perdagangan dan investasi.

Pilar kedua adalah memberikan fasilitas usaha. Sedangkan pilar ketiga adalah melakukan kerjasama ekonomi dan teknik. Ketiga pilar tersebut menghasilkan berbagai kebijakan yang memiliki dampak yang baik bagi tiap negara, diantaranya adalah: pengurangan tarif dan hambatan non tarif lainnya pada kawasan Asia Pasifik, terciptanya efisiensi pada kondisi ekonomi domestik bagi tiap negara anggota APEC, dan meningkatkan volume perdagangan.

6 Keuntungan Keanggotaan Indonesia pada APEC 

Sponsors Link

Keikutsertaan Indonesia telah memberikan berbagai keuntungan bagi Indonesia. Berikut adalah 6 keuntungan utama tersebut:

  1. Indonesia dapat mewujudkan swasembadaya pangan. Hal tersebut karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk memperoleh bibit yang lebih unggul dan bagus serta teknologi pertanian dan perkebunan yang lebih efektif serta efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas
  2. Indonesia dapat mewujudkan kedaulatan energi. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk mempelajari dan memperoleh teknologi pengolahan energi alternatif. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki potensi energi alternatif terbesar di dunia.
  3. Indonesia dapat mengurangi angkat pengangguran dan memberikan solusi atas permasalahan lapangan kerja karena Indonesia dapat menarik investasi baru khususnya di bidang infrastruktur.
  4. Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran dan pengalama yang lebih luas dan terbuka dengan negara lain, sehingga hal itu membuat Indonesia mendapatkan peluang untuk membuat policy dialogue dengan anggota APEC lainnya. Hal ini dapat menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan liberalisasi perdagangan dan investasi berdasarkan dari pengalaman dan pelajaran negara-negara lainnya (best practices).
  5. Indonesia mendapatkan kesempatan dan peluang dalam meningkatkan volume perdagangan dan investasi. Indonesia dapat memanfaatkan forum APEC sebagai pasar dalam meningkatkan ekspor dan arus investasi khususnya mencari mitra dagang utama bagi Indonesia.
  6. Indonesia mendapatkan gambaran kepentingan-kepentingan ekonomi politik internasional, sehingga Indonesia dapat mengamankan dan memposisikan diri dalam tata hubungan internasional secara bebas dan terbuka.

Demikian beberapa ulasan tentang adanya banyak keuntungan dalam Negara Indonesia menjadi anggota dalam APEC.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 19th, April 2018 / 03:47 Oleh :
Kategori : Ekonomi