Sponsors Link

11 Keuntungan dan Kerugian Pembentukan Provinsi Baru di Indonesia

Sponsors Link

Saat ini Indonesia memiliki sebanyak 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Walaupun provinsi di indonesia sudah bertambah, namun masih banyak faktor yang mempengaruhi kemungkinan bertambahnya kembali jumlah provinsi di Indonesia yang pastinya juga memiliki keuntungan dan kerugian pembentukan provinsi baru di Indonesia.

ads

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keuntungan dan kerugian pembentukan provinsi baru di Indonesia, terlebih dahulu kita bahas mengenai apa yang sebenarnya disebut sebagai provinsi. Provinsi secara umum diartikan sebagai suatu wilayah di dalam negara tertentu yang di pimpin oleh seorang gubernur dan terdiri dari beberapa kabupaten atau kota. Provinsi juga diartikan sebagai suatu wilayah administrasi pemerintahan dibawah wilayah negara atau sebagai bagian dari suatu negara.

Pembentukan wilayah baru di Indonesia sendiri didasarkan pada beberapa faktor seperti:

  • Kondisi alam dan ekonomi di Indonesia yang mendorong suatu wilayah dapat menjalankan administrasi pemerintahan sendiri dibawah kuasa negara.
  • Keadaan sosial masyarakat yang mendung adanya pembentukan provinsi baru.
  • Keterkaitan beberapa kabupaten dan kota dari satu kesatuan sejarah yang kemudian bergabung dan dapat membentuk suatu provinsi.
  • Persamaan suku bangsa dan budaya suatu wilayah, dan lain sebagainya.

Selain beberapa faktor diatas, adanya upaya pembentukan provinsi baru juga didasarkan pada adanya suatu semangat otonomi daerah, dimana beberapa provinsi memiliki wilayah yang terlalu luas sehingga pelayanan administrasi menjadi lebih sulit. Oleh sebab itu, untuk memudahkan pelayanan administrasi dan pemangkasan birokrasi, maka dilakukan suatu pembentukan provinsi baru melalui penyatuan beberapa kabupaten dan kota di dalam provinsi lama tersebut. Upaya tersebut merupakan salah satu bentuk atau tujuan dari adanya pemekaran wilayah di Indonesia dan juga peran pemerintah daerah dalam mengelola keragaman sosial budaya.

Meskipun pemekaran wilayah melalui pembentukan provinsi baru bertujuan baik agar dapat memberikan pelayan administrasi yang baik dan lancar pada masyarakat, namun ternyata adanya pembentukan provinsi baru mendapatkan banyak kritikan  baik dari pihak pemerintahan maupun masyarakat. Mengapa demikian, karena pembentukan provinsi baru dianggap dapat membengkak kan pengeluaran pemerintah karena akan menambah jumlah pegawai pemerintahan dalam jumlah besar. Selain itu, pembentukan provinsi baru juga memiliki baik keuntungan dan kerugian bagi Indonesia. Apa saja keuntungan dan kerugian pembentukan provinsi baru di Indonesia, berikut penjelasannya:

Keuntungan Pembentukan Provinsi Baru

Seperti yang telah di jelaskan diatas, bahwa pembentukan provinsi baru bertujuan untuk mempermudah pelayanan administrasi bagi masyarakat terutama di provinsi asli yang memiliki wilayah sangat luas. Selain tujuan dan manfaat tersebut, berikut ini ada pula beberapa keuntungan lainnya dari adanya pembentukan provinsi baru:

  • Keuntungan yang paling jelas adalah dapat mempermudah jalannya suatu pemerintahan negara, dimana tidak ada perbedaan desa dan kota.
  • Penduduk menjadi lebih diperhatikan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya mengatasi ketimpangan sosial, termasuk penduduk pedalaman, penduduk didaerah pinggiran, dan penduduk di daerah tertinggal.
  • Menjadi salah satu sarana pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang merata, seperti memberikan peluang atau kesempatan kerja yang lebih besar bagi masyarakat dengan cara pemerintah membuka berbagai investasi di berbagai pihak.
  • Pemerintah menjadi lebih terfokus pada pembangunan wilayah termasuk didalam pembangunan berbagai sarana dan prasarana, bukan hanya terfokus pada pembangunan tetapi dalam perkembangannya menjadi lebih cepat dan merata.
  • Keuangan daerah dapat di kontrol dengan baik, bahkan dapat memberikan kesempatan untuk mengelola pemasukan asli daerah atau yang disebut sebagai PAD sendiri, kondisi tersebut dapat termasuk dalam upaya mengembangkan keunggulan lokal.
  • Dengan adanya pembentukan provinsi baru dapat pula menambah pemasukan pajak bagi negara atau pemerintah, dan pembagian bantuan serta dana lainnya dapat tersalurkan secara merata.

Kerugian Pembangunan Provinsi Baru

Sponsors Link

Selain beberapa keuntungan di atas, pembangunan provinsi baru juga dapat menimbulkan kerugian. Berikut ini beberapa kerugian dari adanya pembangunan provinsi baru:

  • Kerugian dari pembentukan provinsi baru yang paling utama dapat dilihat dari dampak yang ditimbulkan, yaitu adanya penyempitan ruang wilayah. Salah satu alasannya adalah karena administrasi pemerintahan akan berlangsung secara masing-masing.
  • Dengan adanya pembentukan provinsi baru menyebabkan adanya ketidaksiapan infrastruktur wilayah termasuk didalamnya sarana dan prasarana yang akan digunakan masyarakat setempat.
  • Pembengkakan APBN, karena pembentukan provinsi baru membutuhkan dana yang cukup besar. Selain itu dengan adanya administrasi pemerintahan baru juga berarti menambah jumlah pegawai pemerintahan, dimana didalamnya termasuk banyak jabatan-jabatan tinggi pemerintahan sehingga dapat membebani anggaran daerah terkait dengan pembayaran gaji dan tunjangan.
  • Walaupun pembentukan provinsi baru merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran melalui peluasan lapangan kerja, namun kondisi tersebut juga dapat merugikan masyarakat dengan adanya ketidaksiapan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Masyarakat juga berkemungkinan belum siap untuk memulai suatu pemerintahan baru di wilayahnya.
  • Ketiak siapan unsur-unsur pemerintahan dapat menyebabkan keadaan yang tidak stabil dan memunculkan isu-isu sebagai pertanda buruknya suatu pemerintahan daerah.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian pembentukan provinsi baru, dimana juga menjadi salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju dengan perbaikan pelayanan pemerintah. Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa pembentukan provinsi baru dapat bermanfaat untuk mempermudah jalannya suatu pelayanan administrasi pemerintah, namun tetap saja ketidaksiapan suatu wilayah untuk menjalankan administrasi pemerintahannya sendiri dapat menyebabkan kondisi yang tidak stabil di wilayah yang bersangkutan. Demikian penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian pembangunan provinsi baru di Indonesia, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 28th, March 2018 / 06:53 Oleh :
Kategori : Pendidikan