Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan PBB yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Negara diseluruh dunia telah bersatu dan meningkatkan persaudaraan antar negara. Dengan adanya suatu hubungan baik antar berbagai negara akan menjadi suatu keunggulan baru yang bisa menciptakan perdamaian dunia. Antar negara sudah tidak ada perselisihan lagi. Dengan adanya suatu organisasi perdamaian dunia, negara-negara yang tergabung harus memenuhi hak dan kewajibannya serta menjalankan segala tanggung jawab yang diterimanya. Antar negara harus saling membantu dan saling tolong menolong.

ads

Sama halnya dengan kehidupan bermasyarakat, hal tersebut juga berlaku untuk sebuah negara. Negara bisa dibedakan menjadi 2 yaitu negara maju dan negara berkembang. Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang bisa ditemukan dengan mudah, sehingga dengan memahami berbagai ciri negara maju dan berkembang akan mempermudah untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara tersebut.

Perdamaian antar negara akan menjadi sebuah berita yang baik untuk semua pihak yang terlibat. Tidak hanya itu saja, ketika perdamaian dunia terjadi akan ada banyak pihak yang bisa merasakan berbagai manfaatnya. Tidak ada negara yang menginginkan adanya peperangan antar negara hanya karena adanya perselisihan antar negara. Perselisihan antar negara harus segera diselesaikan dengan baik-baik dan tidak boleh saling mnejatuhkan. Dengan adanya suatu perdamaian dunia, kehidupan bernegara akan terasa lebih damai dan bisa merasakan kehidupan bernegara yang sesungguhnya. Tujuan diadakannya kerjasama antar negara biasanya untuk menjaga perdamaian dunia dan mencegah adanya konflik antar negara.

Kelebihan

Perselisihan memang sering terjadi. Banyak hal yang bisa menjadi salah satu penyebab adanya konflik antar negara. Konflik yang tidak tertangani dengan baik, akan menimbulkan dampak buruk bagi kedua belah pihak yang bersangkutan. Namun, dampak tersebut tidak hanya berdampak pada kedua negara yang bersangkutan saja, melainkan semua negara yang menjalin hubungan dengan negara-negara tersebut akan merasakan dampak negatifnya.

Dalam kehidupan bernegara, tidak boleh adanya perselisihan antar negara. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerugian yang besar dalam internal negara dan memperburuk persaudaraan dengan negara-negara yang lain. PBB hadir untuk menjadi suatu organisasi perdamaian dunia. PBB yang telah diikuti oleh hampir seluruh negara di dunia. Dengan berbagai visi misi yang dibawa oleh PBB, PBB akan selalu menjunjung tinggi perdamaian dunia agar semua kondisi negara-negara yang berada dibawah naungan PBB bisa hidup damai dan saling membantu.

Dalam menjalankan tugasnya PBB tentu memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan PBB perlu diketahui oleh masyarakat karena merupakan salah satu hal penting yang wajib untuk diketahui. Dengan adanya kelebihan dan kekurangan PBB, kita bisa mengerti dan menambah wawasan pengetahuan mengenai PBB.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan PBB yang wajib anda ketahui:

  • Dipercaya mampu untuk menjaga perdamaian dunia

Menjadi satu-satunya organisasi terbesar di dunia yang memiliki tugas untuk mengaja perdamaian dunia. PBB memiliki kelebihan yaitu dipercaya berbagai negara di dunia untuk menjaga perdamaian dunia. Permasalahan yang terjadi antar negara bisa terjadi kapan saja dan dalam permasalahan apa saja. Dengan banyaknya permasalahan yang muncul, PBB dipercaya oleh negara-negara yang tergabung didalamnya untuk mengaja perdamaian dunia. Sehingga ketika ada permasalahan, PBB tetap menanggulangi permasalahan tersebut dan dalam upaya untuk menjaga perdamaian dunia.

  • Bidang atau Sektor yang dibantu banyak
Sponsors Link

Dengan banyak negara yang tergabung dalam PBB, permasalahan yang diselesaikan oleh PBB juga bukan masalah yang sedikit. Negara yang tergabung dalam PBB sangat banyak jumlahnya. Dan ada kemungkinan bahwa setiap negara memiliki permasalahan dengan negara yang lainnya dan bahkan permasalahan yang terjadi dalam internal negara tersebut. Banyaknya bidang yang ditangani PBB menjadi suatu kelebihan dari PBB. Hal ini dikarenakan PBB bisa membantu permasalahan dalam berbagai bidang yang dihadapi oleh negara-negara di dunia.

  • Mengcover perlindungan sosial berbagai negara

Dengan berbagai bidang yang ditangani, PBB juga menangani perlindungan sosial. Hal ini dikarenakan setiap negara dan negara lainnya ketika mengalami permasalahan harus diselesaikan dengan cara yang tepat dan tidak boleh merugikan satu sama lain. Ketika permasalahan terjadi, negara-negara tersebut berhak untuk mendapatkan perlindungan sosial dari PBB. Hal ini dikarenakan PBB sebagai organisasi dunia, harus bisa menjaga dan memberikan perlindungan sosial kepada negara-negara yang tergabung didalamnya.

  • Menjaga keamanan dunia
ads

Permasalahan masing-masing negara akan beraneka ragam jenisnya. Dengan banyaknya permasalahan dunia, PBB sebagai organisasi yang bertugas untuk menjaga perdamaian dunia juga memiliki kelebihan untuk menjaga keamanan dunia. Dengan adanya berbagai kesepakatan dengan semua negara yang tergabung dalam PBB, PBB menentukan berbagai kebijakan yang harus ditaati oleh semua anggota PBB dengan upaya untuk menjaga keamanan dunia.

  • Gerak cepat ketika ada permasalahan

Permasalahan akan datang kapan saja, bahkan secara tiba-tiba. Dengan berbagai permasalahan yang datang, PBB memiliki sikap yang sigap dalam menangangi permasalahan tersebut. Sehingga ketika terjadi suatu permasalahan, PBB akan bergerak cepat untuk membantu penyelesaian masalah tersebut.

Kekurangan:

  • Kemungkinan kurangnya keadilan karena hak veto dewan keamanan

Adanya Hak Veto Dewan Keamanan yang terdapat dalam PBB bisa menjadikan adanya ketidakadilan dalam menyikapi permasalahan. PBB dengan anggota yang berasal dari berbagai negara, akan memiliki pandangan yang berbeda dari masing-masing elemen dan anggotanya. Dengan adnaya Hak Veto, akan ada banyak ketidakjelasan yang terjadi dalam penanganan permasalahan perang yang terjadi antar negara. Tidak hanya permasalahan perang antar negara saja, namun permasalahan bidang lainnya pun akan kemungkinan adanya ketidakjelasan dalam penanganan permasalahan.

  • Kurang tegas menyikapi permasalahan, khususnya perang yang terjadi antar negara

Dengan adanya berbagai negara yang terdaftar menjadi anggota PBB, PBB akan merasa kurang tegas harus menyikapi permasalahan yang terjadi. Karena pada dasarnya PBB terbentuk dari berbagai elemen yang berasal dari negara-negara yang berbeda. Hal ini akan semakin menyulitkan PBB dalam menyikapi permasalahan. PBB akan menjadi sulit dalam bersikap dan akhirnya bersikap kurang tegas dalam menyikapi suatu permasalahan perang yang terjadi antar negara.

Dalam mewujudkan perdamaian dunia, PBB memiliki banyak peran penting. Berbagai bentuk kerjasama internasional dilakukan untuk menjaga hubungan baik antar negara. Sehingga dengan adanya PBB, diharapkan perdamaian dunia menjadi lebih terkendali dengan baik.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 26th, June 2018 / 08:05 Oleh :
Kategori : Sejarah