Sponsors Link

8 Kelebihan dan Kekurangan Konsiliasi Secara Jelas dan Terlengkap

Sponsors Link

Manusia dalam menjalankan fungsinya sebagai mahluk sosial, akan terus melakukan interaksi sosial demi keberlangsungan hidupnya. Proses ini akan menghasilkan suatu contoh pola sosial dalam kehidupan masyarakat di lingkungannya. Dan pada prakteknya tidak jarang terjadi cara mengatasi konflik antar ras yang jika dibiarkan akan menimbulkan disintegrasi sosial dalam suatu lingkungan masyarakat. Ketika hal ini terjadi, maka diperlukan suatu cara untuk menjembataninya. Salah satunya dengan cara konsiliasi. Apa itu konsiliasi? Apa kelebihan dan kekurangan konsiliasi? Mari kita bahas satu persatu.

ads

Konsiliasi adalah suatu upaya untuk mencari jalan keluar bagi 2 pihak yang sedang bersengketa dengan bantuan konsiliator yang disepakati oleh kedua belah pihak dan dilakukan diluar pengadilan. Dengan bantuan konsiliator  diharapkan kedua belah pihak mencapai kata mufakat dan tidak meneruskan masalahnya ke pengadilan.

Peran konsiliator dalam proses konsiliasi sangat penting, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh konsiliator, yaitu:

  • Harus adil, tidak boleh memihak.
  • Menjaga rahasia semua pihak yang bersengketa.
  • Memahami dan mengerti permasalan yang disengketakan.
  • Memastikan kedua belah pihak telah memberikan informasi yang benar dan akurat tentang masalah yang terjadi.
  • Memastikan kedua belah pihak mau mendengar keterangan lawannya dan tidak terjadi perbedaan antara konflik dan pertikaian.
  • Mendorong kedua belah pihak untuk berdiskusi agar tercapai kata mufakat.
  • Memberikan usulan pemecahan masalah dengan win-win solution.
  • Tidak mempunyai kewenangan untuk memutuskan cara memecahkan masalah.

Dari berbagai cara untuk menyelesaikan masalah, konsiliasi menjadi favorit bagi semua pihak karena lebih formal. Untuk mengetahui lebih jauh tentang konsoliasi, berikut uraian apa kelebihan dan kekurangan konsoliasi.

Kelebihan Konsoliasi

  1. Proses konsoliasi membuat ke dua belah pihak berusaha mencari jalan keluar yang terbaik.
  2. Hemat biaya dari pada harus ke pengadilan.
  3. Lebih hemat waktu jika dibandingkan dengan proses pengadilan.
  4. Proses konsoliasi bersifat rahasia, hanya boleh dihadiri oleh pihak-pihak terkait saja.
  5. Tidak formal jika dibanding dengan pengadilan.
  6. Konsiliasi adalah keinginan ke dua belah pihak yang bersengketa, sehingga masing-masing pihak berusaha keras untuk menyelesaikan permasalan dengan adil dalam waktu singkat.

Kekurangan Konsoliasi

  1. Keputusan konsiliator tidak mengikat sehingga niat baik ke dua belah pihak sangat menentukan.
  2. Kesepakatan ke dua belah pihak tidak mempunyai kekuatan hukum. Agar bisa berkekuatan hukum, kesepakatan ini bisa didaftarkan ke pengadilan negeri setempat.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan konsoliasi, selanjutnya bagaimana langkah-langkah yang harus diambil jika ingin melakukan konsoliasi. Berikut adalah contoh langkah-langkah pengajuan konsoliasi yang dilakukan oleh konsumen yang merasa dirugikan oleh produsen dan memerlukan konsiliasi:

  • Konsumen (penggugat) mengajukan permohonan konsoliasi kepada majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).
  • Majelis berhak menolak atau meneruskan permohonan ini.
  • Jika permohonan disetujui, maka langkah selanjutnya majelis akan mendengarkan keterangan dari ke dua belah pihak.
  • Majelis akan memberikan saran, namun yang berhak memutuskan penyelesaiannya adalah ke dua belah pihak yang bersengketa.
  • Jika sudah terdapat kata sepakat,  maka ketua BPSK akan mengeluarkan surat keputusan paling lambat dalam 7 (tujuh) hari kerja.
  • Surat keputusan ini tidak mengikat dan tidak mempunyai kekuatan hukum, oleh karena itu lebih baik didaftarkan ke pengadilan negeri setempat.

Itulah pengertian dari konsolisasi, bagaimana seorang konsolisator harus bersikap, kelebihan dan kekurangan konsolisasi dan juga langkah-langkah pengajuan konsolisasi.

Manusia sepanjang hidupnya memang tidak akan pernah lepas dari masalah, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Jika kita tidak memperhatikan contoh norma sosial yang berlaku maka permasalahan ini bisa menjadi bibit contoh disintegrasi bangsa.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 24th, August 2018 / 04:21 Oleh :
Kategori : Hukum