Sponsors Link

7 Karakteristik Kearifan Lokal Yang Penting Untuk Dilestarikan

Sponsors Link

Kearifan lokal menjadi salah satu bagian penting dari sebuah kebudayaan yang ada di masyarakat dan kearifan lokal juga terjadi dengan cara turun temurun dari berbagai generasi. Dampak positif dari adanya sebuah kearifan sosial membuat terjaganya sumber daya alam dan berbagai hal lainnya. Kearifan lokal memiliki tujuan dan juga karakteristik yang jelas. Berikut ini adalah karakteristik kearifan lokal:

ads

1. Kematangan Masyarakat

Kearifan lokal menjadikan masyarakat memiliki kematangan dalam menentukan berbagai hal dan masyarakat mampu mengetahui arti pentingnya sebuah lingkungan. Banyak sekali manfaat sosial budaya yang dirasakan masyarakat dengan lestarinya kearifan sosial dan hal ini akan menimbulkan stabilitas perilaku anggota masyarakat.

2. Pengetahuan Masyarakat

Pengetahuan masyarakat mengenai berbagai hal menjadi lebih baik dan hal ini menjadi salah satu karakteristik kearifan lokal yang sangat identik. Kearifan lokal juga tak bisa dilepaskan dari unsur-unsur budaya yang terkandung dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kebudayaan akan terbentuk dengan baik.

3. Meningkatkan Kesejahteraan

Dengan terjaganya sumber daya alam yang ada di sekitar, akan membuat stabilitas kehidupan masyarakat terjaga dan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat, bila sumber daya alam dapat dimaksimalkan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu tujuan pembangunan sosial budaya yang harus terjadi di lingkungan masyarakat lokal.

4. Moral

Salah satu karakteristik kearifan lokal adalah adanya moral masyarakat dalam berperilaku dan dengan moral yang baik proses interaksi sosial terjadi dengan baik. Moral yang buruk akan membuat berbagai hal menjadi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik dan hal ini akan merugikan masyarakat itu sendiri. Pentingnya kearifan sosial juga untuk menjaga kestabilan moral masyarakat dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

5. Berasal Dari Golongan Tua

Kearifan lokal yang terjadi di masyarakat lokal biasanya berasal dari golongan tua dan hal ini disampaikan secara turun temurun. Golongan tua memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga stabilitas kehidupan masyarakat dan berbagai bentuk hubungan sosial masyarakat dapat terjalin dengan baik. Golongan tua bisa berperan sebagai penasihat atau guru yang mengajarkan banyak hal baik dan hal ini akan memberikan efek baik bagi kehidupan masyarakat.

6. Etika

Karakteristik kearifan lokal juga dapat terlihat dari etika berperilaku yang dimiliki masyarakat dan hal ini menjadi pedoman masyarakat dalam berperilaku di kehidupan lingkungan. Etika juga menjadi salah satu contoh pembangunan sosial budaya yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan dapat berjalan kondusif dengan sedikitnya konflik yang terjadi di masyarakat.

7. Cinta Alam

Karakteristik adanya kearifan lokal di masyarakat adalah adanya perilaku cinta terhadap alam dan mau menjaga alam dari berbagai ancaman. Cinta terhadap sumber daya alam sangatlah penting untuk dilestarikan, karena alam menjadi sumber kehidupan yang harus tetap terjaga dan alam akan ramah terhadap manusia bila diperlakukan dengan bijak. Ada banyak dampak pembangunan terhadap lingkungan dan berpengaruh terhadap stabilitas alam, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kearifan lokal sangatlah penting untuk dilestarikan.

Demikian ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan karakteristik kearifan lokal dan semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 01:58 Oleh :
Kategori : Pendidikan