Sponsors Link

6 Jenis Institusi Sosial Utama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sponsors Link

Institusi sosial atau yang sering disebut sebagai lembaga sosial merupakan aturan aturan yang ada di masyarakat. Institusi sosial juga memiliki nama lain yaitu pranata sosial. Institusi sosial mengarah pada aturan atau pola bagaimana berperilaku sebagai anggota masyarakat. Aturan aturan tersebut berlaku pada sistem institusi sosial. Institusi sosial dapat berbentuk norma atau aturan berperilaku, sikap, simbol, nilai, ideologi dan juga ritual.

ads

Institusi sosial terbagi menjadi major institution dan subsidiary institution. Major institution merupakan institusi utama yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sedangkan subsidiary institution merupakan institusi tambahan yang hadir dari major institution. Keberadaan institusi sosial dapat membantu apabila terjadinya kesimpangan didalam masyarakat atau permasalahan sosial lainnya. Sehingga mengapa dikatakan bahwa institusi sosial sebagai bentuk jawaban dari masalah yang terjadi dimasyarakat.

Menurut Judson R Landis, institusi sosial adalah norma, aturan dan pola yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan atau sebagai cara untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pengalaman masyarakat. Sedangkan Gilin menambahkan pendapatnya mengenai ciri-ciri pranata sosial atau institusi sosial, sebagai berikut.

  • Sebagai kebiasaan, kebudayaan dan perilaku yang didapatkan dari aktivitas sosial masyarakat.
  • Institusi sosial bersifat kekal yang harus dipelihara dengan baik sebagai bentuk kebutuhan pokok.
  • Institusi sosial selalu berdiri dengan adanya tujuan yang pasti dan jelas.
  • Institusi sosial memiliki alat perlengkapan yang akan digunakan untuk mencapai tujuan institusi tersebut.
  • Institusi sosial memiliki lambang atau simbol.
  • Institusi sosial memiliki tradisi atau kebiasaan tertulis.

Horton dan Hunt juga turut menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan fungsi institusi sosial itu sendiri. Keduanya menjabarakan bahwa yang pertama adalah fungsi manifes atau yang disebut juga dengan fungsi nyata yang mana berarti sebagai fungsi yang diakui oleh seluruh masyarakat. Fungsi kedua adalah fungsi laten atau yang disebut dengan fungsi terselubung yang mana memiliki arti sebagai fungsi yang tidak disadari. Fungsi kedua adalah fungsi yang terjadi tanpa disadari atau dikehendaki dan biasa dianggap sebagai bonus.

Institusi atau lembaga sosial juga memiliki tipe yang diklasifikasikan berdasarkan perkembangan yaitu cresibe dan enacted institution, penerimaan masyarakat yaitu sanctioned dan unsanctioned institution, nilai yang diterima masyarakat basic dan subsidiary institution, penyebaran seperti general dan restricted institution, serta yang terakhir adalah berdasarkan fungsi yaitu operative dan regulative institution. Hal tersebut dikemukakan oleh John Lewis Gilin serrta John Philip Gilin.

Institusi sosial juga memiliki berbagai jenis. Jenis institusi sosial terdiri dari institusi keluarga, institusi pendidikan, institusi ekonomi, institusi politik, institusi agama dan institusi hiburan. Institusi tersebut merupakan jenis institusi sosial induk atau macam macam pranata sosial yang nantinya bisa melahirkan institusi subsidiary.

  • Institusi keluarga

Keluarga merupakan kelompok sosil kecil dan utama bagi setiap individu. Kelurga terbentuk dari adanya hubungan antara dua insan manusia yang berkelanjutan hingga proses perkawanin. Dari proses perkawinan mulailah terbentuk proses keturunan dan kemudian jadilah keluarga. Institusi keluarga menaungi permasalahan anggota keluarga. Contoh pranata keluarga atau institusi keluarga adalah  peraturan pertunangan, akta pra nikah, perawatan anak, hubungan darah hingga hal lainnya yang masih ada kaitannya dengan keluarga.

Sponsors Link

  • Institusi pendidikan

Setelah institusi keluarga, seseorang akan diantarakan ke institusi pendidikan. Salah satu contohnya adalah sekolah dasar atau TK yang menjadi pendidikan pertama seseorang. Peran pranata pendidikan yaitu dengan adanya institusi pendidikan, seseorang akan diantarkan untuk mengenal kebudayaan atau aturan yang berlaku di daerah tersebut. Apabila keluarga akan mengantarkan bagaimana aturan yang berlaku di masyarakat secara informal maka pendidikan akan berperan untuk mengajarkan secara formal.

  • Institusi ekonomi

Institusi ekonomi merupakan jenis institusi sosial yang mengatur bagaimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya terutama kebutuhan pokokk. Fungsi dari institusi ekonomi itu sendiri adalah sebagai pedoman memenuhi kebutuhan pangan, pedoman melakukan pertukaran, pedoman menentukan harga dan pedoman menggunakan tenaga kerja. Dengan adanya institusi ekonomi maka pembagian dalam masyarakat menjadi lebih tertata dan adil sesuai dengan porsinya masing masing.

Sponsors Link

  • Institusi politik

Institusi politik digunakan untuk mengatur administrasi, keamana dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. Jenis institusi sosial yang satu ini sangat membantu hukum dan perundang undangan di suatu wilayah. Institusi politik juga yang mengatur suatu negara. Bentuk innstitusi atau pranata politik adalah adanya undang undang, pancasila serta aturan lainnya yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Contoh masalah sosial dalam masyarakat bisa diatasi dengan adanya aturan institusi politik.

  • Institusi agama

Jenis institusi sosial – agama menfokuskan pada sistem keyakinan serta praktek keagamaan dalam masyarakat. Fungsi atau tujuan pranata agama adalah sebagai pedoman hidup, mengatur hubungan antar manusia dan hubungan dengan tuhan, pedoman berbuat kebaikan dan juga sebagai sumber kebenaran. Dengan adanya agama, aturan dalam hidup seseorang menajadi lebih tertata sebagaiman agama memiliki batasan dan aturannya masing masing.

  • Institusi hiburan

Institusi hiburan dapat dikatakan sebagai kebutuhan mental. Jenis institusi hiburan digunakan untuk refreshing mental, pikiran dan juga fisik. Keberadaan institusi hiburan yang membawa manusia pada kegiatan seperti tarian, pesta, olahraga, music dan lainnya yang dapat menambah kesenangan jiwa.

Itulah beberapa ulasan tentang institusi sosial berbagai bentuk macam jenisnya yang sudah anda kenal dalam kehidupan masyarakat

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 08:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi