Sponsors Link

6 Jenis Inovasi Berdasarkan Metode dan Prosesnya yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Kata inovasi mungkin sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Karena inovasi itu sendiri memang salah satu contoh gerakan sosial untuk bisa berkehidupan yang lebih baik untuk masa-masa yang akan datang. Inovasi ini sendiri merupakan salah satu pengembangan atau pemanfaatan untuk membuat sesuatu dengan keterampilan dan pengalaman yang baik. Prinsip-prinsip inovasi adalah bertujuan untuk memberikan nilai yang berarti dalam ekonomi dan sosial.

ads

Tahapan dalam inovasi ada dua, yaitu discovery dan invention. Discovery merupakan sebuah penemuan unsur baru dari hal-hal yang sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja penemuan tersebut menjadi yang pertama. Contohnya penemuan benua Australia di masa lalu oleh seorang penjelajah terkenal. Adapun invention merupakan sebuah proses penciptaan untuk menemukan hal yang benar-benar baru. Inovasi sendiri terdiri dari beberapa jenis. Berikut penjelasan mengenai jenis jenis inovasi.

Jenis Inovasi berdasarkan Caranya

Ciri-ciri inovasi berdasarkan cara atau metode penemuannya dibagi menjadi 4 jenis, antara lain dijelaskan sebagai berikut.

  • Penemuan / Kreasi: yaitu sebuah proses menciptakan produk baru dengan proses dan metode yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kreasi atau penemuan ini merupakan salah satu macam inobasi yang rebolusioner. Misalnya penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell. Sehingga bisa dikatakan terdapat perbedaan kreatif dengan inovatif.
  • Pengembangan: yaitu sebuah proses menciptakan produk dengan proses yang sebelumnya sudah dilakukan. Hanya saja ide atau pengaplikasiannya sedikit berbeda. Contoh inovasi jenis pengembangan adalah pengembangan McD oleh Ray Kroc.
  • Duplikasi: Inovasi jenis ini adalah meniru sebuah produk yang sudah ada sebelumnya. akan tetapi, di dalamnya dilakukan pengubahan atau proses memperbaiki konsep agar lebih baik dan bisa bersaing.
  • Sintesis: yaitu menggabungkan konsep-konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi sebuah metode atau formula baru yang menarik. Proses sintesis ini bisa diambil dari beberapa ide yang kemudian diolah dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Itulah jenis inovasi berdasarkan caranya beserta penjelasan dan beberapa contohnya. Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa inovasi adalah salah satu penyebab modernisasi dan turut serta menjadi dampak globalisasi dalam kehidupan karena penemuan-penemuan baru.

Jenis Inovasi berdasarkan Prosesnya

Selain berdasarkan metodenya, jenis inovasi juga dibedakan berdasarkan prosesnya. Adapun jenis inovasi yang berdasarkan prosesnya dibedakan menjadi 2, yang akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Inovasi radikal: yaitu sebuah inovasi yang dilakukan dalam skala yang besar. Inovasi ini dilakukan oleh ahli di bidangnya masing-masing. Inovasi radikal biasanya dikelola oleh sebuah badan pengembangan atau departemen penelitian. Bisa dalam bidang manufaktur, atau dalam bidang keuangan.
  • Inovasi inkremental: yaitu sebuah proses inovasi yang dilakukan dengan metode memperbaiki sesuatu yang hanya dalam skala kecil saja.

Demikianlah beberapa jenis inovasi dan penjelasan serta contohnya yang sering ditemui dalam kehidupan sosial. Sebagai salah satu kegiatan yang berdampak, inovasi bisa juga dikatakan sebagai contoh penyimpangan sosial positif dalam kehidupan. Apalagi jika dari inovasi tersebut muncul produk baru yang memudahkan kehidupan manusia sehari-harinya. Semoga penjelasan mengenai inovasi dan jenisnya di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Thursday 15th, November 2018 / 03:20 Oleh :
Kategori : Pendidikan