Sponsors Link

Inilah 4 Hubungan Sosiologi Hukum Dengan Ilmu Hukum

Sponsors Link

Sosiologi hukum adalah suatu kajian ilmu yang dinyatakan legal secara hukum dan digambarkan sebagai subdisiplin dalam suatu studi hukum. Sosiologi menjadi kajian yang dihasilkan dari sosiologi secara umum dan ilmu sosiologi hukum dianggap sebagai suatu disiplin ilmu yang sangat penting. Sosiologi hukum terdiri dari berbagai pendekatan studi hukum dan didalamnya merumuskan interaksi antar hukum. Sosiologi hukum bisa membuat masyarakat menjadi lebih disiplin dalam menjalankan peraturan di lingkungan dan dengan sosiologi hukum yang jelas, akan banyak manfaat yang diperoleh masyarakat dalam lingkungan.

ads

Ilmu hukum adalah salah satu bidang ilmu yang membahas mengenai berbagai aturan hukum dan kajian mengenai praktek hukum. Ilmu hukum mencakup ruang lingkup yang luas dan didalamnya meliputi hak asasi manusia serta hukum perdagangan. Permasalahan tentang hukum seringkali menimbulkan konflik di masyarakat dan sistem hukum sangat berkaitan dengan sistem keadilan bagi masyarakat. Hukum yang baik adalah hukum yang tidak berat sebelah dan hukum yang memntingkan keadilan. Sosiologi hukum memiliki hubungan dengan ilmu hukum dan keduanya memiliki keterkaitan yang penting. Dalam suatu lingkungan masyarakat, pasti akan ada proses interaksi sosial yang terjadi dan berkembang. Berikut ini adalah hubungan sosiologi hukum dengan ilmu hukum:

1. Tujuan

Secara umum sosiologi hukum bertujuan untuk mengkaji berbagai hubungan timbal balik antara lingkungan sosial dan gejala sosial di masyarakat. Sedangkan ilmu hukum bertujuan untuk memberikan pedoman kepada masyarakat mengenai sistematis suatu hukum. Hubungan sosiologi hukum dan ilmu hukum sangatlah erat, karena keduanya memiliki keterkaitan sistem hukum. Hukum diterapkan untuk mencegah berbagai bentuk penyimpangan sosial yang bisa saja terjadi dan hukum digunakan dengan sistematis yang jelas.

2. Manfaat

Secara umum manfaat sosiologi hukum sangatlah penting dan sosiologi hukum sangat berhubungan dengan kajian ilmu hukum. Keduanya memiliki manfaat yang baik untuk lingkungan dan sosiologi hukum menjadi dasar timbulnya ilmu hukum. Dengan adanya hukum, kehidupan di lingkungan masyarakat menjadi lebih tertata dan dapat tercegah berbagai kondisi ketidakstabilan. Ada banyak sekali penyebab perilaku penyimpangan yang seringkali ditemukan dan setiap perilaku penyimpangan memiliki efek yang bervariasi buat lingkungan.

3. Dampak

Sosiologi hukum dan ilmu hukum memiliki dampak yang hampir sama bagi masyarakat. Sosiologi hukum berdampak pada pola sosial masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas sosial dan ilmu hukum menambah pengetahuan masyarakat mengenai hukum yang berlaku di Indonesia. Keduanya memiliki dampak postif bagi kehidupan masyarakat dan menghasilkan suatu pola kehidupan yang teratur. Dalam lingkungan masyarakat ada banyak faktor perubahan sosial yang bisa saja terjadi dan setiap perubahan sosial memberikan dampak yang bervariasi.

4. Ruang lingkup

Sosiologi hukum memiliki ruang lingkup yang lumayan luas, karena mengkaji pola hubungan sosial masyarakat dan menjadi langkah pencegah berbagai kegiatan negatif masyarakat. Ada beberapa ciri-ciri norma sosial yang berlaku di masyarakat dan semua norma sosial memiliki ruang lingkup yang meluas. Ruang lingkup sosiologi hukum sangat berhubungan dengan ilmu hukum, karena sama-sama membahas berbagai hal mengenai kehidupan di lingkungan masyarakat. Demikian ulasan lengkap mengenai hubungan sosiologi hukum dengan ilmu hukum dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, June 2019 / 04:59 Oleh :
Kategori : Sosiologi