Sponsors Link

Hubungan Permintaan dan Penawaran Dengan Teknologi Untuk Indonesia

Sponsors Link

Secara umum, teknologi memiliki arti keseluruhan sarana baik berbentuk barang, ide atau metode untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan demi kelangsungan serta kenyamanan hidup manusia sebagai upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh, untuk produksi sepeda motor dibutuhkan mesin yang besar dan juga rumit dan ini merupakan contoh dari teknologi dalam bentuk barang. Sedangkan untuk metode bisnis adalah contoh teknologi dalam bentuk metode. Sedangkan dalam permintaan dan penawaran, ternyata ada juga peran penting dari teknologi dan ulasan tentang hubungan permintaan dan penawaran dengan teknologi akan kami jelaskan secara lengkap dalam ulasan singkat berikut ini.

ads

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Sebelum masuk ke pembahasan tentang hubungan permintaan dan penawaran dengan teknologi, ada baiknya jika anda mengetahui lebih detail tentang permintaan dan penawaran.

  • Pengertian Permintaan

Permintaan adalah barang yang akan dibeli atau yang diminta di tingkat harga tertentu dalam waktu yang tertentu juga. Masyarakat selaku konsumen harus membeli barang atau jasa di pasar dan kondisi tersebut mengandaikan jika barang atau jasa mempunyai nilai atau harga tertentu.

Dengan adanya berbagai macam harga di pasar, maka selanjutnya juga mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi sehingga bisa diartikan jika permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai kondisi dan juga tingkat harga sebagai salah satu upaya Indonesia sebagai negara maju.

  • Pengertian Penawaran

Penawaran merupakan sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu. Untuk menjawab kebutuhan konsumen, produsen menyediakan berbagai bentuk barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut kemudian akan dijual pada konsumen di pasar dengan tingkat harga tertentu dan ada bentuk kerjasama yang dihasilkan melalui proses tawar menawar tersebut.

Permintaan berhubungan dengan pembelian dan juga pemakaian, sedangkan penawaran berhubungan dengan penyediaan dan penjualan. Untuk itu bisa diartikan jika penawaran adalah jumlah barang dan juga jasa yang tersedia untuk dijual di berbagai tingkat harga dan juga kondisi dimana peran pasar dalam perekonomian juga memegang peranan penting.

Peran Kemajuan Teknologi Pada Permintaan

Ada beberapa manfaat dari kemajuan teknologi terhadap permintaan yang mungkin tidak pernah anda sadari sebelumnya, beberapa diantaranya adalah:

1. Kemudahan Dalam Memenuhi Kebutuhan

Teknologi akan memudahkan kita dalam memesan jasa atau barang. Sebagai contoh adalah ojek online dimana dalam sistem pemesanan ojek online sangat terbantu dengan hadirnya teknologi.

Ketika ingin menggunakan ojek online, maka anda hanya perlu membuka aplikasi kemudian memesan sesuai dengan kebutuhan masing masing.

2. Memperbanyak Barang dan Jasa Alternatif

Barang alternatif pengganti yang disebut juga dengan barang substitusi akan semakin banyak berkat dukungan dari kemajuan teknologi sekarang ini. Sebagai contoh, pengganti nasi untuk beberapa waktu yang lalu adalah jagung dan singkong. Sedangkan berkat kemajuan teknologi sekarang ini, maka sudah ada begitu banyak pengganti dari nasi seperti oatmeal dan roti gandum sebagai salah satu contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial khususnya yang ingin hidup lebih sehat.

3. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Teknologi juga sangat berperan dalam meningkartkan pendapatan masyarakat seperti salah satunya untuk berbelanja online. Dengan adanya toko online sekarang ini, maka setiap orang yang mempunyai akses ke internet bisa menjadi wirausaha dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang menjadi salah satu cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.

Sponsors Link

Peran Teknologi Terhadap Penawaran

Selain memiliki peran penting dalam permintaan, teknologi juga memiliki peran yang tidak kalah penting terhadap penawaran, seperti:

1. Menurunkan Biaya Produksi dan Meningkatkan Hasil Produksi

Peran teknologi terhadap penawaran yang pertama adalah untuk menurunkan biaya produksi sekaligus meningkatkan hasil dari produksi tersebut. Dengan hadirnya mesin mesin modern saat ini, maka juga akan menghasilkan barang secara lebih cepat. Selain itu, hasil produksi juga bisa semakin meningkat sehingga biaya produksi bisa diturunkan.

2. Mempercepat Proses Distribusi

Teknologi juga berperan penting dalam mempercepat proses distribusi. Perusahaan jasa pengiriman memanfaatkan teknologi internet untuk mempercepat proses distribusi sehingga lebih menghemat waktu.

Hubungan permintaan dan penawaran dengan teknologi sangat berkaitan erat yang akan membantu untuk memudahkan pendistribusian sesuatu barang dan jasa sekaligus meminimalkan biaya produksi dan meningkatkan penghasilan. Semoga ulasan kali ini bisa menambah pengetahuan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 19th, July 2019 / 19:56 Oleh :
Kategori : Ekonomi