Sponsors Link

Inilah 4 Hubungan Kriminologi Dengan Hukum Pidana

Sponsors Link

Kriminologi yaitu kajian ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang kejahatan dan ada berbagai kajian pokok dalam kriminologi seperti mengetahui sebab terjadinya suatu kejahatan, cara menghadapi tindak kejahatan dan berbagai reaksi yang perlu dilakukan terhadap tindak kejahatan. Kejahatan dari segi sosial menjadi bagian penting yang dipelajari dalam kriminologi dan ada banyak bentuk kejahatan yang bertentangan dengan norma-norma sosial yang berlaku di lingkungan masyarakat. Hal ini perlu dicegah agar efeknya tidak terus meluas dan menimbulkan berbagai konflik tambahan.

ads

Hukum pidana adalah salah satu cara pembuktian suatu kejahatan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum dan setiap tindak kejahatan yang dilakukan masyarakat harus berhadapan dengan hukum pidana. Hukum pidana dilakukan pihak penegak hukum untuk memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan dan melakukan berbagai langkah pencegahan terhadap tindak kejahatan. Hukum pidana juga dijatuhkan kepada para pelaku kejahatan untuk menyadarkan pelaku tentang kesalahan yang telah diperbuat dan hukum pidana memiliki peranan penting dalam tindak penegakan hukum yang dilakukan pihak pemerintah Indonesia. Berikut ini adalah hubungan kriminologi dengan hukum pidana:

1. Penegakan Hukum

Kriminologi mencari penyebab dari suatu tindak kejahatan dan hukum pidana menjadi pembuktian tindak kejahatan. Jadi antara kriminologi dan hukum pidana memiliki hubungan yang saling melengkapi dan menjadi kesatuan dalam tindak penegakan hukum. Ada banyak sekali bentuk penyimpangan sosial yang sering terjadi di masyarakat dan dengan adanya penegakan hukum yang baik, kejahatan bisa di tindak dengan tepat. Sebuah kejahatan pasti dilakukan dengan berbagai sebab dan untuk di proses secara hukum, perlu ada pembuktian mengenai kejahatan yang dilakukan.

2. Tujuan Dasar

Hukum pidana dan kriminologi memiliki tujuan dasar yang sama yaitu fokus pada sebuah kejahatan. Keduanya sangat dibutuhkan dalam sistem penindakan hukum, karena peranannya sangatlah penting dan bisa menciptakan kondisi lingkungan aman serta damai. Sebuah kejahatan yang terjadi, pasti akan dihadapkan pada penindakan hukum yang terlampir dalam hukum pidana dan adanya hukum pidana akan membuat para pelaku kejahatan merasa takut serta jera terhadap berbagai tindak kejahatan. Ada banyak contoh perilaku penyimpangan sosial yang terjadi di lingkungan dan setiap kejahatan memiliki bentuk hukum yang bervariasi.

3. Manfaat

Pada jaman sekarang kondisi penduduk indonesia sudah sangat banyak berubah dan berbagai aspek kehidupan sudah banyak mengalami perubahan. Ada banyak faktor perubahan sosial yang timbul dan salah satunya adalah tindak kejahatan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Kriminologi memiliki manfaat yang sama dengan hukum pidana yaitu bermanfaat dalam upaya penegakan keadilan hukum di Indonesia dan keduanya saling berhubungan serta saling membutuhkan satu sama lain. Manfaat kriminologi dan hukum pidana dapat berimbas langsung pada kehidupan di lingkungan masyarakat.

4. Pencegahan

Kriminologi dan hukum pidana sama-sama digunakan sebagai upaya pencegahan tindak kejahatan. Aturan-aturan hukum dalam pidana akan membuat para penjahat berfikir ulang untuk melakukan kejahatan dan ada banyak sekali motif kejahatan yang bisa dilakukan masyarakat. Keduanya menjadi bentuk pencegahan yang efektif dan keduanya berguna untuk bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Hubungan antara kriminologi dan hukum pidana sifanya saling membutuhkan. Upaya pencegahan kejahatan menjadi kewajiban negara untuk menciptakan kondisi aman di lingkungan masyarakat.

Demikian ulasan lengkap mengenai hubungan kriminologi dengan hukum pidana dan semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 01:53 Oleh :
Kategori : Hukum