Sponsors Link

6 Pengaruh Hubungan Globalisasi Dengan Komunitas Lokal

Sponsors Link

Globalisasi adalah sebuah perubahan yang sangat terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan globalisasi sangat sulit untuk dihindari, karena perubahannya sangatlah cepat. Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat di Indonesia, namun salah satu dampak pentingnya era globalisasi membuat masyarakat Indonesia tak ketinggalan berbagai berita yang tersebar diseluruh dunia. Kemudahan berkomunikasi dan mencari berbagai informasi menjadi sebuah hal yang sangat menguntungkan, namun bila informasi yang keluar tak disaring dengan baik akan menimbulkan banyak permasalahan sosial. Globalisasi memiliki hubungan dengan komunitas lokal yang ada di Indonesia, karena globalisasi memberikan dampak yang sangat signifikan dan pola hubungan globalisasi dengan masyarakat memiliki pengaruh yang lumayan tinggi. Berikut ini adalah beberapa pengaruh hubungan globalisasi dengan komunitas lokal:

ads

1. Pergantian Manusia

Dengan adanya era globalisasi yang berkembang pesat membuat adanya pergantian manusia pada sebuah lingkungan dan hal ini membuat adanya penyegaran terhadap lingkungan. Pergantian manusia menjadi salah satu dampak globalisasi yang sering terjadi dan banyak masyarakat lokal yang lebih memilih urbanisasi untuk mencari penghidupan yang lebih layak.

2. Kebebasan Berkurang

Dengan laju era globalisasi yang terjadi dengan cepat membuat kebebasan masyarakat lokal menjadi berkurang dan dominasi masyarakat lokal akan semakin mengecil. Hal ini akan menimbulkan permasalahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat dan dengan laju urbanisasi yang tinggi juga akan membuat kearifan lokal terus berkurang.

3. Kepribadian Terhimpit

Salah satu hubungan globalisasi dengan komunitas lokal bisa terlihat dari pengaruh sosialnya terhadap masyarakat dan pengaruh sosial yang sangat berdampak pada masyarakat adalah terhimpitnya kepribadian masyarakat lokal oleh masyarakat baru. Komunitas lokal akan perlahan-lahan menghilang dengan datangnya masyarakat baru dan hal ini akan membuat kondisi penduduk indonesia menjadi sangat beragam.

4. Mental Teknologi

Kini dengan perkembangan teknologi yang pesat akan membuat hadirnya mental teknologi yang dirasakan masyarakat dan hal ini menjadi ciri-ciri era globalisasi informasi yang terjadi. Banyak masyarakat yang miliki mental teknologi dan hal ini akan mengurangi komunitas lokal yang sangat menjunjung tinggi sebuah kebudayaan daerah.

5. Ketergantungan Teknologi

Kini dengan adanya era globalisasi yang pesat membuat banyak masyarakat lokal bergantung pada teknologi dan semua perilakunya sangat dipengaruhi dari teknologi, hal ini tentu membuat banyak masyarakat yang tidak percaya diri. Salah satu faktor pendorong urbanisasi adalah godaan teknologi di kota besar yang terlihat semakin canggih dan hal ini membuat banyak masyarakat nekad untuk datang ke kota.

6. Etika Dan Moral

Globalisasi yang sangat cepat membuat mulai berkurangnya etika dan moral yang berkembang di masyarakat lokal. Hal ini menjadi salah satu dampak negatif dari adanya globalisasi dan salah satu cara mencegah urbanisasi adalah dengan menyeimbangkan kehidupan daerah dengan kota. Seimbangkan lapangan pekerjaan di daerah dengan di kota besar, minimal jangan terlalu beda jauh.

Demikian ulasan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pengaruh hubungan globalisasi dengan komunitas lokal dan semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 08th, April 2019 / 03:33 Oleh :
Kategori : Sosiologi