Sponsors Link

7 Gejala Sosial Kenakalan Remaja yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Gejala sosial adalah sebuah fenomena yang terjadi pada masyarakat  yang menjadi sebab timbulnya masalah sosial. Gejala sosial ini wajib diwaspadai sejak dini agar tidak menjadi masalah yang besar sehingga merugikan individu dan masyarakat di lingkungannya.  Contoh dari gejala sosial adalah ketimpangan ekonomi antara orang kaya dan orang miskin, hal ini memicu timbulnya contoh masalah sosial seperti pencurian, perampokan dan sebagainya.

ads

Masa remaja adalah masa transisi yang sangat rawan, dimana seseorang pada masa itu mengalami perubahan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa muda. Kualitas hidup di masa depan banyak dipengaruhi oleh masa-masa ini, jika salah bergaul maka akibatnya akan fatal bagi masa depannya kelak. Banyak remaja yang mencari jati dirinya dengan cara mengidolakan seseorang dan meniru tingkah laku sang idola. Jika hal ini tidak dikontrol maka masalah sosial akan timbul dan merugikan bagi dirinya sendiri. Pelanggaran fungsi norma sosial pun tidak dapat dielakkan.

Gejala Sosial Kenakalan Remaja

Pelanggaran jenis-jenis norma sosial pada masa remaja disebut kenakalan remaja. Para orang tua dan guru serta orang dewasa yang berada disekitar remaja harus waspada terhadap gejala sosial kenakalan remaja yang terjadi, agar remaja tersebut tetap menjaga komponen keteraturan sosial dilingkungannya.

Mengenal lebih jauh apa gejala sosial kenakalan remaja, berikut diantaranya:

  1. Memiliki pengetahuan yang rendah dan daya nalar yang kurang sehingga bersikap apatis terhadap lingkungannya.
  2. Tidak mempunyai keterampilan sehingga mengekspresikan eksistensinya dengan cara merusak fasilitas sekolah atau fasilitas umum.
  3. Faktor ekonomi juga sangat mendukung terjadinya kenakalan remaja, bagi remaja yang ingin tampil gaya dan trendi tentu menginginkan barang-barang terkini yang tidak mungkin didapat dari orang tuanya, maka jalan satu-satunya adalah mencuri.
  4. Krisis percaya diri dapat menjadi timbulnya gejala sosial kenakalan remaja, para remaja yang mempunyai rasa percaya diri rendah akan mengekspresikannya dengan kenakalan-kenakalan yang mereka anggap akan mendapat perhatian dari orang-orang disekitarnya.
  5. Kurang perhatian dari orang tua bisa juga menjadi penyebab gejala sosial kenakalan remaja. Mereka akan mencoba menarik perhatian orang tuanya dengan melakukan hal-hal yang melanggar norma sosial.
  6. Krisis indentitas bagi seorang remaja sangat berbahaya, karena dia akan mencarinya terus dengan cara mengidolakan tokoh yang dia kenal dan yang menurut pandangan dia bagus untuk ditiru. Jika dia mengidolakan sosok yang benar maka dia bisa jadi benar, namun jika mengidolakan tokoh yang salah maka hidupnya pun akan bermasalah.
  7. Bergaul atau memiliki teman yang salah juga akan membuat seorang remaja mempunyai kemungkinana melalukan kenakalan remaja.

Melihat ke tujuh gejala sosial kenakalan remaja diatas, jenis faktor penyebab terjadinya masalah sosial seperti enakalan remaja apa yang bisa terjadi. Berikut beberapa kenakalan remaja yang sering terjadi dilingkungkan remaja:

  • Bolos sekolah menjadi kebiasaan karena biasanya dilakukan oleh beberapa orang berdasarkan rasa setia kawan. Para remaja ini biasanya berani bolos karena pengaruh dari beberapa teman-temannya.
  • Merusak fasilitas sekolah dilakukan untuk mendapatkan pengakuan, hal ini biasanya dilakukan oleh siswa yang tidak berprestasi.
  • Tawuran sering dilakukan oleh siswa yang memiliki pengetahuan rendah, sehingga mereka tidak akan berpikir dengan apa yang akan terjadi kemudian baik buat dirinya, sekolahnya maupun orang tuanya.

Agar tidak semakin marak kenakalan-kenakalan remaja, maka para orang tua, guru dan orang-orang dewasa terdekatnya wajib memberikan perhatian lebih. Ketidaksamaan sosial memang selalu ada dalam masyarakat dimana anak usia remaja berada, tugas para orang dewasalah untuk memberikan pengertian pada mereka agar tidak timbul gejala sosial kenakalan remaja.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 02nd, September 2018 / 07:18 Oleh :
Kategori : Pendidikan