Sponsors Link

5 Pengertian Dan 13 Fungsi Valuta Asing Menurut Para Ahlinya

Sponsors Link

Sebelum kita mempelajari lebih dalam mengenai apa saja yang berkaitan dengan valuta asing maka ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu pengertian- pengertian dari valuta asing. Pada zaman dahulu sebelum ada uang anda juga bisa melihat Contoh Valuta Asing Penjelasan Terlengkap dan Terjelas, manusia bertransaksi menggunakan sistem barter. Sistem ini merupakan salah satu cara umum untuk bertransaksi dimana orang- orang akan menukarkan barang- barang mereka dengan barang orang lain yang mereka butuhkan.

ads

Namun semakin majunya jaman anda juga bisa melihat Perbedaan Valuta Asing dan Devisa Dari Jenis dan Fungsinya, sistem barter ini tidak efektif lagi dimana barang yang ditukarkan kadang nilainya tidak sebanding. Dengan ini pula sebagai dasar terciptanya mata uang. Tidak seperti saat ini, uang dari jaman ke jaman juga mengalami banyak perubahan mulai dari berupa bongkahan batu hingga berupa logam dan kertas. Untuk meningkatkan keefisiesian dari kegiatan transaksi maka terciptalah valuta asing atau biasa disebut dengan valas.

Ada beberapa pengertian dari valuta asing berdasarkan dari teori- teori para ahli sebagai berikut.

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

  1. Eng, Lees, dan Mauer

Adapun pengertian dari valuta asing menurut beberapa ahli yang membuat teorinya menjadi satu yaitu Eng, Lees, dan Mauer. Menurut mereka valuta asing merupakan jenis mata uang asing dan digunakan sebagai klaim keuangan. Valuta asing ini juga bisa disebut sebagai salah satu aset perusahaan dalam bentuk mata uang asing selain saham.

  1. Hamdy Hadi

Selain itu ada juga pengertian valuta asing menurut Hamdy Hadi yaitu selain sebagai salah satu bentuk alat bertransaksi antar Negara atau yang disebut dengan mata uang asing berbeda dengan contoh sosiologi gender dalam masyarakat, valuta asing juga digunakan sebagai alat pembayaran internasional yang memiliki catatan resmi dari bank pusat.

  1. Haris Wibisono

Menurut Haris Wibisono berbeda dengan faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial dalam masyarakat, valuta asing memiliki tiga arti berdasarkan bentuknya yaitu:

  • Spot Exchange

Merupakan jenis valuta asing dimana dalam bertransaksi terjadi pelepasan terhadap value date yang biasanya akan terjadi pada dua hari kerja setelah transaksi terjadi

  • Swap

Berbeda dengan spot exchange berbeda dengan manfaat mempelajari kebijakan sosial, swap merupakan jenis valuta asing yang transaksi pembelian serta penjualannya terjadi secara terus menerus pada tanggal jatuh tempo berbeda

  • Foreign Exchange

Adapun foreign exchange dimana transaksi pengirim valuta asing ini dilakukan pada tanggal tertentu. Untuk kurs sendiri ditetapkan pada saat kontrak sudah disetujui dan untuk jatuh tempo dapat memakan waktu hingga enam bulan lamanya

  1. Joese Rizal Joesoef

Menurut ahli ekonomi yaitu Joese Rizal Joesoef anda juga bisa melihat manfaat lembaga sosial untuk lingkungan masyarakat, valuta asing sendiri merupakan mata uang asing dengan fungsi sebagai alat untuk bertransaksi jika berada di luar negeri sehingga kita tidak menggunakan mata uang dari Negara sendiri.

  1. Anthony, Beams, Cleament, dan Lowensohn

Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Anthony, Beams, Cleament, dan Lowensohn valuta asing dibedakan menjadi 3 berdasarkan pengertiannya seperti berikut ini:

  • Fixed

Merupakan pengertian dari valuta asing atau bisa disebut dengan sistem kurs tetap dimana dalam prosesnya ada campur tangan dari pihak lain. Dalam hal ini pihak pemerintah dan pihak bank sentral atau pusat dapat ikut campur dan terlibat aktif dalam sistem pasar valuta asing. Dalam sistem pasar, pemerintah dan bank sentral akan membantu menjual dan membeli valuta asing jika nilainya menyimpang dari standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sponsors Link

  • Floating

Floating atau biasa disebut dengan sistem kurs bebas berbeda dengan sistem kurs tetap dimana pada sistem ini tidak ada pihak manapun yang dapat ikut campur. Pihak pemerintah maupun bank sentral tidak perlu ikut campur berbeda dengan contoh perilaku konsumerisme, dalam hal ini keduanya hanya bisa menjaga kestabilan nilai kurs saja. Hal ini karena nilai tukar kurs sendiri dapat ditentukan oleh pemerintah serta penawaran terhadap valuta asing itu sendiri.

  • Controlled

Selain sistem kurs tetap dan sistem kurs bebas, adapun sistem kurs controlled atau bisa disebut dengan sistem kurs terkontrol. Dalam sistem ini, pihak pemerintah dan pihak bank sentral memiliki kekuasaan penuh terhadap sistem kurs valuta asing. Dalam hal ini mereka dapat menentukan nilai dalam pemakaian valuta asing sedangkan warga Negara tidak bisa ikut campur tangan dalam transaksi valuta asing tersebut. Hal ini karena capital inflows serta kegiatan ekspor barang dapat mengakibatkan ketidaksediaannya valuta asing. Itulah beberapa pengertian dari valuta asing menurut para ahli, selain itu adapun pengertian dari valuta asing secara umum.

Valuta asing memiliki arti sebagai salah satu mata uang dengan fungsi utama sebagai mata uang antar Negara, dalam hal ini valuta asing sangat mudah diterima oleh Negara asing dalam sebuah perdagangan internasional antar Negara. Dalam hal ini pula istilah dari valuta asing atau valas sudah tidak asing lagi, apalagi jika anda adalah seorang turis yang berkunjung ke Negara lain selain Indonesia. Dalam hal ini tentunya anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk bertransaksi memenuhi kebutuhan anda, sehingga anda perlu menukarkan uang anda sesuai dengan jumlah uang di Negara kunjungan tersebut.

ads

Fungsi Valuta Asing

Selain mempelajari pengertian- pengertian dari valuta asing seperti di atas anda juga perlu mempelajari fungsi- fungsi valuta asing dan berikut kami sampaikan fungsi beserta ulasannya.

  • Mempermudah Transaksi

Adanya valuta asing ini sangat efektif dan mempermudah anda untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari saat bepergian ke luar negeri.

  • Sebagai Devisa Negara

Valuta asing sendiri merupakan salah satu bentuk devisa Negara, secara umum devisa Negara sendiri merupakan kekayaan Negara berupa barang, jasa, dan mata uang asing sebagai alat pembayaran luar negeri secara internasional.

  • Alat Tukar Internasional

Fungsi utama dari valuta asing yaitu digunakan sebagai alat perantara dalam melakukan tukar menukar barang atau jasa dengan Negara lain. Adapun contohnya yaitu jika Indonesia akan mengimpor barang seperti pakaian maupun gandum dari Amerika, maka Indonesia tidak perlu membayar dengan rupiah melainkan menggunakan valuta asing.

  • Alat Pembayaran Hutang Internasional

Dalam hal ini valuta asing memiliki fungsi sebagai alat pembayaran hutang dengan Negara lain dengan cara mencicil. Dan pemerintah dapat ikut campur dalam kegiatan perdagangan valuta asing. Pemerintah memiliki tujuan untuk mencari keuntungan sebanyak- banyaknya demi menambah pendapatan nasional. Pendapatan dari pasar valuta asing ini nantinya ditukar dengan mata uang.

  • Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Adanya valuta asing ini mampu mempermudah sekaligus memperlancar perdagangan internasional.

  • Alat Pengendali Kurs

Dalam hal ini valuta asing adalah kurs yang dapat menjadi alat pengendali dimana nilai mata uang dalam suatu Negara dapat melemah dan menguat terhadap nilai mata uang Negara lain. Kurs sendiri memiliki arti sebagai perbandingan antara setiap nilai mata uang dari berbagai Negara. Kurs sendiri memiliki nilai berbeda pada tiap- tiap Negara setiap hari bahkan jam.

  • Mempererat Hubungan Suatu Negara

Adanya valuta asing mempermudah perdagangan internasional dimana ini dapat mempererat hubungan suatu Negara dengan negara lain. Hal ini karena banyaknya wisatawan dari Negara lain berkunjung ke Negara kunjungan dalam berbagai tujuan mulai dari wisata, bisnis, hingga hubungan diplomat.

  • Kebutuhan Usaha

Bagi pebisnis valuta asing sangat penting karena dapat menjadi salah satu kebutuhan aktivitas pada suatu perusahaan untuk melakukan transaksi terkait dengan kebutuhan barang dan jasa.

  • Mengurangi Resiko

Fungsi lain dari adanya valuta asing yaitu untuk mengurangi resiko dalam bertransaksi. Dengan menggunakan valuta asing maka berbagai resiko seperti kecurigaan terhadap peredaran uang palsu dan berbagai tindak kriminal lainnya dapat terminimalisir.

Sponsors Link

  • Memperoleh Keuntungan

Karena nilai tukar atau kurs dapat naik turun dan tidak stabil maka diharapkan dengan adanya valuta asing ini sebagai nasabah bank sentral yang menukarkan mata uang masih bisa mendapatkan keuntungan dengan jumlah sesuai.

  • Mempertahankan Daya Beli

Sebagai alat transaksi internasional maka valuta asing sangat berpengaruh di dunia perdagangan internasional. Dalam melakukan perdagangan internasional pastinya ada kegiatan jual beli, untuk mempertahankan agar banyak orang melakukan transaksi pembelian maka valuta asing sangat berpengaruh karena mempermudah transaksi antar Negara.

  • Dapat Mengirimkan Uang Ke Luar Negeri

Sebelumnya orang bingung bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri karena jenis mata uang yang berbeda. Namun dengan adanya valuta asing maka orang tidak perlu pusing ataupun repot lagi, hal ini karena uang terkirim secara langsung akan ditukar seharga dengan mata uang pada Negara penerima.

  • Dapat Dibawa Kemanapun

Perlu anda ketahui bahwa valuta asing tidak hanya berbentuk uang karena ada dua macam valuta asing. Pertama, valuta asing fisik merupakan uang asing dalam artian sebenarnya dalam bentuk kertas maupun logam. Sedangkan valuta asing non fisik merupakan jenis valuta asing dalam bentuk uang giral maupun surat- surat berharga lainnya seperti cek, wesel, travelers, dan lain- lain. Dengan bentuk non fisik inilah valuta asing dapat dibawa kemanapun dan kapanpun.

Itulah berbagai informasi mengenai pengertian valuta asing dari para ahli serta pengertian valuta asing secara umum, dan sebagai dasar mempelajari valuta asing maka fungsi- fungsi dari valuta asing di atas juga sangat penting. Pastikan anda membaca informasi di atas dengan cermat agar mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda dan selamat membaca.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 02:42 Oleh :
Kategori : Ekonomi