Sponsors Link

6 Fungsi Sosiologi Komunikasi Bagi Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Komunikasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari manusia setiap harinya. Manusia senantiasa berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai cara seperti menggunakan isyarat tubuh, tulisan, dan komunikasi langsung secara lisan. Aktivitas komunikasi tentunya menjadi penunjang manusia untuk bergaul atau bersosialisasi di lingkungan tempat tinggalnya. Secara keilmuan, keterkaitan antara sosialisasi dan komunikasi dikaji melalui cabang ilmu sosiologi yaitu sosiologi komunikasi.

ads

Definisi Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses interaksi sosial dengan segala aspek yang berhubungan dengan interaksi tersebut. Sosiologi komunikasi kemudian berkembang seiring dengan tumbuhnya media komunikasi menjadi studi yang mempelajari perilaku kolektif manusia akibat pengaruh media, sehingga sosiologi komunikasi memiliki konsep yang berbeda dengan sosiologi pada umumnya. Sosiologi memiliki empat konsep yang tercakup di dalamnya yaitu sosiologi, masyarakat, komunikasi, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Fungsi Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komunikasi dengan kekhasan lingkupnya tentu memiliki fungsi tersendiri. Enam fungsi sosiologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Fungsi Pemahaman Motif Komunikasi Manusia Saat Bersosialisasi

Sosiologi komunikasi dapat membantu kita memahami apa yang menjadi tujuan dan latar belakang berkomunikasinya seorang individu atau kelompok. Contoh motif yang mendorong seseorang berkomunikasi di antaranya aktualisasi diri, mempersuasi pihak lain, mencari kesenangan, kebutuhan afeksi, berbagi informasi, meminta pertolongan, dan sebagainya.

  1. Fungsi Identifikasi Kebudayaan

Sosiologi komunikasi juga berfungsi sebagai wadah identifikasi unsur-unsur budaya. Kita dapat mengetahui simbol-simbol tertentu sebagai salah satu unsur budaya seperti bahasa, bunyi-bunyian, aksara dan simbol-simbol lainnya yang digunakan sebuah kelompok masyarakat.

  1. Fungsi Identifikasi Dinamika Perubahan Sosial Budaya

Selain mengidentifikasi budaya yang konkrit bentuknya, sosiologi komunikasi berfungsi memahami bentuk-bentuk perubahan sosial budaya yang muncul di masyarakat berikut dinamikanya melalui aspek komunikasi antar budaya. Akulturasi, asimiliasi, globalisasi, dan contoh perubahan sosial budaya lainnya dipahami sebagai efek yang dihasilkan dari interaksi individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok yang memiliki perbedaan latar belakang budaya.

  1. Fungsi Penelitian Sosial

Salah satu dari enam fungsi sosiologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari berkaitan dengan ranah akademis yaitu fungsi penelitian sosial. Sosiologi komunikasi dapat digunakan sebagai acuan meneliti masalah-masalah komunikasi yang muncul di masyarakat dan perubahan pola perilaku masyarakat, khususnya perubahan yang terjadi akibat pengaruh penggunaan media.

  1. Fungsi Perencanaan dan Pembangunan Sosial

Mampunya sosiologi komunikasi mengkaji contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat membuat sosiologi komunikasi juga memiliki fungsi perencanaan dan pembangunan sosial. Sosiologi komunikasi dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan bidang komunikasi, misalnya mengidentifikasi cara penyuluhan efektif untuk sosialisasi program baru pemerintah di pedesaan dan mengidentifikasi kebutuhan sarana komunikasi di desa dan kota.

Sponsors Link

  1. Fungsi Pemecahan Masalah

Sosiologi komunikasi mempelajari berbagai cara komunikasi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk kebutuhan pemecahan masalah. Bila dalam sosiologi umum, bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial hanya disebutkan bentuknya berupa arbitrase, ajudikasi, mediasi, dan cara-cara lainnya, sosiologi komunikasi melengkapinya dengan perlunya menambahkan aspek-aspek komunikasi tertentu saat proses penyelesaian masalah dilangsungkan.

Aspek-aspek komunikasi tersebut meliputi mengutamakan kemauan mendengar antar kedua belah pihak, bersikap proaktif dan empati pada lawan bicara, menumbuhkan sikap provisionalisme (kemauan meninjau kembali keyakinan, gagasan, dan pemikiran bila terbukti tidak tepat), kemauan membangun kesetaraan antara pihak-pihak yang berkonflik, memunculkan kesadaran akan kekhasan karakter masing-masing pihak, serta perlunya bersikap hangat dan bersahabat saat berkomunikasi.

Demikian penjelasan mengenai enam fungsi sosiologi komunikasi bagi kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan mengenai adanya cabang ilmu sosiologi yang erat kaitannya dengan aktivitas komunikasi manusia di lingkungan masyarakat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 21st, August 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Sosiologi