Sponsors Link

8 Tujuan dan Fungsi Proyeksi Penduduk Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Proyeksi penduduk adalah salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan perhitungan jumlah penduduk yang didasarkan pada komposisi umur dan jenis kelamin. Cara ini juga sering disebut sebagai perhitungan untuk meramalkan jumlah penduduk di masa depan dan proyeksi ini akan berguna untuk perencanaan berbagai hal di masa yang akan datang. Proyeksi ini dilakukan dengan cara perhitungan yang didasarkan data ilmiah dan ada beberapa komponen yang diperhatikan dalam proyeksi penduduk seperti komponen kelahiran, perpindahan dan kematian penduduk. Ketiga komponen itu memiliki peranan yang sangat penting untuk memperoleh data proyeksi penduduk. Proyeksi penduduk memiliki beberapa fungsi penting bagi perencanaan suatu negara dan dengan data yang dihasilkan proyeksi akan memudahkan suatu perencanaan dilakukan. Proyeksi penduduk dilakukan dengan tujuan dan fungsi yang sangat jelas.

ads

Tujuan Proyeksi Penduduk

1. Mengetahui Keadaan Penduduk

Salah satu tujuan dari adanya proyeksi penduduk adalah untuk mengetahui keadaan penduduk di masa sekarang dan kondisi ini akan memudahkan pemerintah dalam menentukan kebijakan kependudukan, serta pemerintah dapat memperoleh sebuah perbandingan tingkat pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat.

2. Mengetahui Dinamika Penduduk

Ada banyak contoh dinamika penduduk yang sangat penting dan dinamika ini bisa dijadikan referensi untuk menyediakan berbagai sarana serta prasarana di waktu mendatang. Dinamika penduduk sangatlah penting dimiliki pemerintah, karena data ini akan bisa digunakan untuk membantu memprediksi berbagai hal yang harus dijalankan di masa depan.

3. Mengetahui Pengaruh Suatu Kejadian

Proyeksi penduduk juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengaruh suatu kejadian yang terjadi pada masa lalu dan hal ini seringkali membuat adanya kepadatan pada suatu wilayah, salah satu dampak kepadatan penduduk adalah adanya dinamika yang berubah. Suatu kejadian di masa lampau pastinya akan memiliki pengaruh terhadap masa depan.

Fungsi Proyeksi Penduduk

1. Bidang Pangan

Pemerintah bisa merencanakan bahan pangan untuk keperluan masyarakat yang dikategorikan menurut kelompok umur dan salah satu masalah kependudukan di asia tenggara adanya perkembangan penduduk yang cepat, namun perencanaan pangan yang kurang baik.

2. Bidang Kesehatan

Dengan data proyeksi penduduk pemerintah dapat merencanakan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan seperti jumlah tenaga medis dan jumlah obat. Kepadatan penduduk seringkali membuat penangganan medis kewalahan dan penyebab terjadinya kepadatan penduduk adalah adanya angka kelahiran anak yang sangat besar.

3. Bidang Tenaga Kerja

Pemerintah bisa merencanakan jumlah lapangan kerja dan angkatan kerja di masa yang akan datang. Persebaran penduduk yang kurang merata juga menjadi kendala dan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran penduduk bisa diketahui dengan baik. Dengan perencanaan yang baik jumlah lapangan kerja dan tenaga kerjanya akan terkontrol dengan baik.

4. Bidang Pendidikan

Dengan adanya proyeksi penduduk, maka pemerintah akan mudah terbantu dalam menentukan jumlah sekolah yang harus disiapkan dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pendidikan. Jumlah murid akan semakin berkembang dan banyak faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk di usia sekolah seperti angka kelahiran yang tinggi.

5. Bidang Produksi Barang

Data proyeksi penduduk juga dapat berfungsi untuk menentukan jumlah proyeksi angkatan kerja dan estimasi jumlah produksi barang yang akan dilakukan. Bidang ini seringkali menimbulkan masalah sosial dan salah satu dampak masalah sosial yang sering terjadi adalah kurang stabilnya antara jumlah barang dengan jumlah permintaan.

Sekian ulasan mengenai Tujuan dan Fungsi Proyeksi Penduduk dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 19th, March 2019 / 09:22 Oleh :
Kategori : Pendidikan