Sponsors Link

24 Fungsi dan Tujuan Pranata Pendidikan bagi Masyarakat

Sponsors Link

Seperti yang telah banyak dibahas, pranata sosial yang hadir didalam kehidupan masyarakat sangatlah beragam, salah satunya adalah pranata pendidikan. Pranata sosial sendiri merupakan suatu sistem norma yang dijadikan sebagai suatu dasar dalam mengatur pola tingkah laku atau tindakan yang dilakukan oleh setiap manusia dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya, terutama kebutuhan-kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

ads

Salah satu tujuan dan fungsi pranata sosial sendiri adalah untuk menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dalam menjalankan hubungan serta proses interaksi sosial sebagai salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Lalu bagaimana dengan pranata pendidikan? Apa fungsi dan tujuan pranata pendidikan secara spesifik sebagai salah satu bagian dari macam-macam pranata sosial? simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui fungsi dan tujuan pranata pendidikan bagi kehidupan masyarakat.

Pengertian Pranata Pendidikan

Kata pendidikan merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu educare, dimana memiliki arti keluar. Pendidikan merupakan suatu proses mendidik dan membimbing manusia dari tidak tahu menjadi tahu berdasar pada kecerdasan pengetahuan. Pendidikan dapat terjadi karena adanya suatu proses interaksi yang terjadi antar manusia di berbagai faktor, dimana kemudian dapat menyadarkan diri dan lingkungan yang menghasilkan suatu rasa kepercayaan. Pendidikan menjadi bagian dari pranata sosial yang sangat penting kehadiran, karena tanpa adanya pendidikan maka manusia dapat selama nya hidup tanpa menguasai ilmu pengetahuan. Kondisi tersebut dapat berbahaya dalam kelangsungan hidup masyarakat.

Pendidikan sebagai suatu pranata pendidikan merupakan suatu organisasi sosial yang memiliki prosedur sosialisasi dan enkulturasi, yang mana salah satu peran pranata pendidikan adalah untuk mengantar manusia atau individu ke dalam suatu kehidupan bermasyarakat dan berbudaya. Selain itu pranata pendidikan juga mengandung unsur eksistensi dan safeguard masyarakat serta kebudayaan yang berlaku di dalam lingkungan masyarakat tertentu. Proses sosialisasi yang dilakukan juga menyangkut adanya nilai dan norma yang perlu dipatuhi dan dilaksanakan oleh setiap individu, dimana peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi juga tidak boleh ditinggalkan.

Sosialisasi dan enkulturasi diselenggarakan melalui sebuah organisasi pendidikan oleh masyarakat umum. Oleh sebab itulah, walaupun anggota masyarakat terus berganti karena adanya perubahan oleh faktor kelahiran, kematian, dan pendidikan, tetapi lingkungan masyarakat tersebut tetap hidup dari orang-orang yang mampu menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan perubahan sosial yang ada dalam bertahan hidup.

Suatu pranata pendidikan juga mempunyai pedoman dan disiplin alam yang menjadi salah satu ciri pranata pendidikan dalam mengarahkan individu melalui pengajaran atau ilmu pengetahuan agar dapat bersosialisasi atau menjalin hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat. Pranata pendidikan juga mampu mengarahkan individu untuk melihat mana yang baik dan buruk, serta mana yang dapat dipercaya dan harus dijalankan dalam kehidupannya sebagai seorang makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Kondisi tersebut juga didorong dari kemampuan pranata sosial yang dapat mengubah sikap dan tata laku individu, serta berpengaruh pula sebagai salah satu faktor pembentukan kepribadian individu. Oleh sebab itu, pranata pendidikan diharapkan dapat membantu membangun sikap dan mental hidup yang benar, terutama di jaman yang semakin maju dan di masa yang akan datang.

Dari pengertian diatas juga dapat ditarik suatu tujuan dari pranata pendidikan, salah satunya adalah untuk memberikan pendidikan atau ilmu pengetahuan terhadap seluruh individu di dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu apa saja fungsi dan tujuan pranata pendidikan yang lainnya? Berikut penjelasannya.

Fungsi dan Tujuan Pranata Pendidikan

Sponsors Link

Sebagai suatu bagian dari pranata sosial, dimana salah satu tujuan dan fungsi pranata sosial adalah menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, pranata pendidikan juga memiliki fungsi dan tujuannya sendiri. beberapa diantaranya seperti:

Tujuan Pranata Pendidikan

  1. Memberikan Ilmu Pengetahuan

Kehadiran pranata pendidikan di dalam masyarakat bertujuan paling utama adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan terhadap seluruh individu di dalamnya, sehingga setiap individu dapat membedakan mana yang baik dan buruk dalam upaya bertahan hidup. Selain itu, dengan ilmu pengetahuan setiap individu juga dapat mengembangkan kehidupannya menjadi lebih baik dari kehidupan sebelumnya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok hidupnya.

  1. Memberikan Pendidikan Sikap

Selain memberikan pendidikan berupa ilmu pengetahuan, tetapi pranata pendidikan juga bertujuan untuk memberikan pendidikan sikap. Pendidikan sikap perlu adanya untuk mengarahkan dan menuntun individu untuk melakukan atau bersikap dan bertindak sesuai dengan apa yang seharusnya serta apa yang diharapkan dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu, hubungan dan proses interaksi sosial dapat berlangsung dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam contoh masalah sosial dalam masyarakat.

  1. Melatih Keterampilan Individu
ads

Dalam upaya bertahan hidup di dalam kehidupan masyarakat yang penuh dengan berbagai perubahan sosial, setiap individu harus memiliki keterampilan yang memadai. Oleh sebab itu, pranata pendidikan hadir dengan tujuan untuk melatih keterampilan individu, sehingga dapat membantu merubah individu yang tidak bisa menjadi bisa. Dengan melatih keterampilan individu, dapat pula mendorong kemandirian-kemandirian individu, seperti dalam mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Mendorong Tumbuhnya Lembaga Pendidikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pranata sosial dilakukan melalui lembaga-lembaga pendidikan oleh masyarakat umum, maka tujuan pranata pendidikan adalah untuk mendorong tumbuhnya lembaga pendidikan. Tidak hanya lembaga pendidikan saja yang terbentuk, tetapi termasuk juga aparat-aparat didalamnya. Hal ini juga agar pranata pendidikan dapat berjalan dengan baik di dalam kehidupan masyarakat, dan ilmu pengetahuan dapat tersalurkan sebagaimana mestinya.

  1. Mendidik dan Membina Warga Masyarakat

Dari beberapa tujuan diatas, maka dapat dilihat pula bahwa tujuan pranata pendidikan yang juga penting adalah untuk mendidik dan membina setiap warga masyarakat di berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah dalam bidang ilmu pendidikan. Tanpa adanya suatu pranata pendidikan maka ilmu pengetahuan yang begitu beragam akan sulit untuk dikuasai atau dipahami oleh setiap individu sebagai warga masyarakat umum. Tanpa adanya suatu didikan pula, maka akan sulit suatu hubungan sosial atau proses interaksi sosial berlangsung dengan sebagaimana mestinya, dimana menjalin suatu hubungan dan interaksi sosial merupakan salah satu contoh tindakan sebagai makhluk sosial.

Itulah beberapa tujuan utama pranata pendidikan, dimana untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut suatu pranata pendidikan harus menjalankan fungsinya. Apa saja fungsi pranata pendidikan di dalam kehidupan masyarakat, berikut beberapa diantaranya:

Fungsi Pranata Pendidikan

Secara umum fungsi pranata pendidikan untuk mencapai tujuan-tujuannya adalah:

  1. Sarana Pewarisan Kebudayaan

Fungsi yang pertama adalah untuk menjadi suatu sarana pemindahan atau pewarisan kebudayaa, artinya kebudayaan lama atau kebudayaan yang baru dan berlaku akan terus disampaikan melalui suatu pranata pendidikan kepada warga masyarakat. Oleh sebab itulah kebudayaan yang dimiliki suatu masyarakat akan terus ada dan berkembang.

  1. Mempersiapkan Peran dan Status Sosial

Melalui pranata pendidikan, setiap individu diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan peran dan status sosial masing-masing yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

  1. Mengembangkan Potensi Diri

Pranata pendidikan juga berfungsi untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada didalam diri setiap individu, bahkan juga dapat membantu menemukan potensi didalam diri yang tidak diketahui sebelumnya. Dengan demikian, setiap individu dapat mengembangkan potensi mereka masing-masing melalui kemampuan yang diperoleh melalui suatu pendidikan.

  1. Memberikan Landasan Ideologi

Pranata pendidikan juga berfungsi untuk memberikan landasan penilaian terhadap ideologi yang ada dan berkembang dalam masyarakat. Dimana semakin tinggi individu mendapat pendidikan dan wawasan maka semakin kuat pula pemahaman ideologi yang menjadi landasan hidupnya. Kondisi tersebut menandakan pula adanya suatu pemahaman mengenai cita-cita dan norma yang lebih dalam.

  1. Menumbuhkan Sikap Demokratis

Dalam jaman yang semakin maju, sikap demokratis sangat penting dikembangkan. Hal ini juga mendorong individu dalam berekspresi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Sikap saling menghormati hak-hak individu juga dapat dikembangkan melalui adanya pranata pendidikan didalam kehidupan masyarakat.

  1. Membentuk Karakter dan Pola Pikir Individu
Sponsors Link

Fungsi pranata pendidikan selanjutnya adalah untuk membentuk karakter dan pola pikir yang logis serta sistematis oleh setiap individu di dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Pranata sosial juga berfungsi mengarahkan atau berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian individu yang disesuaikan dengan lingkungan hidupnya.

Selain fungsi pranata pendidikan secara umum diatas, beberapa ahli juga memberikan pendapat mereka mengenai apa saja fungsi pranata pendidikan. Beberapa diantaranya adalah:

Menurut Bruce J. Cohen, fungsi pranata pendidikan adalah:

  • Mempersiapkan peran-peran pekerjaan bagi setiap individu.
  • Sebagai perantara adanya perpindahan atau pewarisan kebudayaan masyarakat.
  • Memperkenalkan peran individu sesuai dengan status sosial masing-masing dalam masyarakat.
  • Mempersiapkan individu dalam berbagai peranan sosial yang harus dilakukan.
  • Menjadi suatu landasan dalam penilaian dan pemahaman ilmu pengetahuan.
  • Membantu penyesuaian serta memperkuat dan mengembangkan berlangsungnya suatu hubungan sosial.

Menurut Bogardus, pranata pendidikan berfungsi untuk:

  • Memberantas kebodohan masyarakat.
  • Menghilangkan adanya konflik sosial, seperti diskriminasi karena adanya banyak perbedaan dalam masyarakat meliputi kebudayaan dan kepentingan masing-masing, dan lain sebagainya.

Menurut David Popenoe, fungsi pranata pendidikan antara lain:

  • Sebagai suatu transisi kebudayaan masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat.
  • Menjamin adanya suatu integrasi dan inovasi sosial di dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Horton dan Hunt, pranata pendidikan berfungsi untuk:

  • Mempersiapkan seluruh anggota masyarakat dalam mencari nafkah untuk hidup.
  • Mengembangkan bakat individu untuk memenuhi kepentingan masyarakat maupun kepuasan pribadi.
  • Melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan tujuan pranta pendidikan sebagai salah satu macam dari pranata sosial yang penting kehadirannya didalam berlangsungnya kehidupan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 21st, May 2018 / 04:11 Oleh :
Kategori : Sosiologi