Sponsors Link

Ini Dia 7 Tujuan Dan Fungsi Kearifan Lokal Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kearifan lokal adalah suatu pandangan tentang kehidupan dan berbagai pengetahuan dasar mengenai berbagai hal untuk menjalankan aktivitas sosial masyarakat. Kearifan lokal terbentuk dengan berbagai tujuan yang penting dan memiliki fungsi penting dalam mengatur stabilitas kehidupan masyarakat lokal. Berikut ini adalah tujuan dan fungsi kearifan lokal:

ads

Tujuan Kearifan Sosial

1. Melindungi Budaya Lokal

Salah satu tujuan adanya kearifan lokal yang terbentuk di masyarakat adalah untuk melindungi budaya lokal dari serangan budaya asing dan dengan lestarinya budaya lokal, maka tujuan pembangunan sosial budaya akan dapat tercapai dengan baik. Budaya asing yang masuk ke Indonesia memang sangat merubah berbagai hal di masyarakat dan budaya lokal semakin terhimpit dengan berbagai eksodus budaya asing yang cepat.

2. Mempertahankan Lingkungan

Tujuan penting dari adanya kearifan lokal yang terbentuk adalah adanya pedoman masyarakat untuk mempertahankan lingkungan dan pedoman masyarakat ini akan memberikan dampak pembangunan terhadap lingkungan. Masyarakat akan paham mengenai berbagai hal yang harus dilakukan untuk membuat lingkungan tetap terjaga dengan baik dan hal ini akan menimbulkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Fungsi Kearifan Lokal

1. Melestarikan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam memiliki peranan penting untuk menjaga stabilitas kehidupan masyarakat dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan akan berdampak pada terjaganya kearifan lokal. Dengan adanya kearifan lokal di masyarakat akan membuat unsur-unsur budaya menjadi lebih terjaga dan sumber daya alam di masyarakat akan terus lestari.

2. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Salah satu fungsi kearifan lokal adalah untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia dan dengan perkembangan yang baik akan menimbulkan stabilitas lingkungan. Banyak sekali bentuk-bentuk konflik sosial yang sering terjadi di masyarakat dan sumber daya manusia yang berkembang juga akan memberikan efek positif bagi kemajuan negara Indonesia.

3. Pengembangan Kebudayaan

Kearifan sosial juga menjadi pengembang kebudayaan yang ada di masyarakat dan kebudayaan masyarakat lokal harus tetap lestari, walaupun serangan budaya asing sangatlah besar. Pengembangan kebudayaan akan berjalan dengan berbagai bentuk hubungan sosial yang positif di masyarakat dan kebudayaan akan tetap lestari bila ada pengembangan yang kebudayaan yang dilakukan secara konsisten.

4. Aturan Dasar

Kearifan sosial sangat penting sebagai aturan dasar untuk menjaga berbagai hal yang ada di lingkungan dan proses interaksi sosial akan bisa dikendalikan dengan berbagai aturan yang jelas. Aturan dasar kedaerahan juga bisa menjadi pedoman hidup berbagai kelompok masyarakat dan kearifan lokal akan terjaga dengan baik, jika adanya kestabilan kehidupan pada sebuah lingkungan.

5. Etika Dan Moral

Dengan kearifan lokal yang terus terjaga dengan baik, akan membuat etika dan moral masyarakat terbentuk dengan natural tanpa adanya paksaan. Dengan etika yang baik masyarakat akan hidup berdampingan tanpa banyak konflik dan dengan moral yang baik akan membuat stabilitas lingkungan terjaga. Hal ini menjadi salah satu contoh pembangunan sosial budaya yang harus tetap dilestarikan di Indonesia.

Sekian pembahasan mengenai tujuan dan fungsi kearifan lokal dan semoga artikelnya memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 03:29 Oleh :
Kategori : Sosiologi