Sponsors Link

6 Fungsi Dan Tujuan Institusi Sosial Dalam Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Pendidikan memang salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya pendidikan, anak-anak akan menjadi lebih mengetahui banyak hal yang sebelumnya mereka tidak tahu dan akan menjadi semakin tahu berbagai pengetahuan baru. Dengan adanya pendidikan di lingkungan kehidupan bermasyarakat, akan mempermudahkan orang tua dalam menberikan hak kepada setiap anak-anak untuk merasakan atau mencari pengetahuan dan ilmu. Pendidikan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Umumnya pendidikan dilakukan dengan melalui sekolah. Banyak jenjang yang ditawarkan untuk bisa mengikuti pendidikan.

ads

Proses pendidikan juga bisa diatur dalam peran pranata pendidikan. fungsi pranata pendidikan bisa diketahui dengan adanya ciri-ciri pranata pendidikan yang ada. Dengan adanya hal tersebut, akan memudahkan untuk mengetahui bagaimana contoh-contoh pranata pendidikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Dengan adanya fungsi pranata pendidikan akan ada banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan tambahan selain melalui pendidikan formal disekolah. Dengan berbagai cara yang bisa ditempuh, memungkinkan seseorang untuk mendapatkan segala pengetahuan yang bisa mereka dapatkan. Hal tersebut merupakan contoh tindakan sebagai makhluk sosial yang wajar untuk dilakukan setiap masyarakat.

Dalam pendidikan akan ada sebuah institusi yang mengatur jalannya pendidikan tersebut. Sama halnya dengan kehidupan sosial. Dalam kehidupan sosial, tentu ada institusi sosial yang mengatur jalannya kehidupan sosial di lingkungan masyarakat. Insitusi sosial merupakan suatu organisasi atau lembaga sosial yang bertugas untuk menjalankan berbagai norma, aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya insitusi sosial akan memudahkan masing-masing individu untuk melakukan hal yang sesuai dengan norma yang berlaku.

Fungsi dan tujuan institusi sosial sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Karena hal tersebut merupakan salah satu pengetahuan mengapa institusi sosial penting dan semua masyarakat harus wajib untuk berpartisipasi. Berikut adalah fungsi dan tujuan institusi sosial dalam kehidupan masyarakat.

Fungsi Institusi Sosial:

  1. Mengadakan sosialisasi terkait isu sosial di masyarakat

Dengan adanya institusi sosial yang berada dilingkungan masyarakat akan memudahkan masyarakat mendapatkan sosialisasi terkait isu-isu sosial yang sedang terjadi. Pentingnya mengetahui isu-isu sosial menjadi hal yang harus diinformasikan karena dengan menyebarkan hal tersebut, pengetahuan masyarakat akan bertambah dan bisa menyaring isu-isu sosial yang terjadi.

Dengan adanya berbagai sosialisasi, masyarakat akan lebih aware dalam contoh masalah sosial dalam masyarakat yang terjadi disekitarnya. Dengan adanya hal tersebut, fungsi institusi sosial menjadi sangat penting untuk wadah bagi masyarakat mendapatkan ilmu baru dengan melalui sosialisasi.

  1. Menyampaikan informasi penting ke masyarakat

Institusi sosial menjadi salah satu platform penting untuk media menyebarkan informasi penting ke masyarakat mengenai apapun dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya fasilitas tersebut, masyarakat akan semakin terbuka terhadap informasi yang disampaikan.

Hal ini akan menjadi kebiasaan positif karena masyarakat akan selalu mendapatkan berbagai informasi penting dari institusi sosial. Hal ini menjadikan institusi sosial merupakan sarana yang sangat penting untuk wadah masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi yang penting.

  1. Mengontrol perilaku masyarakat
Sponsors Link

Dengan adanya institusi sosial, perilaku masyarakat bisa dikontrol dengan baik karena sudah terstruktur dengan baik. Adanya institusi sosial menjadikan masyarakat bisa melakukan perilaku sesuai dengan aturan yang berlaku. Fungsi penting yang harus dilakukan oleh institusi sosial merupakan kontrol perilaku masyarakat. Memang bukan hal mudah untuk dilakukan, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, perilaku masyarakat akan semakin mudah diatur dan hingga akhirnya sesuai dengan segala aturan yang berlaku.

Tujuan Institusi Sosial:

  1. Memberikan sebuah pedoman perilaku dalam kehidupan bermasyarakat

Institusi sosial merupakan lembaga sosial yang memiliki tujuan penting untuk memberikan arahan kepada masyarakat. Dengan adanya hal tersebut, pedoman perilaku akan didapatkan oleh masyarakat dengan mudah dan jelas. Penjelasan mengenai pedoman perilaku yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat akan menjadi suatu hal yang sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan sosial. Dengan adanya hal tersebut, institusi sosial memiliki tujuan untuk memberikan sebuah pedoman perilaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk menjadikan kehidupan masyarakat lebih tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sponsors Link

  1. Kebutuhan sosial masyarakat terpenuhi

Dengan adanya institusi sosial, tujuan utamanya adalah memenuhi kebutuhan sosial masyarakat. Kehidupan bermasyarakat tidak akan pernah lepas dari kebutuhan. Hampir seluruh masyarakat akan memiliki kebutuhan sosial yang relatif sama.

Dengan adanya hal tersebut, institusi sosial sangat berpengaruh dalam menjalankan tugasnya. Institusi sosial memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat. Sehingga dengan adanya institusi sosial, kebutuhan sosial masyarakat bisa dipenuhi dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Memberikan arahan mengenai pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat

Dengan adanya kehidupan sosial, masyarakat akan membutuhkan suatu cara untuk mengendalikan tingkah laku seseorang. Dengan adanya institusi sosial, tujuan penting yang harus dicapai adalah mampu memberikan arahan mengenai pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan terkendalinya perilaku masyarakat, penyebab terjadinya konflik bisa diminimalkan.

Dengan adanya fungsi dan tujuan institusi sosial, pengetahuan masyarakat akan bertambah dan mengetahui bagaimana fungsi dan tujuan institusi sosial dalam lingkungan bermasyarakat. Sehingga dengan adanya hal tersebut, segala perilaku masyarakat bisa sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak menimbulkan berbagai kerusuhan dimasyarakat. Dengan adanya hal tersebut bisa mengurangi penyebab konflik dalam kehidupan masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 28th, May 2018 / 04:51 Oleh :
Kategori : Sosiologi