Sponsors Link

5 Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Sosial Di Masyarakat

Sponsors Link

Kebijakan sosial pasti ada di dalam masyarakat, baik itu lingkungan masyarakat berskala luas maupun yang berskala sempit. Adanya kebijakan sosial ini adalah agar setiap masyarakat hidup di dalam sebuah peraturan sehingga keamanan daerah hingga nasional bisa terjaga. Sebab kekuatan persatuan adalah kekuatan sebuah bangsa dan harus di jaga agar tidak ada perpecahan.

ads

Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Sosial

Tidak hanya masyarakat saja yang harus menaati peraturan yang ada di dalam kebijakan sosial, namun para pemimpin baik itu pemimpin Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah juga harus mematuhi apa saja yang ada di dalam kebijakan sosial ini. Apalagi manfaat mempelajari kebijakan sosial haruslah di lakukan setiap masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial adalah sebagai berikut ini.

1.Faktor tekanan dari luar

Pembuatan kebijakan sosial yang akan di jadikan sebagai hukum di dalam kehidupan sosial bermasyarakat tidak bisa sembarangan. Sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan sangat penting sekali sehingga tidak bisa di abaikan begitu saja. Inilah contoh perilaku konsumerisme yang harus Anda ketahui.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial adalah tekanan dari luar. Tekanan dari luar ini bisa berasal dari siapa saja dan sifatnya selalu ada. Sehingga setiap kebijakan sosial yang sudah di buat tentu sudah mempertimbangkan faktor dari luar ini. Kemudian jadilah sebuah kebijakan sosial yang adil dan tidak memihak.

2. Faktor kebiasaan yang sudah ada

Sepertinya sudah menjadi sifat dasar manusia untuk selalu meniru atau mengikuti apa saja yang sudah ada sejak dahulu. Contohnya saja jika dahulu orang bercocok tanam untuk mendapatkan padi, hal ini sama hingga sekarang dan tidak ada inovasi yang muncul untuk mempermudah kegiatan bercocok tanam ini. Perbedaan konsumerisme dan hedonisme yang ada di masyarakat.

Karena kebiasaan ini lah kemudian menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial. Dimana pembuatan kebijakan sosial akan cenderung memihak kebiasaan yang sudah terjadi bertahun-tahun meskipun hal itu salah di bandingkan dengan menentangnya. Pelajari faktor penyebab perilaku konsumerisme ini.

3. Faktor sifat pribadi

Faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial paling besar adalah sifat pribadi yang di miliki oleh setiap orang. Mengapa di sebut sebagai faktor terbesar? Sebab setiap orang memiliki sifat yang berbeda dan dari sifat ini lah di bentuk sebuah kebijakan sosial agar tercipta peraturan yang adil. Ternyata penyebab hedonisme ada dari internal.

4. Faktor lingkungan masyarakat

Setiap orang pasti hidup di dalam sebuah kelompok masyarakat sebab manusia memang makhluk sosial sehingga tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Kebijakan sosial sendiri juga di pengaruhi dari lingkungan dimana kebijakan sosial itu di buat. Inilah perbedaan valuta asing dan devisa yang harus Anda ketahui.

5. Faktor adat istiadat

Sebuah kebijakan sosial memang selalu di pengaruhi oleh adat istiadat yang ada sejak jaman dahulu. Sehingga masyarakat tetap hidup dengan menjunjung tinggi norma yang ada meskipun peradaban zaman semakin modern dan juga canggih. Upaya manusia memenuhi kebutuhan ternyata sangat beraneka ragam.

Nah itu tadi beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial di dalam masyarakat.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 08th, January 2019 / 02:15 Oleh :
Kategori : Ekonomi