Sponsors Link

Ini Dia 10 Faktor Pendorong Interaksi Sosial Di Masyarakat

Sponsors Link

Interaksi sosial adalah bentuk hubungan yang terjadi antar individu atau kelompok dan dalam proses interaksi sosial terjadi hubungan timbal balik. Interaksi sosial yang baik harus berjalan sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang pasti membutuhkan peran dari manusia lainnya dan fungsi manusia sebagai makhluk sosial adalah untuk dapat melakukan hubungan sosial yang sesuai dengan aturan. Semua proses terjadinya interaksi sosial biasanya berlangsung secara natural dan proses sosialisasi terjadi dengan cara yang berbeda-beda, karena masing-masing individu pasti memiliki cara sosialisasi yang bervariasi.

ads

Faktor Pendorong Interaksi Sosial

1. Keinginan Bersosialisasi

Semua manusia pada dasarnya memiliki hasrat atau keinginan untuk bersosialisasi dan proses interaksi sosial yang dilakukan manusia, pasti menggunakan cara-cara yang berbeda. Dengan bersosialisasi, akan banyak manfaat yang didapatkan dan keinginan untuk sosialisasi biasanya muncul dari dalam hati atau natural. Interaksi sosial juga akan menimbulkan berbagai macam konflik sosial dan hal ini terjadi akibat proses sosialisasi yang berjalan tidak baik, akan ada banyak masalah yang timbul dari kesalahan saat melakukan sosialisasi.

2. Kebutuhan

Manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan variasi kebutuhan ini akan menimbulkan sebuah proses interaksi sosial yang natural. Contohnya saat seseorang membutuhkan makanan, maka sesuai kebutuhannya akan melakukan interaksi dengan pemilik warung saat membeli makanan dan proses ini menghasilkan interaksi antara penjual dengan pedagang. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebutuhan bisa menjadi salah satu faktor pendorong seseorang untuk melakukan interaksi sosial.

3. Belajar

Pendidikan adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki manusia, karena dengan pendidikan berbagai hal bisa berubah dan hanya pendidikanlah yang bisa tertanam abadi di otak manusia. Salah satu pendorong manusia melakukan interaksi sosial adalah sebagai proses belajar, karena berbagai hal harus dipelajari dengan baik dan dengan melakukan proses belajar, manusia akan mengetahui berbagai bentuk penyimpangan sosial yang bisa saja terjadi. Proses belajar memang harus dilakukan pada berbagai aspek kehidupan dan salah satunya aspek pendidikan.

4. Menyukai

Proses Interaksi soal juga dapat terjadi akibat adanya rasa suka yang timbul dari dalam hati dan rasa suka memiliki arti yang bermacam-macam, bisa suka kepada orang tua, suka kepada teman, suka kepada sang pencipta dan bentuk suka yang lainnya. Banyak sekali manfaat hubungan sosial bagi masyarakat dan suatu interaksi biasanya menimbulkan sebuah komunikasi. Salah satu contohnya adalah seorang pria yang menyukai wanita pujaannya, hal ini akan menimbulkan proses interaksi yang natural dan proses ini menjadi salah satu faktor pendorong interaksi sosial.

5. Ajakan

Ajakan dari teman adalah salah satu faktor pendorong adanya interaksi dan contoh hubungan sosial seperti ini biasanya berlangsung antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok. Interaksi sosial adalah sebuah hal yang sangat penting dilakukan, karena dengan interaksi jalan untuk saling membantu sangat terbuka dan pada dasarnya manusia pasti saling membutuhkan dalam banyak hal. Contoh interaksi yang terjadi akibat adanya ajakan adalah diajak teman untuk ikut nongkrong di sebuah tempat.

6. Silaturahmi

Silaturahmi adalah salah satu faktor pendorong adanya interaksi sosial dan silaturahmi menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan, karena dengan silaturahmi tali persaudaraan menjadi tidak terputus. Setiap hubungan pasti memiliki sifat-sifat hubungan sosial yang bervariasi dan silaturahmi biasanya berlangsung antara individu dengan temannya atau individu dengan anggota temannya. Contoh silaturahmi terjadi pada saat musim lebaran, karena setiap individu pulang kampung dan bertemu dengan anggota keluarganya.

Sponsors Link

7. Saling Membutuhkan

Pada dasarnya setiap individu memiliki unsur-unsur hubungan sosial yang berbeda-beda, namun pasti memiliki sifat saling membutuhkan dan dengan naluri saling membutuhkan, akan melahirkan interaksi sosial. Manusia pasti membutuhkan manusia lain dalam menjalankan pola kehidupan sehari-harinya dan interaksi sosial yang terjadi bisa natural ataupun tidak. Contoh interaksi ini adalah kegiatan sekolah, karena murid dan guru melakukan interaksi, karena adanya sifat saling membutuhkan.

8. Kagum

Rasa kagum terhadap seseorang, akan membuat adanya interaksi sosial yang terjadi dan contohnya terjadi dari para fans artis yang memiliki kekaguman tinggi terhadap artisnya, kemudian rela jauh-jauh datang ke ibukota untuk bertemu dengan sang idola. Hal ini akan menimbulkan interaksi antara artis dan fans setianya.

9. Rasa Iba

Rasa iba juga akan mendorong terjadinya interaksi yang dilakukan seseorang, karena manusia yang memiliki rasa iba pasti memiliki sikap sosial yang tinggi dan contoh dari interaksi ini adalah memberikan sedikit uang pada seorang pengemis yang ditemukan di pinggir jalan, hal ini akan menimbulkan interaksi antara seorang individu dengan pengemis.

10. Terpaksa

Interaksi sosial juga dapat terjadi akibat adanya keterpaksaan dan dengan terpaksa seseorang akan rela melakukan sebuah hubungan dengan orang lain. Contohnya adanya perjodohan di jaman dulu, kegiatan perjodohan anak akan menimbulkan interaksi sosial dan interaksi sosial akan terjadi dengan keterpaksaan, karena adanya dorongan orang tua. Contoh interaksi seperti ini memang jarang terjadi di Indonesia dan sulit untuk ditemukan.

Demikian ulasan lengkap mengenai faktor pendorong interaksi sosial dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 11th, May 2019 / 06:10 Oleh :
Kategori : Sosiologi