Sponsors Link

Inilah 4 Faktor Non Alami Ketimpangan Sosial Lengkap

Sponsors Link

Ketimpangan sosial adalah sebuah permasalahan yang terjadi di Indonesia dan menjadi masalah yang perlu penanganan serius dari aparat pemerintahan. Perbedaan kesempatan kerja dan jumlah pendapatan menjadi salah satu hal yang membuat bedanya jumlah pendapatan antara masyarakat. Berbagai aspek akan sangat terlihat memiliki banyak perbedaan dan aspek yang paling seringkali berbeda adalah aspek keadilan antara masyarakat kaya dengan masyarakat miskin. Ada banyak faktor yang menimbulkan terjadinya ketimpangan sosial dan faktor ketimpangan sosial bisa terjadi secara alami ataupun non alamiah. Berikut ini adalah beberapa faktor non alami ketimpangan sosial:

ads

1. Pengaruh Globalisasi

Globalisasi adalah suatu kondisi dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah pesat. Ada banyak unsur yang akan terkena dampak akibat adanya globalisasi seperti hubungan masyarakat. Banyak bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terjadi akibat adanya hubungan masyarakat akibat pengaruh globalisasi, namun pengaruh globalisasi bisa menimbulkan dampak positif ataupun negatif.

Telah ada beberapa upaya mengatasi ketimpangan sosial yang dilakukan pemerintah dan hal ini akan berjalan dengan baik, apabila masyarakat bisa bekerja sama dengan pihak pemerintah. Globalisasi memang mendorong banyak sekali investor asing yang datang ke Indonesia, namun disisi lain daya saing usaha masyarakat pribumi menjadi sangat terancam dan ketimpangan ini akan terlihat di daerah-daerah, tak hanya itu banyak pula masyarakat yang lebih memilih melakukan urbanisasi ke kota untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

2. Kebijakan Pemerintah

Salah satu faktor ketimpangan sosial juga dapat terjadi akibat adanya kebijakan dari pemerintah dan salah satu contoh ketimpangan sosial yang terjadi akibat kebijakan pemerintah adalah transmigrasi. Kebijakan transmigrasi menjadikan peningkatan tingkat perekonomian transmigran, namun hal ini sangat merugikan masyarakat lokal yang semakin terhimpit dan kesempatan kerja yang dimiliki masyarakat lokal menjadi lebih sedikit. Faktor persaingan menjadi sebuah hal yang sangat merugikan masyarakat lokal, karena seringkali transmigran lebih pintar dalam bersaing dan masyarakat lokal seringkali tidak siap melakukan persaingan dengan baik.

3. Faktor Internal Individu

Keadaan seseorang atau faktor internal seorang individu sangatlah berbeda-beda dan hal ini terjadi akibat adanya persebaran informasi yang tidak merata. Masyarakat akan merasakan dampak kesenjangan sosial secara nyata dan hal ini harus dapat dicegah secepat mungkin akan ketimpangan tak terus menyebar. Ketimpangan sosial seringkali menjadi penyebab terjadinya konflik dan faktor internal individu menjadi sebuah hal penting. Pada sebuah lingkungan yang terlalu banyak memiliki masyarakat berkepribadian negatif akan menjadikan lingkungan tersebut tidak seimbang dan dampak besarnya akan terjadi ketimpangan sosial.

4. Kondisi Demografis

Salah satu contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat terjadi akibat kondisi demografi yang berbeda dan keadaan suatu wilayah pasti akan bervariasi. Wilayah perkotaan akan cenderung memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik, karena kota sering dijadikan pusat pendidikan dan secara perekonomian juga, masyarakat kota diatas masyarakat yang ada di daerah. Hal ini menjadi pemicu terjadinya urbanisasi yang menimbulkan adanya kepadatan penduduk di kota dan persebaran penduduk menjadi tidak merata.

Demikian ulasan lengkap mengenai faktor non alami ketimpangan sosial dan semoga artikelnya dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 01:50 Oleh :
Kategori : Pendidikan