Sponsors Link

11 Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial dalam Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Kehidupan bermasyarakat memang sering kali mengalami masalah, baik itu yang berasal dari satu individu dengan individu lain atau dari satu kelompok dengan kelompok lain. Masalah inilah yang disebut dengan Bentuk-Bentuk Konflik Sosial. Konflik sosial bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya terjadi akibat dampak kesenjangan sosial dalam masyarakat. Tentunya konflik sosial harus segera diatasi dengan baik agar tidak berakhir dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bagaimana pun juga dampak konflik sosial akan berpengaruh terhadap masyarakat itu sendiri. Berikut ini akan dijelaskan mengenai dampak positif dan negatif konflik sosial.

ads

Dampak Positif Konflik Sosial

Dampak positif dan negatif konflik sosial sebenarnya perlu untuk dicegah karena yang namanya konflik tentu membawa masalah yang lebih besar. Akan tetapi, di balik dampak negatifnya, konflik sosial memiliki dampak positif, di antaranya:

  • Rasa solidaritas sesama anggota kelompok atau orang-orang yang merasa sepemahaman akan semakin kuat. Khususnya pada konflik sosial yang melibatkan 2 kelompok sosial.
  • Aspek kehidupan yang sebelumnya belum tuntas atau belum jelas ditelaah bisa menjadi semakin jelas aspek-aspek kehidupannya. Misalnya pada penyebab terjadinya konflik sosial yang dikarena kan belum disahkannya RUU penting di sebuah negara.
  • Adanya kemungkinan untuk menyesuaikan kembali aturan dan norma yang sebelumnya sudah berjalan, ke arah yang lebih baik sesuai dengan hubungan sosial yang ada saat ini.
  • Menciptakan sebuah kesempatan untuk mengadakan kompromo yang baru sehingga stabilitas sosial bisa lebih terjaga.
  • Menghidupkan kembali norma yang ada di masyarakat.
  • Membuka wawasan baru kepada masyarakat, khususnya wawasan yang berkaitan dengan konflik tersebut.

Dampak Negatif Konflik Sosial

Dampak positif dan negatif konflik sosial yang muncul memang perlu untuk dijaga kestabilannya agar tidak terjadi konflik yang lebih besar. Apalagi, dampak negatif konlik biasanya bisa mengancam kerukunan. Tentu diperlukan sebuah tujuan integrasi sosial yang tepat. Adapun dampak negatif konflik sosial antara lain sebagai berikut:

  • Adanya kerusakan sosial, dimana terjadi perpecahan antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Khususnya pada konflik sosial yang berkaitan dengan antar kelompok yang berbeda.
  • Adanya perubahan karakter atau kepribadian pada individu dalam melihat situasi yang ada.
  • Adanya kerusakan harta dan benda, bahkan bisa muncul korban jiwa jika terjadi huru-hara yang besar akibat konflik sosial yang ada.
  • Adanya dominasi kelompok, terutama jika terjadi “perang” antar kelompok dan sudah menciptakan pihak “pemenang”-nya.
  • Muncul aksi-aksi anarkisme yang disebabkan oleh konflik sosial yang terjadi.

Dampak positif dan negatif konflik sosial memang selalu berjalan beriringan. Keduanya bisa membawa manfaat atau kerugian di beberapa pihak. Sehingga jika terjadi konflik sosial, bentuk-bentuk pengendalian konflik sosial perlu dilakukan secepatnya dan seadilnya. Pengendalian sosial ini perlu dilakukan sesuai caranya masing-masing. Misalnya contoh konflik horizontal karena perbedaan ras. Maka cara mengatasi konflik antar ras yang perlu dilakukan sesuai kebutuhan. Demikianlah beberapa penjelasan tentang dampak positif dan negatif konflik sosial yang terjadi di masyarakat. Walau memiliki dampak positif, akan lebih baik jika konflik sosial dihindari, karena dampak negatifnya juga banyak.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 26th, November 2018 / 03:51 Oleh :
Kategori : Sosiologi