Sponsors Link

4 Dampak Perjanjian Linggarjati Bagi Belanda dan Indonesia

Sponsors Link

Salah satu perjanjian yang pernah dilakukan Indonesia yang memiliki peran besar bagi Indonesia saat ini adalah perjanjian Linggarjati. Dampak perjanjian linggarjati ini pun sangat penting bagi perjalanan Indonesia sebagai sebuah negara yang merdeka. Lalu apa saja dampak perjanjian linggarjati tersebut?

ads

Perjanjiian linggarjati merupakan perjanjian yang terjadi pada 25 maret 1947 antara Indonesia dan Belanda yang berlangsug di Istana Negara Jakarta. Walaupun acara perjanjian tersebut berjalan dengan sukses, namun ternyata banyak masyarakat Indonesia yang kontra terhadap perjanjian ini karena mereka menganggap Indonesia lemah dalam mempertahankan kedaulatannya.

Banyaknya yang tidak mendukung terjadinya perjanjian ini salah satunya muncul dari hasil perjanjiiannya. Dan beberapa dampak perjanjian linggarjati tersebut adalah:

1. Wilayah Indonesia Semakin Sempit

Dampak perjanjiian linggarjati yang pertama adalah menyempitnya wilayah Indonesia. Inilah salah satu dampak perjanjian linggarjati yang sangat disayangkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena wilayah Indonesia yang pernah diakui sebagai wilayah Hindia Belanda tidak dapat diakui sepenuhnya oleh Indonesia. Beberapa wilayah Indonesia yang masih tetap menjadi wilayah Indonesia hanya Jawa, Madura, dan sebagian dari pulau Sumatra.
Salah satu tokoh utama dari diselenggarakannya perjanjian linggarjati ini adalah Sutan Syahrir yang tidak termasuk tokoh perjanjian renville ataupun tokoh deklarasi Juanda.

2. Pengakuan De Facto Dari Belanda

Salah satu alasan dari diadakannya perjanjiian renville adalah karena tidak adanya pengakuan dari Belanda atas kemerdekaan Indonesia. Padahal, Indonesia sudah lebih dahulu merdeka pada tahun 1945 sebelum diselenggarakannya perjanjian ini dua tahun kemudian.

Masih menyangkut poin pertama, dampak perjanjian linggarjati selanjutnya adalah pengakuan secara De Facto atas wilayah Indonesia dari Belanda. Namun, seperti sudah disinggung diawal, wilayah yang diakui oleh Belanda hanya Jawa, Madura, dan sebagian Sumatra. Namun, walaupun sudah mengakui secara De Facto, nyatanya Belanda belum menerima keputusan dari perjanjian karena beberapa hari setelah diadakannya perjanjian Belanda melakukan agresi militer I di beberapa daerah Indonesia.

3. Belanda Dapat Membangun Kembali Kekuasaannya Di Indonesia

Agresi militer yang dilakukan Belanda atas Indonesia merupakan salah satu peristiwa besar yang pernah terjadi selain peristiwa pemberontakan PKI Madiun. Karena peristiwa ini tidak hanya terjadi sekali melainkan berkali-kali hingga menimbulkan perang dibeberapa daerah Indonesia. Sebenarnya, hanya ada satu tujuan dari dilakukannya agresi militer oleh Belanda ini: Belanda ingin membangun kembali kekuasaannya di Indonesia.

Agresi militer Belanda berawal pada tanggal 20 Juli 1947 karena gubernur jendral H.J. van Mook menyatakan tidak lagi terikat dengan perjanjian lingarjati yang telah disepakatinya dengan Indonesia beberapa hari sebelumnya. Keputusan ini membuat van Mook memutuskan untuk melakukan agresi militer pada Indonesia pada 21 Juli 1947 atau sehari setelah keputusan tersebut.

4. Negara Asing Perlahan Mulai Mengakui Kedaulatan Indonesia

Dampak perjanjian linggarjati selanjutnya adalah mulai munculnya pengakuan negara-negara lain terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Pengakuan ini sangat penting bagi batas wilayah laut di Indonesia karena mampu memberikan dampak pembangunan terhadap lingkungan pada Indonesia.

Pengakuan negara-negara internasional terhadap kemerdekaan Indonesia secara tidak langsung memberikan dukungan penuh bagi Indonesia untuk tetap menjadi negara merdeka dibalik agresi militer yang dilakukan oleh Belanda. Pengakuan inilah yang merupakan peran dunia internasional dalam konflik Indonesia Belanda. Itulah beberapa dampak perjanjian linggarjati yang harus kita ketahui. Perjanjian adalah hal yang sangat penting karena dari perjanjian inilah muncul sebab terjadinya perdagangan internasional yang sekarang ada. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 06th, April 2018 / 00:32 Oleh :
Kategori : Sejarah