Sponsors Link

15 Dampak Modernisasi di Bidang Ekonomi yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Perkembangan zaman akan semakin terlihat dengan adanya berbagai teknologi yang semakin canggih. Perkembangan yang semakin terlihat adalah pola perilaku kehidupan manusia sehingga bisa menyebabkan contoh perubahan perilaku manusia. Dengan adanya hal tersebut akan menjadikan seseorang akan semakin bergantung pada segala jenis teknologi yang telah diaksesnya. Karena dengan adanya berbagai teknologi akan menimbulkan berbagai perbedaan dan kemudahan akan terlihat dan bisa diakses dimanapun dan kapan saja. Adanya berbagai teknologi bisa menyebabkan perubahan yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, seperti perubahan perilaku dari waktu ke waktu. Dengan adanya teknologi akan meningkatkan kapasitas penggunaan perangkat elektronik untuk menunjang akses pada teknologi dan berbagai aplikasi yang diakses oleh masing-masing inidvidu.

ads

Adanya teknologi merupakan perkembangan dan kemajuan dari dampak modernisasi saat ini. Globalisasi akan menyebabkan semua hal akan bisa diakses secara global dan kita bisa mengetahui berita terkini hanya dengan menggunakan perangkat elektronik. Globalisasi akan menyebabkan pola hidup yang sangat modern. Sehingga akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang dalam kehidupan. Adanya modernisasi merupakan akibat dari gaya hidup yang semakin modern dan menyebabkan berbagai perubahan yang signifikan terhadap berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Adanya modernisasi akan mendorong berbagai bidang dan akan menghasilkan dampak yang bermacam-macam untuk bidang-bidang tertentu. Dengan adanya modernisasi, kehidupan manusia akan menjadi lebih mudah tergantung dari bagaimana penglihatan sudut pandang. Berbagai bentuk-bentuk perubahan sosial juga bisa terjadi.

Adanya modernisasi akan mengubah pola hidup dan menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan sosial. Tidak hanya itu saja, dalam bidang ekonomi juga akan terkena dampak modernisasi. Dampak modernisasi di bidang ekonomi bisa dipelajari dengan detil dari berbagai sumber yang bisa diakses. Beberapa dampak modernisasi di bidang ekonomi bisa anda simak pada informasi berikut ini:

Dampak Positif:

  • Transaksi keuangan menjadi lebih mudah

Dengan adanya modernisasi, proses untuk bertransaksi dalam hal keuangan akan lebih mudah. Saat ini banyak ditemui para pengguna internet banking atau mobile banking. Dengan menggunakan berbagai aplikasi dan program tersebut, akan semakin mudah untuk melakukan transaksi keuangan. Berbagai macam transaksi akan lebih mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja.

  • Proses pendistribusian barang menjadi lebih mudah

Dengan adanya modernisasi, proses untuk distribusi barang menjadi semakin mudah. Distribusi barang bisa dilakukan dengan cepat karena proses order yang semakin canggih. Saat ini, untuk mengorder suatu produk dari pabrik atau distributor, bisa menggunakan berbagai cara yang menggunakan teknologi. Hal tersebut bisa menghemat waktu dan biaya. Dengan adanya hal tersebut, kita sebagai pemesan hanya tinggal menunggu barang sampai ditempat kita.

  • Audit keuangan juga menjadi mudah

Adanya modernisasi akan mempermudah audit keuangan. Mengapa bisa begitu? Laporan keuangan bisa terorganisir dengan baik, meskipun laporan keuangan dalam bentuk softfile atau hardfile (kertas). Dengan adanya modernisasi, beberapa proses audit akan dipersingkat atau diperdetil. Dengan adanya hal tersebut, hal-hal yang ambigu dalam proses pengauditan akan dihilangkan. Oleh karena itu, audit keuangan akan menjadi lebih mudah karena adanya dampak modernisasi di bidang ekonomi.

  • Produk dalam negeri bisa diperluas pangsa pasarnya

Dengan adanya modernisasi, produk dalam negeri bisa diperluas pangsa pasarnya. Kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan untuk penjualan produk yang semakin luas. Dengan bantuan berbagai jasa pengiriman jarak-jauh juga bisa membantu tersedianya proses penjualan hingga ke pelosok negeri. Sehingga penjualan produk dalam negeri bisa diperluas.

  • Modal dan teknologi bisa diperoleh lebih baik
Sponsors Link

Berbagai modal dan teknologi bisa diperoleh dengan baik dengan melalui berbagai cara. Berbagai perusahaan rintisan baru saat ini banyak yang menawarkan berbagai produk keuangan. Dengan adanya hal tersebut, berbagai modal bisa didapatkan darimana saja. ditambah dengan dukungan teknologi yang canggih saat ini, akan menambah keutungan dalam melakukan bisnis.

  • Pembangunan ekonomi bisa mendapatkan dana tambahan

Dengan adanya berbagai pembangunan ekonomi, dana tambahan bisa saja didapatkan untuk melanjutkan berbagai pembangunan ekonomi yang direncanakan. Dengan adanya pembangunan ekonomi baru, hal ini bisa menjadi keuntungan jangka panjang yang akan menimbulkan berbagai manfaat positif untuk negara.

  • Terdapat peningkatan produksi secara global

Dengan adanya penjualan yang semakin meningkat, proses produksi juga akan mengalami peningkatan. Bahkan jika produk yang diproduksi adalah produk yang dijual hingga ke luar negeri. Proses produksi akan mengalami peningkatan secara global.

Dampak Negatif:

ads
  • Pertumbuhan sektor industri bisa terhambat

Adanya modernisasi juga bisa menghambat pertumbuahn sektor industri karena semua masyarakat akan menginginkan hal yang instant. Dengan adanya hal seperti itu, pertumbuhan sektor industri bisa saja menjadi terhambat.

  • Keuangan menjadi tidak stabil

Dengan banyaknya proses yang terjadi ke luar neegri, uang yang keluar-masuk bisa tidak terkontrol dengan baik. Hal ini dikarenakan banyak dana yang mengalir keluar negeri.

  • Pertumbuhan ekonomi yang berjangka panjang bisa semakin buruk

Karena masyarakat semakin menginginkan hal-hal yang bisa dicapai dengan cepat. Pertumbuhan ekonomi yang memiliki target jangka panjang akan semakin buruk pertumbuhannya.

  • Neraca pembayaran bisa menjadi buruk

Neraca pembayaran bisa menjadi tidak teratur karena proses uang keluar-masuk yang tidak terkontrol dengan baik. Sehingga neraca pembayaran pun ikut terkena dampaknya.

  • Produk lokal kalah saing dengan produk luar

Adanya modernisasi akan meningkatkan adanya produk luar yang masuk ke dalam negeri. Dengan adanya hal seperti itu, produk lokal bisa saja kalah saing dengan produk luar negeri.

  • Cinta produk lokal akan semakin terpupus

Banyaknya produk luar yang menawarkan berbagai keunikan dan design yang lebih menarik. Kebanyakan masyarakat akan beralih ke produk luar. Sehingga rasa cinta pada produk lokal akan semakin hilang.

  • Lifestyle semakin meniru gaya barat

Dengan adanya modernisasi, banyak gaya hidup yang akan berubah. Perilaku dan gaya hidup masyarakat akan meniru gaya barat karena terlalu sering melihat gaya hidup orang barat.

  • Kesejangan sosial semakin terlihat

Dengan adanya modernisasi, kesenjangan sosial akan semakin terlihat karena berbagai aspek dan alasan yang bisa saja terjadi.

Dampak modernisasi di bidang ekonomi bisa terjadi karena adanya ketidakimbangan perilaku masyarakat. Dengan adanya dampak modernisasi di bidang ekonomi, akan semakin terlihat bagaimana produk lokal akan bersaing dengan produk luar. Dengan adanya dampak modernisasi di bidang ekonomi, kita sebagai masyarakat indonesia harusnya lebih berfokus ke dampak positif dan memaksimalkan segala kapasitas produk lokal yang ada. Dengan menjaga hal tersebut, produk lokal akan tetap bisa bersaing dengan produk luar.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 25th, June 2018 / 09:55 Oleh :
Kategori : Pendidikan