Sponsors Link

5 Dampak Kolonialisme Dan Imperialisme Terhadap Indonesia

Sponsors Link

Kolonialisme adalah sebuah sistem yang dijalankan sebuah negara penjajah untuk menguasai sebuah wilayah di negara lain, sedangkan Imperialisme adalah sebuah kebijakan yang dijalankan oleh negara penjajah terhadap suatu wilayah yang dikuasai di negara lain. Kolonialisme dan Imperialisme adalah satu kesatuan sistem yang dijalankan penjajah terhadap negara jajahannya. Dengan adanya Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia, tentu menimbulkan berbagai dampak terhadap Indonesia. Berikut ini adalah dampak Kolonialisme dan Imperialisme bagi Indonesia:

ads

1. Dampak Sosial

Dengan adanya penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dengan waktu yang lama berakibat pada lemahnya penguasaan rakyat pribumi dan salah satu faktor perubahan sosial yang terjadi adalah kebebasan rakyat yang terganggu. Rakyat Indonesia hanya diperlakukan sebagai pekerja dan hal ini membuat kedudukan para pribumi menjadi turun derajat. Dengan adanya penguasaan yang dilakukan Belanda banyak pula bentuk penyimpangan sosial yang dibuat dan penjajahan dilakukan dengan cara kekerasan atau memaksa.

2. Dampak Ekonomi

Rakyat pribumi yang tadinya memiliki status ekonomi yang baik menjadi sangat menurun dan bahkan kekayaannya habis. Kegoncangan ekonomi yang terjadi membuat tak ada sebuah kerukunan yang terjadi antara masyarakat dan tak ada lagi contoh hidup rukun yang terjadi. Para rakyat pribumi terus dipaksa bekerja sesuai arahan dari para penjajah dan para petani terus diperas tenaganya untuk terus mengolah lahan pertanian yang ada. Salah satu faktor penyebab masalah sosial dan ekonomi yang terjadi adalah paksaan yang dilakukan dengan kekerasan oleh pihak penjajah.

3. Dampak Politik

Penjajahan yang dilakukan secara terus menerus membuat kekuatan politik Indonesia menjadi melemah, karena setiap kebijakan yang akan dilakukan pasti dipengaruhi oleh desakan pihak penjajah dan salah satu contoh masalah sosial yang terjadi adalah kurang percayanya masyarakat dengan pihak pemerintahan. Penguasaan pemerintah Belanda di Indonesia semakin besar dan hal ini membuat kekuatan pemerintahan Indonesia menjadi sangat lemah. Dengan penyebaran wilayah penjajahan yang terus dilakukan, tentu wilayah kekuasaan rakyat pribumi menjadi lebih sedikit.

4. Dampak Budaya

Tradisi rakyat Indonesia yang khas mulai bercampur dengan adanya pengaruh kehidupan barat dan hal ini menjadikan budaya kerajaan yang dulu sangat tradisional mulai terpengaruh seperti gaya pakaian. Namun penjajahan yang dilakukan Belanda juga menjadikan sebuah dampak positif keberagaman budaya yang terjadi dan pada jaman sekarang ada manfaat keberagaman budaya yang bercampur. Jaman sekarang dampak budaya yang terjadi masih sangat terlihat dan kini Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat terpengaruh negara barat dalam gaya hidupnya.

5. Dampak Kependudukan

Dampak kependudukan yang terjadi akibat adanya Kolonialisme dan Imperialisme di jaman sekarang adalah munculnya warga keturunan yang membuat Indonesia semakin beragam. Banyak orang Belanda yang menikah dengan warga pribumi dan menghasilkan keturunan yang memiliki dara campuran, hal ini kini banyak ditemukan di Indonesia. Banyak warga keturunan yang mulai bisa bercampur menjadi sebuah kekuatan yang besar dan olahraga sepakbola menjadi hal yang terpengaruh dengan adanya warga keturunan, karena kini banyak pemain tim nasional yang berasal dari warga keturunan Indonesia serta Belanda.

Demikian ulasan lengkap mengenai Dampak Kolonialisme dan Imperialisme dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 20th, March 2019 / 02:51 Oleh :
Kategori : Pendidikan