Sponsors Link

9 Dampak Kenakalan Remaja Bagi Lingkungan Masyarakat

Sponsors Link

Menurut psikolog Dadang Hawari, kehidupan remaja berada dalam tiga kutub yaitu kutub keluarga, kutub sekolah dan kutub masyarakat. Kondisi internal dan interaksi diantara ketiga kutub ini akan menghasilkan perilaku positif dan negatif. Oleh karena itu jika timbul dampak negatif, maka cara pencegahannya harus dari ketiga kutub tersebut.

ads

Begitupun ketika karakteristik gejala sosial kenakalan remaja terlihat, maka orang tua, guru dan masyarakat disekitarnya wajib memperingatkan dan mencegah agar tidak berkembang menjadi penyebab kenakalan remaja yang menjurus ke arah dampak masalah sosial. Karena jika sudah terlanjur maka banyak sekali yang akan terkena dampak kenakalan remaja tersebut yaitu dirinya sendiri, orang tua, guru, sekolah dan masyarakat di lingkungannya.

Sebenarnya apa sih dampak kenakalan remaja? Berikut uraiannya:

  1. Yang pasti menghancurkan masa depan dirinya sendiri. Kenakalan remaja yang dianggap biasa seperti mencuri makanan di warung, jika dibiarkan akan berkembang menjadi mencuri barang-barang lain. Apalagi jika si pelaku ini mendapat pujian atau tantangan dari sesama temannya, maka semakin lama semakin tertantang dan merasa hebat sehingga barang yang dicuripun akan meningkat baik kuantiti maupun nilainya. Atau remaja yang mencoba obat-obatan terlarang, selain secara fisik rusak juga  mentalnya lama-lama akan rusak. Karena ketika mereka ketagihan dan menderita karena sakau tapi tidak punya uang untuk membeli obat-obat tersebut, maka jalan satu-satunya adalah mencuri.
  2. Remaja yang melanggar fungsi norma sosial, cenderung akan dijauhi orang-orang disekitarnya karena takut remaja tersebut membawa pengaruh buruk bagi hidup orang tersebut dan bagi orang-orang terdekatnya.
  3. Karena dijauhi, lama-lama akan tumbuh contoh perilaku antisosial pada diri remaja pelaku kenakalan. Gangguan mental mungkin saja terjadi.
  4. Karena biasa melanggar ciri-ciri norma sosial, maka lama-lama akan menjadi kebiasaan sehingga perilaku buruk tersebut menjadi tabiatnya sehari-hari.
  5. Dampak kenakalan remaja bisa menjadi bibit kriminalitas ketika dewasa.
  6. Bagi yang melakukan sex bebas dan hamil diluar nikah, sudah pasti masa depan suram ada didepan mata. Yang perempuan harus berhenti sekolah dan yang laki-laki harus bisa membiayai hidup anaknya. Padahal teman-temannya yang lain sedang asyik-asyiknya bermain, belajar dan mengejar impian.
  7. Dampak kenakalan remaja juga dirasakan oleh orang tua. Orang tua akan menanggung beban materi atas semua akibat dari kenakalan anaknya. Dan juga pastinya akan menanggung beban moril karena dicemooh oleh saudara dan tetangga karena mempunyai anak yang melanggar norma sosial.
  8. Pihak sekolah pun akan terkena dampak negatifnya. Bisa jadi akibat adanya pelajar yang melakukan kenakalan remaja maka nama sekolah akan tercoreng. Orang akan selalu ingat bahwa sekolah A yang siswanya suka tawuran, atau sekolah B yang siswinya hamil diluar nikah dan sebagainya.
  9. Lingkungan tetangga akan terkena juga dampak kenakalan remaja tersebut, dipastikan setiap orang jika menyebut nama daerah itu akan langsung ingat akan kenakalan yang telah dilakukan olehnya. Apalagi jika kenakalan tersebut sudah menjurus ke arah kriminal dan viral.

Demikian sembilan dampak penyebab kenakalan remaja yang bisa terjadi. Diharapkan para remaja bisa memilih dan memilah mana teman yang akan membawa kabaikan bagi dirinya dan masa depannya, dan mana teman yang akan menjerumuskan ke jurang kehancuran.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 07th, September 2018 / 05:20 Oleh :
Kategori : Sosiologi