Sponsors Link

Ini Dia 6 Dampak Globalisasi Terhadap Komunitas Lokal Urbanisasi

Sponsors Link

Globalisasi adalah sebuah perubahan yang terjadi pada sebuah negara dan perubahan yang dihasilkan dipengaruhi oleh hubungan sebuah negara dengan negara lainnya. Globalisasi dapat terjadi akibat adanya hubungan yang terjadi dalam sistem perdagangan, perjalanan wisata dan sistem lainnya. Terjadinya globalisasi memang menimbulkan sebuah permasalahan baru di masyarakat dan masyarakat lokal sangat merasakan adanya globalisasi. Berikut ini adalah dampak globalisasi terhadap komunitas lokal urbanisasi:

ads

1. Informasi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan sistem informasi yang terus berkembang, kini semua warga didunia sangat dimudahkan untuk mencari sebuah data atau informasi. Hal ini membuat banyak komunitas lokal tergiur untuk pergi kota besar agar bisa merasakan berbagai fasilitas teknologi yang lebih canggih dan hal ini menjadi salah satu dampak globalisasi yang dirasakan masyarakat di daerah atau para komunitas lokal.

2. Komunikasi

Salah satu faktor pendorong urbanisasi yang dilakukan komunitas lokal adalah kemudahan komunikasi, karena dengan teknologi yang semakin canggih dan ilmu pengetahuan yang pesat, membuat komunikasi menjadi sangatlah mudah untuk dilakukan. Adanya internet juga menjadi salah satu cara untuk memperpendek jarak antar negara dan dengan komunikasi yang mudah banyak masyarakat lokal tergiur untuk datang ke kota.

3. Perjalanan

Ada banyak dampak positif dan negatif urbanisasi yang dilakukan masyarakat lokal. Kini dengan perkembangan dunia global yang pesat perjalanan yang dilakukan masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini memudahkan komunitas lokal untuk melakukan urbanisasi dari desa ke kota dan salah satu transportasi yang paling cepat adalah pesawat terbang. Untuk pergi keluar negeri pun dengan pesawat sangatlah cepat dan secara tarif sangatlah sesuai.

4. Gaya Hidup

Salah satu ciri-ciri era globalisasi informasi yang sangat signifikan adalah masuknya gaya berpakaian luar negeri dan hal ini membuat gaya hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih bervariasi. Kini gaya hidup tradisional sudah banyak ditinggalkan dan kondisi penduduk indonesia menjadi kurang stabil, terbukti dengan banyaknya warga lokal yang lebih memilih melakukan urbanisasi ke kota besar. Tak hanya itu kini gaya hidup masyarakat lokal juga sudah terpengaruh masyarakat kota dan biaya hidup juga semakin meningkat.

5. Tradisi

Era globalisasi yang semakin meraja rela membuat mulai ditinggalkannya tradisi dan upaya mengurangi laju urbanisasi terus dilakukan oleh pemerintah. Kehidupan tradisional sudah mulai banyak ditinggalkan dan banyak komunitas lokal yang lebih memilih melakukan urbanisasi ke kota. Hal ini menyebabkan adanya kepadatan penduduk di kota besar dan penyebaran penduduk menjadi tidak merata di setiap wilayah.

6. Ekonomi

Dorongan ekonomi menjadi salah satu penyebab maraknya urbanisasi yang dilakukan masyarakat dan hal ini menjadi dampak dari era globalisasi yang semakin pesat. Salah satu cara mencegah urbanisasi adalah dengan memperkecil angka kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat kota dengan desa. Masyarakat kota cenderung lebih maju dari pada masyarakat desa dan hal ini membuat banyak warga desa nekad untuk merantau ke kota.

Demikian ulasan lengkap mengenai dampak globalisasi terhadap komunitas lokal urbanisasi dan semoga artikelnya dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 01:53 Oleh :
Kategori : Sosiologi