Sponsors Link

Ini Dia 17 Dampak Positif dan Negatif Dari Etnosentrisme

Sponsors Link

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai etnosentrisme tentunya anda perlu mempelajari dasar- dasar teorinya terlebih dahulu yaitu terkait dengan pengertiannya. Ada beberapa pengertian dari etnosentrisme dan anda juga bisa melihat dampak disintegrasi bangsa, mulai dari pengertian menurut para ahli hingga pengertian secara umum. Secara umum terlebih dahulu anda harus paham mengenai arti etnosentrisme dimana ini merupakan suatu persepsi maupun pandangan mengenai kebudayaan oleh setiap masing- masing individu.

ads

Pandangan yang dimaksud merupakan pandangan dimana kebudayaan masing- masing lebih baik sehingga mereka lebih cenderung meremehkan budaya orang lain dan tidak bisa menerima budaya lain. Dari sini pun kita bisa dapat menyimpulkan pula bahwa etnosentrisme sendiri mengandung unsur sikap fanatik terhadap suku, bangsa, etnik, dan budaya. Dalam hal ini pula seorang individu akan cenderung memiliki sifat culture ego tinggi dimana mereka juga akan sangat sulit dalam mempelajari budaya luar. Tentunya budaya yang dimaksud yaitu budaya dengan sifat kontras dan bertentangan dengan budayanya sendiri.

1.Pengertian Etnosentris Menurut Para Ahli

Orang- orang etnosentris juga selalu menilai kelompok lain dapat mempengaruhi kelompoknya dalam hal budaya terutama berkaitan dengan perilaku, bahasa, kebiasaan, dan agama sehingga sebagian besar dari mereka enggan untuk berbaur dengan kelompok lainnya. Dan berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian etnosentrisme menurut para ahli.

1.Barger

Menurut Barger, etnosentrisme memiliki konsep dalam kecenderungan berpikir bahwa kelompoknya sendiri lebih superior dari kelompok lain dan menilai kelompok lain inferior dari kelompoknya sendiri.

2.Dayakisni dan Yuniardi

Berbeda dengan pengertian etnosentris sebelumnya, menurut Dayakisni dan Yuniardi etnosentrisme merupakan sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap individu maupun kelompok lain. Dalam menginterpretasi ini berdasarkan pada nilai- nilai dalam budaya sendiri sehingga mereka cenderung menyalahkan kebudayaan lain.

3.Poerwanti

Menurut Poerwanti berbeda dengan dampak migrasi positif dan negatifnya, etnosentrisme merupakan sebuah pandangan mengenai perbandingan antara kelompok sendiri terhadap kelompok lain dimana kelompok sendiri menjadi pusat standar nilai atas kelompok lain.

Itulah beberapa pengertian etnosentris menurut para ahli, pastikan anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mempelajari etnosentris lebih dalam. Selain itu, sebagai acuan adapun pengertian etnosentris menurut kamus besar bahasa Indonesia. Menurut KBBI etnosentrisme merupakan sikap maupun pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri. Biasanya ini disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat maupun kebudayaan lain.

2.Dampak Positif Etnosentrisme

Berdasarkan pengertian yang ada anda juga bisa melihat dampak gejala sosial positif dan negatif disekitar lingkungan masyarakat, etnosentrisme juga memiliki berbagai dampak dan tidak semua bersifat negatif. Untuk itu berikut merupakan dampak positif dari adanya etnosentrisme.

  • Menyatukan Masyarakat Dengan Background yang Sama

Berdasarkan konsep etnosentris di atas, dimana seorang maupun individu hanya menganggap bahwa budayanya baik maka akan mencari relasi maupun teman dengan paham yang sama untuk dapat diterima. Sehingga seluruh orang dengan paham etnosentris akan berkumpul menjadi satu dan pastinya orang- orang ini memiliki background dan pemahaman sama.

  • Lebih Dekat Dengan Sesama

Dalam hal ini setiap orang dengan paham etnosentrisme tentunya akan membuat kelompoknya sendiri. Ini terdiri dari orang- orang dengan kebudayaan sama berbeda dengan dampak dari stratifikasi sosial, sehingga mereka memiliki kedekatan lebih antara satu sama lain. Namun kedekatan ini tentunya terbatas hanya antar golongan mereka saja, mereka tidak bisa berbaur dengan kelompok lain dengan paham berbeda.

  • Memperluas Jaringan sosial

Paham etnosentrisme ini juga bisa disebarkan dengan berbagai macam cara mulai dari cara halus hingga cara paksaan, tujuannya tentu untuk memperluas jaringan. Dengan begini jumlah anggota kelompok dengan paham etnosentris akan semakin banyak sehingga dalam kehidupan sosial mereka bisa bermasyarakat.

Sponsors Link

  • Mempererat Tali Persaudaraan

Tentunya yang dimaksud dengan mempererat tali persaudaraan disini yaitu tali persaudaraan antar anggota kelompok penganut paham etnosentrisme. Mereka akan melindungi satu sama lain dengan paham yang sama.

  • Mudah Bertukar Informasi

Sesama individu dengan paham etnosentrisme tentunya akan lebih mudah untuk saling bertukar pikiran berbeda dengan dampak positif dan negatif lembaga keluarga, pemikiran ini tidak ada hubungannya dengan paham maupun budaya lainnya. Mereka hanya akan bertukar pikiran mengenai diri mereka masing- masing terhadap budaya yang sama dengan lebih mudah tanpa adanya rasa penolakan dari salah satu pihak.

  • Meningkatkan Semangat Patriotisme

Karena etnosentrisme memiliki artian bahwa setiap orang pasti fanatik dengan budayanya maka ini dapat memicu adanya peningkatan mengenai semangat patriotisme. Patriotism sendiri memiliki arti keberanian untuk melindungi bangsa, dengan paham etnosentris maka orang- orang yang fanatik tentunya memiliki rasa berani, tangguh, dan gigih untuk memperjuangkan kebudayaan maupun bangsanya sendiri.

  • Menjaga Keutuhan dan Stabilitas Kebudayaan

Dengan keberanian serta kegigihan yang dimiliki, orang- orang dengan paham etnosentrisme mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan mereka sehingga kebudayaan tersebut akan tetap utuh. Selain utuh berbeda dengan dampak positif dan negatif konflik sosial, kebudayaan juga dijaga serta diperjuangkan agar selalu stabil sehingga dapat dipelajari secara turun temurun oleh generasi etnosentrisme di bawahnya.

ads
  • Mempertinggi Rasa Cinta Terhadap Bangsa Sendiri

Tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai rasa cinta terhadap bangsa sendiri, tentunya orang- orang dengan paham etnosentrisme memiliki rasa cinta terhadap budaya serta bangsanya sendiri. Dalam hal ini karena rasa cintanya sangat besar, tak heran mereka juga memiliki ambisi serta obsesi besar sehingga memiliki sifat fanatik.

3.Dampak Negatif Etnosentrisme

Walaupun ada dampak positifnya, banyak juga dampak negatif dari adanya etnosentrisme tentunya ini berdasarkan pada konsep dan pengertiannya.

  • Memperbesar Kemungkinan Rasisme

Karena etnosentrisme hanya mau menerima orang dengan kebudayaan sama mulai dari ras, etnik, hingga suku maka kemungkinan rasisme antara banyak kelompok makin tinggi. Dimana suatu kelompok tidak bisa menerima individu dari kelompok lain dengan perbedaan ras, suku, dan budaya. Ini juga dapat menimbulkan berbagai macam konflik mulai dari bullying dan tindak kekerasan lain karena dipicu oleh rasisme.

  • Membuat Pikiran Tidak Terbuka

Tentunya fanatik dari sifat etnosentrisme ini membuat banyak orang memiliki pemikiran cenderung kolot dimana mereka tidak bisa menerima pendapat lain mengenai kebudayaan maupun paham yang berbeda. Ini membuat pikiran mereka tidak terbuka dan cenderung membuat mereka tidak bisa beradaptasi dengan zaman.

  • Meningkatkan Kemungkinan Terjadinya Konflik Antar Suku

Konflik antar suku juga bisa disebabkan oleh etnosentrisme dimana ada sekelompok suku dengan kebudayaan berbeda yang merasa bahwa kebudayaan maupun etnis mereka lebih baik dan benar. Fanatik ini tentunya tidak bisa didiamkan, beberapa anggota suku yang tidak terima dengan adanya kebudayaan lain tentunya akan mengunggulkan suku mereka dan suku lain yang tidak terima akan saling menghancurkan.

  • Menimbulkan Perpecahan

Jika konflik terus dilanjutkan dan tidak ada solusi maupun kekalahan di antara kedua belah pihak berbeda dengan dampak positif dan negatif diferensiasi sosial, ini dapat menimbulkan perpecahan. Bukan hanya perpecahan antar suku dalam sebuah daerah namun perpecahan bangsa dalam suatu Negara dan tentunya ini sangat berbahaya karena dapat mengancam kedudukan serta reputasi suatu Negara.

  • Dapat Membuat Citra Suatu Kelompok Buruk

Karena adanya rasisme tentu tidak hanya konflik maupun perpecahan saja yang akan terjadi, citra suatu kelompok dengan paham etnosentrisme juga akan buruk di mata publik. Dan ini juga akan menimbulkan dampak negatif pada kelompok tersebut, banyak orang akan memandang rendah dan meremehkan orang pada kelompok tersebut sehingga ini juga dapat menimbulkan konflik antar individu.

  • Menghambat Proses Asimilasi dan Integrasi

Karena cenderung fanatik dan tidak bisa menerima kebudayaan lain, orang- orang dengan paham etnosentris akan dapat menghambat proses asimilasi serta integrasi budaya dalam suatu Negara. Mereka tentunya tidak bisa membuat sebuah kebudayaan berkembang dengan baik maupun mengalami pembaruan terkait dengan berubahnya zaman. Ini karena untuk membuat sebuah budaya dapat berkembang dan memiliki pembaruan harus meminimalisir sifat fanatik tersebut.

Sponsors Link

  • Mengurangi Keobjektifan Ilmu Pengetahuan

Dalam hal ini tentunya sebuah ilmu kebudayaan tidak bisa disandingkan begitu saja dengan ilmu pengetahuan. Etnosentrisme menjunjung tinggi ilmu kebudayaan tentunya tidak bisa menerima ilmu pengetahuan begitu saja apalagi ilmu kebudayaan kebanyakan didominasi dengan sejarah, animism, dan dinamisme sementara ilmu pengetahuan sangat didominasi oleh logika dan didasari oleh teori- teori yang ada dari berbagai penelitian.

  • Menghambat Pertukaran Budaya

Sulitnya menerima kebudayaan lain atau bisa disebut dengan memiliki tingkat culture ego tinggi ini dialami oleh para penganut paham etnosentrisme. Dalam hal ini mereka akan sulit mempelajari budaya lain terkait dengan bahasa, etnis, dan kebiasaan. Sehingga pertukaran budaya akan terhambat dan sebagian besar orang dengan paham etnosentrisme tidak bisa beradaptasi dengan mudah di daerah dengan kebudayaan berbeda karena mereka perlu waktu cukup lama untuk menghilangkan sifat fanatik terkait dengan etnosentrisme.

  • Adanya Politik Terselubung Dalam Budaya Bangsa

Melihat kondisi orang- orang dengan paham etnosentrisme, ini menjadi titik lemah suatu kelompok dimana para politikus akan memperdaya mereka. Dalam hal ini banyak sekali politikus berkampanye atau menggerakkan kegiatan politiknya dengan mudah karena memiliki background sama dengan kelompok berpaham etnosentris. Tentunya ini sangat berbahaya mengingat etnosentrisme juga memiliki sifat fanatik.

Itulah berbagai penjelasan serta contoh mengenai dampak positif serta negatif dari etnosentrisme, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. pastikan juga dan membaca dengan cermat dan tepat untuk mendapatkan ilmunya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:32 Oleh :
Kategori : Sosiologi