Sponsors Link

Pengertian dan 19 Dampak Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Banyak sekali fenomena serta peristiwa terjadi di masyarakat ini terkait dengan keadaan sosial, budaya, agama, dan masih banyak lagi. Terkait dengan hal tersebut, pembahasan kali ini tidak lepas dari hal- hal berbau sosial dan budaya. Etnosentrisme bisa jadi pemicu sebuah keadaan dan peristiwa di lingkup sosial masyarakat dimana ini dapat membawa sebuah dampak besar. Tentu tidak hanya terpaku pada dampak negatif saja mengingat etnosentrisme sendiri memiliki konotasi “negatif” ada pula dampak positif dapat ditimbulkan dengan adanya etnosentrisme di masyarakat ini.

ads

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Dan sebelum anda mempelajari lebih dalam mengenai etnosentrisme dan anda juga bisa melihat dampak etnosentrisme, anda perlu mengetahui dasar- dasar dari etnosentrisme. Salah satu dasar teori sederhana dari terciptanya etnosentrisme yaitu dapat dilihat dari beberapa pengertian yang telah dijabarkan oleh para ahli seperti berikut ini:

  • Alo Liliweri 2003

Menurut seorang ahli bernama Alo L. mengemukakan bahwa etnosentrisme merupakan sebuah pemahaman dimana setiap penganut kebudayaan maupun kelompok dalam suatu bangsa merasa lebih superior dibanding dengan kelompok diluar bangsa tersebut.

  • Adorno 1950

Adapun pengertian etnosentrisme menurut Adorno dalam bukunya berjudul “The Authoritarian Personality”, ia menuliskan bahwa etnosentrisme merupakan seorang individu dengan kekurangan dalam hal belajar, bersosialisasi maupun bergaul, namun juga seorang pemeluk agama dengan sifat fanatik. Dalam hal ini pula Adorno juga mengemukakan bahwa etnosentrisme juga dapat didefinisikan sebagai sebuah wujud dari kesetiaan tanpa adanya kritik pada kelompok maupun bangsa disertai sebuah prasangka terhadap kelompok etnis maupun bangsa lain.

  • Joseph A Devito 2011

Berbagai pengertian etnosentrisme kian dikembangkan berbeda dengan contoh etnosentrisme di Indonesia, pada 2011 seorang ahli yaitu Joseph A. mengemukakan bahwa etnosentrisme merupakan sebuah kecenderungan dalam mengevaluasi nilai dari kebudayaan. Tidak hanya nilai saja tetapi juga perilaku dan kepercayaan terhadap budaya sendiri dimana itu terkesan lebih baik, logis, dan lebih wajar dibanding dengan kebudayaan lain.

Tiga pengertian etnosentrisme menurut para ahli di atas sepertinya cukup untuk membimbing anda dalam mempelajari etnosentrisme lebih mendalam. Dari ketiga pengertian etnosentrisme di atas pula berbeda dengan perbedaan chauvinisme dan etnosentrisme, dapat disimpulkan sebagai pengertian etnosentrisme secara umum. Etnosentrisme merupakan sebuah sikap dan pemikiran dimana seorang individu maupun kelompok cenderung menganggap nilai- nilai dan norma- norma kebudayaan sendiri sebagai sesuatu yang paling baik, mutlak dan prima. Sehingga individu maupun kelompok tersebut menjadikan kebudayaannya sendiri sebagai sebuah tolak ukur untuk menilai serta membedakan dengan kebudayaan individu maupun kelompok lain.

Dampak Etnosentrisme

Setelah anda mempelajari pengertian yang menjadi dasar dari etnosentrisme ini dan anda juga bisa melihat penyebab dan tujuan perang margarana, adapun dampak- dampak ditimbulkan dari etnosentrisme itu sendiri. Dan berikut merupakan dampak etnosentrisme beserta ulasannya.

  1. Adanya Loyalitas

Salah satu dampak positif dari adanya etnosentrisme yaitu adanya loyalitas antar anggota dalam sebuah kelompok, dalam hal ini tentu saja kelompok yang dimaksud merupakan kelompok yang menjunjung tinggi nilai serta aturan dan tujuan dengan kebudayaan sama. Karena persamaan inilah  mereka memiliki sebuah paham etnosentrisme dimana setiap anggota kelompok akan tetap loyal pada kelompoknya.

  1. Kestabilan Budaya

Setiap kelompok dengan penganut paham etnosentrisme akan senantiasa menjunjung tinggi kebudayaan serta adat istiadat dari daerahnya masing- masing, dengan begini maka terciptalah kestabilan budaya dimana kebudayaan tersebut tidak bercampur aduk dan berbaur dengan kebudayaan lain.

Sponsors Link

  1. Melestarikan Budaya

Dampak positif lain dari adanya etnosentrisme yaitu budaya yang tetap lestari, hal ini tentu saja seorang penganut etnosentrisme mulai dari individu hingga kelompok pastinya akan selalu mempertahankan kebudayaan bagaimanapun caranya. Sehingga dalam hal ini, kebudayaan serta adat istiadat sebuah etnis maupun kelompok dari suatu daerah masih bisa lestari serta dapat dipelajari dan dinikmati oleh anak cucu.

  1. Melahirkan Patriotisme

Patriotisme merupakan sebuah rasa cinta pada tanah air, rasa ini pun tidak akan lahir jika tidak ada etnosentrisme pada suatu bangsa. Dengan adanya etnosentrisme maka suatu bangsa akan sangat mengerti, paham, dan mencintai negaranya sendiri bahkan mereka rela untuk mengorbankan jiwa dan raga terhadap tanah air. Dengan ini pula bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan.

  1. Keteguhan pada Prinsip dan Adat Istiadat

Etnosentrisme tentunya juga dapat menciptakan hal berbeda dengan sifat lebih positif, salah satunya yaitu menciptakan keteguhan pada prinsip dan adat istiadat. Ini berlaku pada seorang individu maupun kelompok dengan pemahaman etnosentrisme sehingga mereka akan teguh terhadap prinsip berdasar pada adat istiadat kebudayaan mereka. Dalam hal ini pula mereka tidak akan mengingkari hukum serta prinsip berdasar adat istiadat mereka.

  1. Ketergantungan Terhadap Kelompok

Adapun dampak negatif yang sering timbul di masyarakat dengan paham etnosentrisme yaitu ketergantungan terhadap kelompok. Dalam hal ini seorang individu akan selalu terikat terhadap kelompoknya karena itu mereka tidak bisa lepas dari kelompok dan selalu menggantungkan hidup pada kelompok dalam kedok kebudayaan.

ads
  1. Menghambat Perkembangan

Menghambat perkembangan itu sudah pasti berbeda dengan ciri-ciri in group dan out group beserta contohnya, karena bagi kaum etnosentris mereka akan sangat sulit menerima kebudayaan lain dan bersikukuh pada kebudayaan sendiri. Sedangkan untuk mengembangkan sebuah budaya tentunya kita perlu melihat segi positif dari budaya lain.

  1. Sulit Untuk Maju

Selain menghambat perkembangan, tampaknya dengan menganut paham etnosentrisme juga akan sulit untuk maju. Seperti yang kita ketahui jika kita ingin memajukan sebuah budaya maupun kelompok dan individunya maka kita harus memiliki pemikiran luas dan memiliki keingintahuan untuk mempelajari budaya lain. Sedangkan untuk paham etnosentris sendiri tidak bisa memiliki pemikiran seperti itu.

  1. Konflik

Konflik merupakan sebuah dampak negatif dari adanya etnosentris berbeda dengan latar belakang hari pendidikan nasional, ini karena pemahaman tiap kelompok berbeda. Hal ini tidak hanya menjadi sebuah konflik kecil seperti hanya saling olok- olokan namun juga bisa menyebabkan konflik besar seperti pertengkaran, tawuran, hingga perang antar suku.

  1. Bullying

Tampaknya dari konflik bisa juga berdampak bullying, dalam hal ini bisa saja seorang individu dari sebuah kelompok ketika sedang sendirian akan mengalami bullying oleh kelompok lain hanya karena anggapan bahwa kelompok mereka memiliki kebudayaan lebih baik. Bullying seperti ini tentunya sudah sangat sering terjadi di lingkungan masyarakat seperti halnya ketika sekelompok orang Jawa membully satu orang dari Papua hanya karena kebudayaannya.

  1. Adanya Batasan Daerah

Perlu anda ketahui dalam sebuah Negara pastinya ada batasan- batasan daerah dan anda juga bisa melihat perbedaan antropologi sosial dan sosiologi, salah satu sebab dari adanya batasan ini yaitu karena etnosentrisme. Dari sini bisa kita lihat pula bahwa setiap daerah memiliki kebudayaan berbeda- beda yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

  1. Banyaknya Kebudayaan Daerah

Karena adanya batasan daerah, maka tentu saja setiap daerah ini menganut paham etnosentrisme masing- masing dimana mereka akan mempertahankan kebudayaan masing- masing. Karena itu pula setiap kelompok manusia pada daerah tersebut akan saling bersaing dalam hal kebudayaan dan menciptakan kebudayaannya sendiri. Dari sinilah muncul banyak sekali kebudayaan di tiap- tiap daerah.

  1. Tidak Peduli Pada Hukum Negara

Perlu anda ketahui bahwa hukum Negara dan hukum adat istiadat dalam suatu budaya sangatlah berbeda. Kaum etnosentrisme cenderung lebih menjunjung hukum adat istiadat budaya mereka daripada hukum Negara. Disinilah seringkali terjadi pelanggaran hukum Negara karena lebih taat dengan budaya.

  1. Sulit Beradaptasi

Dampak lain dari etnosentrisme dan bisa dibilang ini adalah dampak negatif yaitu sulit beradaptasi, karena pemikiran dan tingkah laku cenderung mengangkat derajat budaya sendiri maka seorang individu maupun kelompok akan sulit beradaptasi jika harus berbaur dengan kelompok maupun individu lain. Ini juga dapat menyebabkan culture shock berlebih.

  1. Keangkuhan dan Kesombongan

Karena menganggap bahwa budaya sendiri lebih baik dan budaya lain tidak baik, maka seorang individu maupun kelompok tentu akan menjadi angkuh dan sombong. Dan sifat angkuh serta sombong dimana mereka menganggap diri sendiri memiliki budaya lebih baik ini bisa menjatuhkan mereka nantinya.

Sponsors Link

  1. Percaya Diri

Disisi lain, selain keangkuhan dan kesombongan ternyata etnosentrisme juga dapat melahirkan rasa percaya diri. Dalam hal ini secara budaya, ada nilai, norma, serta aturan dimana itu semua mengajarkan individu maupun kelompok untuk memiliki rasa percaya diri. Tidak hanya untuk menunjukkan bahwa kebudayaan mereka adalah kebudayaan terbaik tetapi rasa percaya diri juga digunakan dalam hal bersosialisasi.

  1. Egois

Adapun dampak negatif lain dari etnosentrisme, dimana seorang individu maupun kelompok akan memiliki sifat egois tinggi terhadap budaya mereka sendiri. Mereka hanya akan mementingkan diri sendiri maupun kelompok dalam hal maupun urusan yang menguntungkan mereka berdasarkan pada kebudayaan mereka sendiri.

  1. Berpikiran Sempit

Penganut paham etnosentrisme tidak bisa dan tidak mau menerima kebudayaan lain bahkan merasa dirinya paling baik dan inilah penyebab dari cara berpikir sempit. Tentu saja orang maupun kelompok dengan pemikiran sempit hanya akan memandang suatu hal dari satu sisi saja.

  1. Rasisme

Etnosentris sendiri juga bisa menimbulkan sifat rasis terhadap diri individu maupun kelompok dimana mereka akan selalu memandang rendah kebudayaan dan kelompok maupun individu lain. Bahkan mereka juga tidak segan- segan untuk menindas hanya karena ras yang berbeda, tentunya dengan ras berbeda kebudayaan pun akan sangat berbeda.

Itulah informasi mengenai dampak- dampak dari etnosentris yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat sera menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 27th, June 2019 / 07:28 Oleh :
Kategori : Sosiologi