Sponsors Link

3 Dampak Positif dan Negatif Dari Stratifikasi Sosial Terlengkap

Sponsors Link

Ketika Anda hidup di dalam suatu kelompok masyarakat tentu Anda sudah sering melihat keadaan dimana beberapa orang lebih di istimewakan di bandingkan dengan sebagian orang yang lainnya. Biasanya keadaan ini terjadi memang di karenakan keinginan seluruh masyarakat yang ada di tempat tersebut namun hal seperti ini juga bisa terjadi secara otomatis tanpa ada yang memulai karena sudah ada garis keturunannya sendiri.

ads

Pengertian Stratifikasi Sosial

Kondisi seperti penjelasan di atas biasa di sebut sebagai stratifikasi sosial. Namun penjelasan lebih lanjut perihal stratifikasi sosial yaitu perbedaan hak yang di peroleh oleh suatu kelompok orang sehingga munculah tangga atau hierarki di dalam masyarakat tersebut. Biasanya stratifikasi sosial ini di buat untuk mencapai tujuan pada masyarakat tersebut.

  • Tujuan pembentukan stratifikasi sosial

Sebuah stratifikasi sosial tentu di bentuk karena adanya tujuan tertentu. Tidak mungkin bukan sebuah aturan di masyarakat di bentuk tanpa ada tujuan tertentu? Sama dengan norma atau aturan lain yang ada di masyarakat, adapun tujuan pembentukan stratifikasi sosial adalah:

  1. Membagi masyarakat dalam bagian kelompok tertentu.
  2. Pembentukan stratifikasi sosial bertujuan untuk menyatukan setiap masyarakat yang berbeda pendapat menjadi satu dalam tata aturan sehingga hidup bisa beriringan tanpa muncul konflik.
  3. Menjadi pengawas setiap tingkah laku anggota masyarakat dalam menjalani aktifitas.
  4. Mengatur apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan oleh masyarakat sehingga tujuan hidup bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

Dampak Positif Stratifikasi Sosial

Karena stratifikasi sosial pasti terjadi di masyarakat maka akan ada dampak yang di timbulkan dari terjadinya stratifikasi sosial itu sendiri. Biasanya dampak ini terjadi di karenakan sikap masyarakat yang sudah memenuhi aturan atau bahkan melampaui aturan. 7 perbedaan kejahatan dengan kriminal yang sangat mudah di kenali yang harus Anda ketahui. Adapun dampak positif dari terjadinya stratifikasi sosial adalah sebagai berikut ini.

1. Menambah semangat bagi setiap masyarakat untuk hidup lebih baik

Stratifikasi sosial yang terjadi di masyarakat tidak hanya di timbulkan karena adanya garis keturunan. Namun juga bisa muncul karena salah satu masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik di bandingkan dengan kelompok masyarakat yang lainnya. Ternyata ini faktor-faktor penyebab terjadinya kriminalitas di masyarakat luas.

Karena ada pembeda antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain maka masyarakat yang masih di tingkatan bawah tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk menaikan kasta mereka ke tingkatan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sehingga kelompok masyarakat tersebut bisa naik lebih tinggi dari tingkatan yang sebelumnya.

2. Munculnya rasa rindu pada kampung halaman

Stratifikasi sosial yang kuat biasanya lebih sering terjadi di dalam masyarakat perdesaan. Karena hubungan antar warga masih lah kuat di bandingkan dengan orang yang tinggal di daerah perkotaan. Selain itu bisa di bilang orang yang tinggal di kampung lebih bisa menghormati antar sesama di bandingkan dengan di kota. Inilah kelebihan dan kekurangan konsiliasi yang belum di ketahui oleh banyak orang.

Sponsors Link

Sebab hal ini lah mengapa orang yang sudah terbiasa hidup bermasyarakat di kampung akan merindukan suasana desa mereka saat mereka sudah pindah ke kota. Karena masyarakat ini tidak menemukan kehangatan yang sama seperti di desa mereka. Dampak stratifikasi sosial ini bisa di bilang positif sebab setiap orang tidak akan lupa dari mana mereka berasal.

3. Masyarakat hidup damai menjadi satu

Dampak positif selanjutnya dari adanya stratifikasi sosial di dalam masyarakat adalah masyarakat bisa hidup dalam kedamaian tanpa adanya konflik. Sebab stratifikasi sosial adalah sebuah peraturan yang mengatur tentang perilaku di dalam masyarakat. Sehingga ketika antar sesama masyarakat sudah saling menghormati maka tidak akan ada pertikaian. Pengertian subordinasi dalam hukum yang penting untuk di pelajari.

Dampak Negatif Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial tidak hanya memiliki dampak positif saja namun juga ada dampak negatif dari peraturan satu ini. Dampak negatif yang di timbulkan akibat stratifikasi sosial adalah:

Sponsors Link

1. Konflik antar generasi

Jika stratifikasi di dalam masyarakat tidak berubah dari dahulu sampai sekarang maka bisa memicu terjadinya konflik antar generasi. Sebab semakin majunya jaman maka akan semakin maju juga pemikiran setiap orangnya apalagi bagi kaum muda. Sehingga ketika stratifikasi sosial tidak bisa mengikuti perkembangan jaman maka pertikaian pasti terjadi antara yang lebih tua dengan yang muda. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum yang harus di ketahui.

2. Konflik yang terjadi antar golongan

Dampak negatif selanjutnya dari stratifikasi sosial yang bisa terjadi di masyarakat adalah konflik antar satu golongan yang lebih tinggi dengan golongan lain di bawahnya. Konflik ini bisa terjadi karena perbedaan pendapat maupun rasa iri. Pahami permasalahan hukum di Indonesia dan cara mengatasinya berikut ini.

3. Konflik antar kelas

Stratifikasi sosial tidak hanya bisa terjadi antar golongan yang berbeda pendapat namun juga bisa terjadi antar kelas yang berbeda. Contohnya yang miskin tidak suka dengan yang lebih kaya ataupun sebaliknya. Ini manfaat mempelajari kebudayaan suku-suku bangsa yang bisa Anda dapatkan.

Nah itu tadi dampak positif dan negatif dari stratifikasi sosial dalam masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 26th, December 2018 / 01:25 Oleh :
Kategori : Pendidikan