Sponsors Link

12 Contoh Warisan Biologis Yang Membentuk Kepribadian dan Sering Ditemukan

Sponsors Link

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kepribadian merupakan gambaran sifat seorang individu yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Menurut ahli sosiologi Koentjaraningrat, kepribadian merupakan ciri watak seseorang yang terlihat sejak orang tersebut lahir dan akan berlaku konsisten serta konsekuen. Dari kedua pendaoat tersebut dapat dikatakan bahwa kepribadian adalah sifat dan sikap seseorang yang terbentuk sejak lahir dan menjadikannya sebagai sebuah ciri khas yang membedakannya dalam kelompok masyarakat. Setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda beda.

ads

Faktor pembentukan kepribadian individu terbagi menjadi lima yaitu warisan biologis, warisan lingkungan alam, warisan sosial, pengalaman kelompok dan pengalaman unik. Warisan biologis merupakan kepribadian yang didapatkan berdasarkan garis keturuanan. Jadi apa yang dimiliki orangtua kita bisa saja dimiliki oleh individu. Warisan biologis berlaku hanya untuk anak biologis atau yang terlahir dari kedua orangtuanya tersebut. Berikut ini adalah contoh warisan biologis.

  1. Albino

Albino merupakan kelainan pada pigmen kulit. Seseorang yang mengalami albino bisanya memiliki pigmen kulit yang kurang akibat dari minimnya produksi melanin. Albino merupakan salah satu contoh warisan biologis dalam bentuk penyakit.

  1. Alergi

Alergi merupakan salah satu cara respon tubuh ketika menerima sesuatu yang dianggap asing dan tidak cocok. Individu bisa mengalami alergi apabila kedua orangtuanya memiliki riwayat alergi.

  1. Buta warna

Buta warna merupakan penyakit yang mana cukup sulit membedakan beberapa jenis warna. Biasanya buta warna merupakan warisan dari genetic kromosom X.

  1. Ciri fisik

Contoh warisan biologis yang sangat terlihat adalah ciri fisik. Ciri fisik setiap orang memang berbeda dan tidak sepenuhnya sama meskipun orang tersebut kembar. Akan tetapi ciri fisik seorang anak biasanya turun dari kedua orangtuanya, Contoh yang sangat mudah kita temui adalah bentuk hidung, rahang, mata, alis, bibir, warna pupil dan lain sebagainya.

  1. Diabetes mellitus

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Penyebabnya adaaj insulin yang tidak bekerja dengan baik sehingga gula darah tidak terkontrol. Penyakit ini merupakan salah tu penyakit turunan yang akan dijumpai seseorang apabila orangtuanya memiliki riwayat.

  1. Golongan darah

Golongan darah merupakan salah satu contoh warisan biologis yang tidak dapat dipungkiri. Bahkan golongan darah anak dapat diprediksi menggunakan golongan darah orang tua. Misalnya ibu memiliki golongan darah O dan ayah memiliki golongan darah A, maka anak dari orangtua tersebut bisa bergolongan A maupun O dan tidak mungkin memiliki golongan darah B atau AB.

  1. Hemophilia

Hemophilia paling sering dijumpai pada kaum pria. Hemophilia ternyata adalah salah satu penyakit turunan. Penyebab dari hemophilia yaitu kekurangan faktor pembeku darah. Apabila seseorang memiliki riwayat hemophilia maka sulit untuk dicegah akan timbul pada sang anak.

  1. Jiwa seni
Sponsors Link

Kecintaan seseorang akan sesuatu hal biasanya sangat melekat. Misalnya seni, seseorang yang berjiwa seni akan sangat cinta dengan segala hal mengenai seni. Jiwa seni merupakan contoh warisan biologis karena adanya kemungkinan menurun jiwa tersebut kepada salah satu anak sebagaimana ciri-ciri hubungan sosial antara anak dan orangtua.

  1. Kebiasaan

Kebiasaan orang tua juga adalah contoh warisan biologis. Meskipun hal ini tidak selalu terjadi, tetapi kebanyakan kasus membuktikan bahwa hal tersebut benar adanya. Kebiasaan orang tua bisa menurun kepada sang anak.

  1. Kemampuan akademik

Percaya atau tidak percaya, ternyata kemampuan akademik tidak semata mata hanya karena belajar. Ada orang yang memiliki kemampuan akademik dari lahir yang mana mungkin dalam pembelajaran anak tersebut lebih mudah memahami. Menurut penelitian, kemampuan akademik seorang anak 55% berdasarkan gen yang dimiliki oleh orangtua.

  1. Keturunan kerajaan atau darah biru

Berasal dari keturunan bangsawan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari atau dipilih. Karena keturuanan bangsawan hanya terlahir secara biologis oleh kaum bangsawan. Tidak hanya memiliki fisik yang berbeda, namun sikap, pembawaan juga beda. Hal ini dikarenakan kebudayaan dan kebiasaan kaum bangsawan berbeda yang notaben segala sesuatu memiliki standar tertentu.

Sponsors Link

  1. Sifat orang tua

Sifat orang tua merupakan salah satu contoh warisan biologis yang sangat amat mudah ditemukan. Sebagian orang mungkin akan menentang karena  beberapa pendapat mengatakan bahwa sifat baik orang tua belum tentu anaknya juga akan memiliki sifat baik. Tidak ada yang salah dari pendapat tersebut, hanya saja sebenarnya sifat orangtua ada dalam diri seorang anak Bentuk-bentuk perubahan sosial akan terjadi sebagai akibat dari pergaulan yang mana juga sebagai faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang.

Selain warisan biologis, ada juga warisan lingkungan alam. Warisan lingkungan alam merupakan faktor pembentukan kepribadian yang dipengaruhi oleh kondisi geografis alam sekitar. Misalnya proses interaksi sosial antara suku asli yang tinggal dihutan dan orang modern yang tinggal diperkotaan. Ketiga adalah warisan sosial, contoh tindakan sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan manusia lainnya sebagai Syarat terjadinya interaksi sosial.

Interaksi sosial sosial dalam kelompok inilah yang akan menjadi sutau kebudayaan yang disebut dengah warisan sosial. Keempan adalah pengalamn kelompok. Individu membutuhkan kelompok untuk perkembangan hidupnya dan juga pembentukan kepribadian. Bayangkan saja apabila di dunia ini tidak ada orang lain maka pastinya individu tersebut tidak akan bertahan lama. Terakhir yaitu pengalaman unik. Sebagai ciri ciri hubungan sosial, seseorang pasti melakukan sosialisasi dengan orang lain. Selama proses sosialisasi berjalan pasti aka nada temuan atau pengalaman yang baru yang juga akan berpengaruh pada pembentukan kepribadian.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 06:49 Oleh :
Kategori : Pendidikan