Sponsors Link

10 Contoh Sosiologi Pembangunan Secara Umum dan Menurut Webster

Sponsors Link

Aguste Comte atau yang biasa disapa sebagai bapak sosiologi merupakan salah satu tokoh sosiologi terpenting yang berjasa dalam pembangunan dan pengembangan ilmu sosiologi. Ia lah yang pertama mengenalkan ilmu sosiologi pada masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu terapan yang mempelajari tentang segala tingkah laku dalam kehidupan masyarakat, mulai dari proses interaksi sosialciri ciri kelompok sosialbentuk hubungan sosial yang dijalani masyarakat, macam macam kelas sosial atau status sosial dalam masyarakat hingga upaya mengatasi masalah sosial.

ads

Contoh sosiologi pembangunan

Dalam sejarah perkembangan sosiologi, ilmu sosiologi kini telah berkembang lebih pesat dan disatukan dengan ilmu terapan lainnya. Salah satunya adalah sosiologi pembangunan yaitu ilmu sosial yang berbicara mengenai bagaimana pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan suatu negara atau suatu daerah serta memiliki dampak baik bagi kehidupan sosial masyarakat.

Sosiologi pembangunan memiliki peran untuk menciptakan keharmonisan dan kerukunan yang diimbangu dengan pembangunan. Dibawah ini merupakan 10 contoh sosiologi pembangunan yang diungkapkan oleh Webster dan yang ditemukan sehari hari.

Menurut Webster:

  • Posisi atau nasib negara miskin dalam hubungan sosial ekonomi dengan negara lainnya

Negara miskin notaben dengan pemasukan negara yang terbilang kecil, namun ternyata dengan hubungan sosial yang hendak dibangun justru mempengruhi akan hal tersebut. Sebut saja salah satu negara miskin yang memiliki hubungan kekerabatan dengan negara kaya seperti Qatar atau negara timur tengah lainnya, maka dalam beberapa kesempatan negara miskin tersebut bisa lebih mudah mendapat bantuan atau support dari negara sehabatnya yang lebih kaya. Selain itu dalam hal pembangunan juga akan disupport dalam bentuk kerjasama ekonomi dan lain sebagainya.

  • Karakter bangsa yang mempengaruhi pembangunan negara

Webster menyebutkan bahwa karakter bangsa menjadi salah satu indicator pembangunan ekonomi. Hal tersebut terbukti adanya, ambil saja contoh karakter bangsa yang pemalas. Apabila budaya atau karakter bangsa notaben pemalas, maka secara tidak langsung angka pengangguran di negara tersebut pun terbilang cukup tinggi. Bagaimana tidak jika orang orang dalam negara tersebut malas untuk bekerja. Sehingga pembangunan negara pun menjadi terhambat karena hal tersebut.

  • Hubungan budaya dan ekonomi dalam pembangunan

Budaya dan ekonomi memiliki hubungan dalam pembangunan. Faktor ekonomi jelas sangat terlihat karena keuangan menjadi salah satu indicator penting dalam pembangunan. Mustahil rasanya melakukan pembangunan tanpa uang. Sedangkan dari segi budaya biasanya berhubungan dengan kebiasaan yang telah tercipta pada masyarakat. Poin budaya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan poin B yaitu karakter bangsa karena karakter bangsa juga tercipta dari kebiasaan yang menjadi budaya.

  • Aspek sejarah mempengaruhi pembangunan ekonomi

Webster menyebutkan salah satu contoh sosiologi pembangunan adalah aspek sejarah yang mempengaruhi ekonomi. Seperti yang kita semua ketahui bahwa sejarah adalah guru yang berharga. Sejarah mencatat segala sesuatu yang terjadi dimasa lampau dan menjadi lentera untuk pembangunan kedepan.

  • Penerapan teori sosial mempengaruhi kebijakan
Sponsors Link

Dalam hal ini yang dimaskdukan adalah teori teori sosiologi dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan oleh para petinggi petinggi negara. Apabila kebijakan telah diambil maka akan berhubungan dengan pembangunan. Adanya kebijakan disebabkan oleh adanya rencana pembangunan.

Contoh sosiologi pembangunan secara umum:

  • Kebijakan presiden

Kebijakan presiden merupakan suatu ultimatum yang diambil oleh presiden atas rencana yang dirancang untuk mencapat satu tujuan tertentu. Salah satu contoh sosiologi pembangunan adalah kebijakan presiden, biasanya ketika presiden menerapkan suatu kebijakan maka berarti ia memiliki rencana pembangunan Misalnya kartu Indonesia pintar yang sengaja dikeluarkan untuk membantu masyarakat dalam menempuh pendidikan dasar, namun disisi lain kartu Indonesia pintar juga bisa menciptakan generasi bangsa yang lebih maju karena dapat melankukan studi dasar.

  • Pengembangan masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran

Contoh lainnya adalah pengembangan masyarakat seperti pelatihan. Didaerah pedesaan biasanya banyak masyarakat yang tidak memiliki kemampuan dasar atau tidak menempuh pendidikan dasar formal, namun sebenarnya jika dikembangkan biasanya mereka memiliki skill tertentu. Mengingat kini mencari pekerjaan harus memiliki pendidikan dasar formal atau kemampuan khusus, maka dapat dikatakan dengan adanya pengembangan masyarakat seperti pelatihan akan sangat membantu mengurangi angka pengangguran.

Sponsors Link

  • Pembangunan infrastruktur

Infrastruktur bukanlah suatu inti dari pembangunan namun infrastruktu menjadi poin terpenting dari pembangunan itu sendiri. dengan adanya pembangunan infrastruktur maka pengembangan sumber daya manusia juga akan berjalan dengan baik. Ambil saja contoh sekolah, jika suatu daerah memiliki sekolah yang memadai maka pengembangan dari faktor pendidikan pun bisa berjalan dengan mulus.

  • Pengembangan asset daerah

Contoh sosiologi pembangunan adalah dengan mengembangkan asset daerah. setiap daerah memiliki asset serta potensi yang berbeda beda. Namun sayangnya permasalahan yang paling sering dijumpai adalah kurangnya perhatian untuk mengembangkan asset serta potensi yang dimiliki. Dengan mengembangkan asset daerah, maka akan diiringi oleh pengembangan sumber daya manusia yang juga berujung pada pembangunan sosial.

  • Wajib pendidikan 12 tahun

Contoh yang paling nyata dari sosiologi pembangunan adalah penerapan kebijakan pendidikan 12 tahun. Awalnya Indonesia hanya memiliki kebijakan wajib pendidikan 6 tahun, namun kini sudah dikembangkan menjadi 12 tahun yaitu jenjang SD, SMP dan SMA.

Dengan adanya kebijakan tersebut maka generasi muda secara tidak langsung wajib menempuh ketiga jenjang tersebut dan juga bisa membawa dampak yang baik bagi pengembangan sumber daya manusia dari segi pendidikan. Sumber daya manusia yang terasah dengan baik bisa membawa kemajuan bagi daerah tersebut.

Demikian beberapa adanya contoh dari sosiologi pembangunan yang dijelaskan dari secara umum dan juga menurut webster.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, July 2018 / 05:44 Oleh :
Kategori : Sosiologi