Sponsors Link

4 Contoh Sosiologi Komunikasi Berdasarkan Objek Kajiannya

Sponsors Link

Sosiologi sebagai keilmuan memiliki aplikasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Hal itu ditunjukkan dengan adanya pengembangan penerapan sosiologi menjadi sosiologi pertanian, sosiologi pedesaan, sosiologi pembangunan, sosiologi komunikasi, dan sebagainya. Nah, artikel kali ini akan membahas contoh salah satu pengembangan sosiologi yaitu contoh sosiologi komunikasi.

ads

Pengertian Sosiologi Komunikasi

Sosiologi komunikasi pada dasarnya sama dengan bentuk pengembangan sosiologi lainnya. Sosiologi komunikasi merupakan perpaduan dua ilmu yaitu sosiologi dan komunikasi. Sosiologi telah kita pahami sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Ada pun komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari proses penyampaian pesan dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) melalui media dengan hasil akhir berupa timbal balik (feedback). Berdasarkan dua definisi tersebut, sosiologi komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi sosial manusia dalam hidup bermasyarakat, termasuk di dalamnya contoh kontak sosial primer dan sekunder berikut segala aspek yang berhubungan dengan interaksi tersebut.

Objek dan Contoh Sosiologi Komunikasi

Sosiologi secara mandiri memiliki objek kajian yang dirangkum dalam macam-macam realitas sosial, sedangkan sosiologi komunikasi memiliki objek kajian tersendiri yang berkaitan dengan keilmuan komunikasi. Berikut objek kajian dan contoh sosiologi komunikasi :

  • Efek media massa

Masyarakat khususnya yang telah terpapar pengaruh globalisasi sangat intens dalam penggunaan media massa, baik media massa konvensional maupun media massa modern sebagai alat komunikasi zaman sekarang. Masyarakat akan mampu mencerna informasi yang ditayangkan media hingga memengaruhi pola pikir dan perilaku kesehariannya. Contoh efek media massa adalah para penonton anime yang fanatik (fans) sering berdandan mirip tokoh kartun anime yang disukainya (cosplay).

  • Proses dan interaksi sosial

Proses dan interaksi sosial melibatkan proses penyampaian pesan antar individu, antar individu dengan macam-macam kelompok sosial, maupun antar kelompok sosial. Individu dalam berinteraksi akan mengemas informasi sebaik mungkin disesuaikan dengan tujuan ia berkomunikasi berikut pihak yang ia tuju sebagai penerima. Contohnya seorang ketua RT membuat surat edaran terkait perlombaan 17 Agustus bagi semua warganya. Media surat dipilih karena ketua RT tentu tidak dapat menjangkau seluruh anggota masyarakat secara langsung melalui mulut ke mulut. Contoh komunikasi satu ini dikategorikan bukan contoh kontak sosial langsung dan tidak langsung berdasarkan cara dan media penyampaian.

  • Teknologi komunikasi

Contoh sosiologi komunikasi pada objek satu ini bukan lagi hal yang sulit ditemukan di masyarakat. Perkembangan teknologi komunikasi merupakan contoh modernisasi yang mampu mengubah cara komunikasi masyarakat dengan keunggulannya dalam mempersempit ruang dan mempersingkat waktu. Contoh teknologi komunikasi adalah penggunaan smartphone guna menghubungkan keluarga yang berada di desa dengan keluarga yang berada di kota.

Adanya teknologi komunikasi juga terasa manfaatnya bagi bidang-bidang kehidupan lain seperti ekonomi dan pendidikan. Contoh teknologi komunikasi bidang ekonomi adalah adanya aplikasi marketplace yang digunakan untuk jual beli secara online. Ada pun contoh teknologi komunikasi bidang pendidikan dapat ditemui pada sistem kuliah online di beberapa perguruan tinggi, perpustakaan elektronik (e-library), dan aplikasi les online

  • Perubahan sosial budaya

Ketika individu dengan individu lain berinteraksi, terdapat pesan yang saling ditukarkan satu sama lain, salah satunya pesan sosial budaya. Individu dengan masing-masing perbedaannya mampu mentransmisikan nilai-nilai sosial dan budaya yang ia anut kepada individu lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan muncul unsur-unsur perubahan sosial budaya yang terjadi akibat pertukaran nilai-nilai tersebut.

Contohnya turis Amerika yang bermukim di Bali umumnya cenderung mempelajari budaya Bali dan daerah Indonesia lainnya, bahkan mampu berbicara bahasa Indonesia dengan fasih.  Itulah empat contoh sosiologi komunikasi berdasarkan objek kajiannya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 15th, August 2018 / 04:17 Oleh :
Kategori : Sosiologi