Sponsors Link

5 Contoh Sosiologi Gender Dalam Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui jika saat ini kesetaraan gender sudah ada di Indonesia. Dengan adanya kesetaraan gender ini maka gender perempuan sudah tidak lagi di sepelekan keberadaannya dan tentu saja lebih di hormati. Bahkan saat ini sudah banyak pemimpin daerah seorang perempuan bahkan pemimpin negeri juga sudah ada yang perempuan.

ads

Contoh Sosiologi Gender Dalam Kehidupan Masyarakat

Sosiologi gender muncul semenjak adanya perbedaan gender di Indonesia dan masih banyaknya kasus pelecehan seksual terhadap perempuan. Sosiologi gender sendiri berisikan tentang tata peraturan atau kajian seputar kesetaraan gender secara lengkap dan benar. Adapun contoh sosiologi gender dalam kehidupan masyarakat adalah:

1.Perempuan tidak lagi terasing di masyarakat

Dahulu perempuan di anggap tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang di miliki oleh pria. Sehingga wanita cenderung di tempatkan pada pekerjaan yang sangat mudah bahkan tidak di perbolehkan menjadi wanita karir namun hanya di izinkan menjadi ibu rumah tangga saja. Ini faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial dan harus Anda ketahui.

Namun semenjak adanya sosiologi gender maka saat ini perempuan sudah tidak terangsingkan lagi. Dimana keberadaan perempuan sudah lebih di hargai dan juga di perbolehkan memiliki pekerjaan yang tingkatnya sama dengan laki-laki. Bahkan perempuan juga memiliki hak yang sama dengan pria. Beberapa manfaat mempelajari kebijakan sosial yang bisa Anda dapatkan.

2. Keberadaan wanita tidak lagi di nomor duakan

Saat kesetaraan gender belum masuk ke Indonesia, negara ini masih menganut paham subordinasi. Dimana paham atau keyakinan ini memiliki arti sebagai aktivitas atau pendapat masyarakat yang berkeyakinan bahwa wanita jauh di bawah pria dan sampai kapan pun tidak akan pernah mencapai tingkatan yang sama. Contoh perilaku konsumerisme yang ada di sekitar Anda.

Bahkan banyak orang yang menomor duakan keberadaan wanita. Tidak jarang juga pendapat wanita baik dalam bidang apapun itu tidak penting. Namun semenjak adanya sosiologi gender maka keberadaan wanita sudah tidak di nomor duakan lagi. Dan wanita bisa menyumbangkan suaranya. Inilah perbedaan konsumerisme dan hedonisme yang harus di ketahui.

3. Penghapusan tindakan diskriminasi gender

Contoh sosiologi gender dalam kehidupan masyarakat selanjutnya adalah hilangnya tindakan atau sikap diskriminasi pada suatu gender. Sehingga semua gender bisa melakukan aktivitas setiap hari dengan lebih leluasa tentunya. Beberapa faktor penyebab perilaku konsumerisme ini harus lah Anda pelajari.

4. Pembagian peran yang seimbang

Semenjak sosiologi gender berlaku maka pembagian peran di dalam kehidupan bermasyarakat juga semakin adil dan tidak memihak. Dimana tidak hanya perempuan yang bisa mengambil tugas pria namun pria juga bisa membantu wanita ketika sedang bekerja. Penyebab hedonisme yang masih belum di ketahui banyak orang.

5. Berkurangnya tingkat kekerasan pada wanita

Jika dahulu Anda sering menyaksikan kekerasan terhadap perempuan. Maka saat ini tindakan ini sudah menurun jauh karena ada pihak yang membela seorang perempuan dan ini menjadi contoh sosiologi gender dalam kehidupan masyarakat yang sangat positif. Inilah perbedaan valuta asing dan devisa yang harus di pelajari.

Nah itu tadi beberapa contoh sosiologi gender dalam kehidupan masyarakat.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 22nd, January 2019 / 03:40 Oleh :
Kategori : Ekonomi