Sponsors Link

7 Contoh Realitas Sosial Budaya Dalam Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Realitas sosial merupakan contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam bentuk kenyataan kehidupan di lingkungan masyarakat yang terjadi karena adanya interaksi dan hubungan antar komponen masyarakat. Realitas sosial ini merupakan sesuatu yang benar terjadi di kehidupan sehari-hari. Realitas bukanlah mengenai hal-hal yang buruk saja, namun realitas adalah hal-hal yang memang terjadi di kehidupan bermasyarakat.

ads

Akibat adanya ciri-ciri dinamika sosial di masyarakat, kondisi realitas sosial juga dapat berubah. Namun pada umumnya bentuk realitas sosial masih sama dari waktu ke waktu, hanya keaadan dan permasalahan yang terjadi yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai contoh realitas sosial dalam masyarakat di kehidupan sehari-hari.

1. Keluarga

Keluarga merupakan unit terkecil di masyarakat dan realitas sosial yang paling sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Keluarga memiliki fungsi untuk memberikan pendidikan pertama bagi anak-anaknya, terutama pendidikan mengenai moral dan nilai-nilai. Peran keluarga menjadi sangat penting karena keluarga adalah tempat pendidikan pertama dan yang paling banyak terjadi interaksi di kehidupan sehari-hari. Setiap keluarga tentu memiliki ciri khas dan nilai-nilai serta budaya sendiri. Keluarga juga memiliki fungsi sebagai tempat mendapatkan pendidikan dan perlindungan. Dalam hal inilah terlihat realitas sosial di kehidupan keluarga.

2. Institusi atau Sekolah

Jenis institusi sosial atau sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu. Idealnya, sebuah sekolah memiliki fasilitas yang layak serta lingkungan yang nyaman agar siswa dapat belajar dengan nyaman. Nyatanya, meskipun banyak ditemukan sekolah mewah dengan berbagai fasilitas yang lengkap, masih ada banyak pula sekolah yang masih memerlukan perhatian.

Masih ada sekolah yang dekat dengan tempat yang berisik, sulit untuk dijangkau, dan memiliki fasilitas yang memprihatinkan. Hal-hal ini yang seharusnya diperhatikan karena hal ini juga berkaitan dengan semangat siswa untuk belajar dan hak setiap siswa untuk mendapatkan fasilitas yang terbaik.

3. Lingkungan Masyarakat

Masyarakat adalah sekumpulan orang yang hidup di suatu daerah tertentu dan memiliki hubungan serta interaksi satu sama lain. Karena adanya interaksi ini, banyak realita sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Manusia tidak bisa hidup sendiri, melainkan membutuhkan orang lain di kehidupannya. Hal ini membuat interaksi di lingkungan masyarakat tidak bisa dihindari.

Setiap manusia memiliki nilai-nilai dan kepribadiannya masing-masing, sehingga saat berinteraksi dengan orang lain akan banyak hal yang dapat terjadi. Hal-hal ini bisa jadi merupakan interaksi yang asosiatif maupun yang disosiatif. Meskipun saling membutuhkan dan banyak terjadi saling membantu di lingkungan masyarakat, nyatanya interaksi dengan orang lain juga dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Misalnya apabila terjadi perbedaan pendapat dan kepentingan antar dua pihak atau lebih. Hal ini wajar terjadi, namun seharusnya diselesaikan dengan cara yang baik.

4. Agama

Agama merupakan seperangkat sistem ajaran yang menghubungkan manusia dengan Tuhan. Di Indonesia, ada keberagaman dalam beragama yang sudah terjadi sejak lama. Apabila perintah agama masing-masing dilaksanakan dengan baik dan taat, maka kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan masyarakat dapat diwujudkan.

5. Ekonomi

Sponsors Link

Ekonomi berkaitan dengan cara-cara manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Memang pada kenyataannya masih banyak rakyat yang belum mampu untuk memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan pihak lain. Masih ada kesenjangan yang cukup jauh antara yang kaya dengan yang miskin. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan saling membantu antar manusia.

Karena pada dasarnya manusia saling membutuhkan dan sudah menjadi sebuah keharusan bagi yang mampu untuk membantu yang belum mampu. Namun jika diperhatikan lebih dalam, saat ini sudah banyak program yang dibuat untuk membantu perekonomian orang-orang yang masih kurang beruntung. Diantaranya adalah pemberian modal untuk usaha, pelatihan dan sosialisasi agar lebih banyak orang yang berwirausaha, serta sudah banyak orang yang menjadi lebih berani untuk membuat usaha sendiri.

6. Budaya

Setiap daerah memiliki kebudayaannya masing-masing yang tentunya sangat unik dan menjadi kekayaan negara yang berharga. Meskipun globalisasi sudah tak mungkin lagi dihindari dan semakin banyak kebudayaan luar yang masuk, masih ada rakyat Indonesia yang masih mau untuk melestarikan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Sponsors Link

Hal ini juga bermanfaat sebagai mata pencaharian dan sebagai daya tarik wisatawan asing. Mempelajari kebudayaan daerah juga dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah sejak sekolah dasar sehingga sejak kecil siswa telah mengenal kebudayaan daerahnya masing-masing.

7. Status Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia memiliki status dan perannya masing-masing. Status ini juga biasanya tergantung pada keluarga masing-masing. Status dan peran ini telah ada sejak lama dan tujuannya adalah untuk menjaga keteraturan.

Setiap orang memang memiliki kemampuan dan tugasnya masing-masing sehingga setiap permasalahan sewajarnya diselesaikan oleh orang yang memang ahli di bidangnya. Sayangnya, seseorang bisa mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang berbeda akibat perbedaan status yang dimilikinya. Perbedaan ini memang sesuatu yang terjadi secara alamiah dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian penjelasan mengenai contoh realitas sosial di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 25th, September 2018 / 06:25 Oleh :
Kategori : Sosiologi