Sponsors Link

12 Contoh dan Pengertian Rasisme Wajib Tahu

Sponsors Link

Pembahasan materi kali ini yaitu mengenai rasisme yang berbeda dengan contoh diferensiasi etnis yang terjadi di Indonesia, sebelum anda mempelajari lebih dalam mengenai seluk beluk rasisme tentunya anda perlu mengetahui hal- hal dasar mengenai rasisme terlebih dahulu. Salah satu hal paling mendasar yang perlu anda ketahui ketika mempelajari rasisme, anda mengetahui pengertiannya. Ada beberapa pengertian rasisme menjadi dasar dan landasan teori dari rasisme, sebelumnya seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki keragaman suku, ras, etnis, budaya, bahasa, agama, dan lain- lain. Dalam hal ini untuk menyatukan seluruh masyarakat menjadi satu bangsa dalam satu Negara diciptakanlah pancasila dan satu kalimat kebanggaan penyatu bangsa Indonesia yaitu “Bhineka Tunggal Ika”.

ads

Pengertian Rasisme

Kalimat “Bhineka Tunggal Ika” memiliki arti yaitu berbeda- beda tetapi tetap satu dan anda juga bisa melihat contoh diferensiasi jenis kelamin yang kerap terjadi, hal ini juga menjadi pedoman bangsa Indonesia agar bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan antar umat manusia di tanah air Republik Indonesia. Dan berikut merupakan pengertian dari Rasisme menurut beberapa ahli dan cendikiawan.

  • Pramoedya Ananta Toer

Menurut Pramoedya Ananta toer, rasisme juga dapat disebut dengan rasialisme dimana ini merupakan sebuah pemahaman yang diciptakan individu maupun golongan masyarakat untuk menolak perbedaan pada golongan lain. Perbedaan yang dimaksud adalah perbedaan didasarkan pada ras, dengan kata lain perbedaan ini sangat berlainan antar golongan.

  • Oliver C.Cox

Berdasarkan sebuah teori yang dikemukakan oleh Oliver berbeda dengan Contoh Objek Formal dan Material Sosiologi, rasisme sendiri sebenarnya merupakan sebuah peristiwa. Dalam hal ini sebuah peristiwa akan menimbulkan sebuah situasi dimana situasi tersebut memiliki nilai. Dan nilai ini tercipta secara khusus dalam sebuah kelompok berdasar pada perspektif kulturalnya dengan sebuah pandangan bahwa semua nilai sosial masyarakat maupun golongan lain di luar golongan tersebut adalah salah.

  • Alo Liliweri

Adapun pengertian rasisme menurut Alo liliweri yaitu condong pada sebuah ideology berdasarkan pada tindak diskriminasi terhadap individu maupun golongan karena perbedaan ras. Dalam hal ini, menurut Alo sendiri rasisme juga bisa menjadi sebuah doktrin politis.

Itulah beberapa pengertian para ahli lalu anda juga bisa melihat contoh pengendalian sosial kuratif dan dari semua pengertian yang ada dapat diambil kesimpulan yang menjadi pengertian dari rasisme secara umum. Rasisme merupakan sebuah ideologi berdasarkan pada sebuah kepercayaan dan keyakinan bahwa ciri- ciri tertentu yang ada pada diri manusia sejak lahir merupakan sebuah perbedaan dimana perbedaan ini dapat menimbulkan sebuah tindakan diskriminasi antar golongan.

Contoh Rasisme

Dari pengertian- pengertian di atas merupakan dasar utama bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai rasisme. Sebenarnya, dimasyarakat saat ini rasisme tampaknya sudah tidak terlalu dilebih- lebihkan mengingat banyaknya undang- undang serta peraturan mengenai rasisme yang perlu diminimalisir. Rasisme sendiri ada karena banyak penyebabnya :

  1. Perbedaan ras yang tidak diakui sehingga di diskriminasi,
  2. Cara bersosialisasi dalam keluarga yang kurang tepat,
  3. Adanya kebijakan pemerintah yang dapat menimbulkan tindak diskriminasi, dan
  4. Budaya serta adat istiadat.

Itulah beberapa penyebab dari rasisme dimana semua penyebab di atas sebetulnya dapat diatasi berbeda dengan contoh pengendalian koersif yang kerap terjadi disekitar, selain mempelajari tentang pengertian dan penyebab rasisme seperti di atas maka anda juga perlu mengetahui apa saja contoh tindakan rasisme. Berikut adalah contoh- contoh sederhana dari rasisme.

  1. Diskriminasi Warna Kulit

Contoh dari rasisme yang pertama yaitu diskriminasi warna kulit dimana ini sering terjadi dari dulu hingga sekarang pun masih banyak sekali orang melakukannya. Seperti di India, dimana India sendiri merupakan sebuah Negara berkembang. Sejak kecil seorang anak di India diajarkan untuk lebih bersikap baik dan ramah bahkan harus memuja orang berkulit putih dan merendahkan orang berkulit hitam. Walaupun kita tahu bahwa sebenarnya mayoritas orang india adalah berkulit hitam, namun ini sudah menjadi sebuah ajaran turun temurun mulai dari masa penjajahan hingga saat ini.

Sponsors Link

  1. Diskriminasi Antar Golongan Dalam Satu Agama

Bisa dilihat bahwa suatu agama sendiri memiliki banyak sekali golongan dan golongan- golongan ini tentunya didasari pada satu kitab yang sama sebenarnya. Seperti jika kita melihat agama Islam yang memiliki banyak sekali jenis golongan. Diantaranya, ada golongan syiah dan sunni dimana kedua golongan ini sangat fanatik dengan ajaran serta aturannya masing- masing. Namun perlu anda ketahui, bahwa kedua golongan ini tampaknya memiliki sebuah konflik dan tidak dapat didamaikan hingga saat ini. Keduanya saling mendiskriminasi karena merasa paling benar dengan ajaran dan aturannya.

  1. Politik Apartheid Di Afrika Selatan

Berbeda dengan jenis politik pada umumnya, tindakan politik di Afrika selatan dimana ini mengenai diskriminasi terhadap kaum berkulit gelap. Dalam hal ini anda juga bisa melihat contoh pengendalian Institusional, politik apartheid sendiri menyangkut pelayanan publik dimana mereka harus mengutamakan orang- orang berkulit putih dan menindas kaum golongan kulit gelap. Seiring berjalannya waktu, politik apartheid sudah tidak dilakukan lagi dan telah ditiadakan hingga kini.

  1. Penghinaan Terhadap Individu Dalam Berkata

Contoh berikutnya yaitu dalam hal berkata kepada orang lain, beberapa kata sendiri memiliki sebuah ungkapan pada rasisme dan tindak diskriminasi seperti kata “kampungan”. Dalam hal ini kata “kampungan sendiri memiliki sebuah arti penghinaan bagi orang- orang desa yang mencoba untuk beradaptasi di kota, maupun sebuah penghinaan terhadap orang- orang yang memiliki kekurangan dalam hal IPTEK.

ads
  1. Melakukan Tindakan Bully Antar Wanita

Saat ini bisa kita lihat hampir semua wanita ingin menjadi cantik berbeda dengan contoh dan ciri-ciri fakta sosial, mereka bahkan rela menghabiskan banyak uang dan melakukan operasi plastik demi kecantikan. Hal ini karena adanya tindakan rasisme dan diskriminasi sosial. Banyak sekali wanita merendahkan fisik wanita lain karena terlihat kurang. Bahkan diantaranya tidak segan- segan untuk melakukan tindakan bully kepada wanita lain karena bentuk fisiknya yang kurang menarik.

  1. Mengasingkan Orang Cacat

Hingga saat ini tidak semua orang bisa menerima orang lain karena bentuk fisik maupun mental yang berbeda. Beberapa orang dengan kelainan fisik maupun mental bahkan cenderung diasingkan dari masyarakat sosial. Ini merupakan salah satu bentuk rasisme dimana mereka tidak bisa menerima kehadiran perbedaan secara fisik maupun mental seseorang dalam satu golongan.

  1. Menghina Asal Daerah Seseorang

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali daerah bahkan pulau di Indonesia, namun banyak pula golongan yang tidak bisa menerima kehadiran seorang individu dari daerah lain. Seperti ketika kita melihat sejarah perang sampit, dimana dalam perang tersebut orang Kalimantan tidak bisa menerima kehadiran orang Madura karena hal lain. Tidak hanya itu bahkan perang harus terjadi antar kelompok golongan tersebut.

  1. Benteng Antara Si Kaya dan Si Miskin

Sangat lumrah sekali bahkan kejadian ini sering terjadi di lingkungan sekitar kita dimana orang kaya tidak mau dan tidak bisa berbaur dengan orang miskin. Dilihat dari segi ekonomi dan kehidupan memang sangat jauh berbeda, kebanyakan orang kaya merasa dirinya memiliki banyak sekali kelebihan dimana itu semua tidak dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu mereka juga memiliki tingkat gengsi yang tinggi, dalam hal ini terciptalah sebuah batasan sosial atau bisa juga disebut dengan benteng antara si kaya dan si miskin.

  1. Diskriminasi Murid Oleh Guru

Setiap murid pastinya memiliki kemampuan berbeda- beda dan beberapa guru cenderung lebih menyukai murid yang pintar dan memiliki tingkah laku baik. Dalam hal ini menimbulkan rasisme, dimana para guru kebanyakan hanya memperhatikan murid- murid yang pintar sedangkan bagi murid yang kurang terhadap nilai dan kurang paham dengan teori serta memiliki tingkah laku kurang kadang tidak dihiraukan dan malah lebih sering ditindas atau jadi incaran untuk dikenai hukuman.

  1. Perlakuan Berbeda Pada Orang Berhijab

Di Negara- Negara dengan minoritas kaum muslim seperti di Eropa maupun Amerika tampaknya kaum muslim dengan hijab masih dipandang rendah. Hal ini tentu didasari oleh perbedaan agama, selain itu kaum berhijab dianggap sebagai salah satu bagian dari hal yang negatif. Mengingat banyak sekali pelaku teroris memakai hijab dan cadar sehingga membuat pandangan negatif kepada kaum muslim berhijab. Dalam hal ini pula di masyarakat kebanyakan kaum muslim berhijab mendapat perlakuan tidak adil dan cenderung diremehkan bahkan di olok- olok.

Sponsors Link

  1. Perbedaan Perlakuan Antara PNS dan Pegawai Biasa

PNS atau bisa dibilang sebagai salah satu bagian dari pegawai pemerintahan tentunya memiliki banyak sekali pekerjaan, sama halnya dengan seorang pegawai biasa di instansi yang sama. Dilihat dari prosedur pengajian pun memang berbeda, namun tidak hanya itu saja. Di setiap kantor pemerintahan maupun di masyarakat, PNS dipandang memiliki derajat lebih tinggi daripada pegawai biasa bukan hanya karena gajinya saja. Inilah yang membuat para PNS lebih dihargai daripada pegawai biasa di lingkungan masyarakat.

  1. Perbedaan Perlakuan Antara Karyawan

Tampaknya di dunia kerja pun rasisme masih saja ada, banyak sekali karyawan saat ini membentuk kelompok- kelompok berdasarkan tingkatan mereka. Bagi mereka yang memiliki tingkat pekerjaan lebih tinggi seringkali tidak mau berbaur dengan karyawan lain dengan jabatan di bawah mereka. Tak jarang pula penindasan antar karyawan pun sering terjadi antara karyawan dengan jabatan tinggi dengan karyawan dengan jabatan rendah.

Itulah berbagai contoh dari rasisme yang dapat kami sampaikan, contoh- contoh di atas tentunya didasari oleh pengertian umum dari rasisme itu sendiri. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 01st, July 2019 / 07:35 Oleh :
Kategori : Sosiologi