Sponsors Link

2 Contoh Proses Internasionalisasi Dalam Globalisasi di Indonesia

Sponsors Link

Sejak di tingkat Sekolah Dasar, kita sudah sering diingatkan tentang globalisasi. Globalisasi digambarkan sebagai “terhapusnya” batasan antara satu negara dengan negara lainnya dalam berbagai aspek. Ada begitu banyak orang yang memperdebatkan tentang globalisasi karena membawa banyak dampak globalisasi ke Indonesia. Contoh dampak yang terjadi adalah dampak globalisasi terhadap urbanisasi dan macam-macam perubahan non material akibat globalisasi. Orang yang setuju dengan adanya globalisasi menganggap bahwa globalisasi membantu negara kita menjadi semakin lebih baik. Kita sadar bahwa kita tidak dapat bergerak sendiri. Bagi orang yang tidak setuju, mereka menganggap globalisasi menghilangkan nilai-nilai dasar yang sudah ditanam oleh nenek moyang orang Indonesia.

ads

Budaya dan pesan moral yang teguh dipegang oleh orang Indonesia perlahan mulai memudar. Namun, dari sekian panjang perdebatan tersebut, banyak orang yang salah menganggap globalisasi sebagai internasionalisasi. Banyak juga orang yang tidak mengetahui perbedaan modernisasi dan globalisasi serta perbedaan globalisasi dan westernisasi. Hal ini menyebabkan perdebatan mengenai globalisasi semakin panjang. Globalisasi adalah proses yang tidak dapat dihindari, sedangkan internasionalisasi adalah pilihan bagi suatu negara. Dengan pengertian tersebut, proses internasionalisasi dalam globalisasi memang penting untuk diperhatikan. Berikut beberapa proses internasionalisasi dalam globalisasi yang dilakukan oleh negara Indonesia.

  • Proses internasionalisasi dalam globalisasi di Indonesia pada bidang ekonomi

Kita tentu mengetahui sebuah lembaga bernama WTO (World Trade Organisation). WTO merupakan sebuah lembaga internasional yang berusaha untuk menciptakan perdagangan internasional yang bebas. WTO mendorong negara-negara di dunia untuk melakukan proses internasionalisasi dalam globalisasi dengan membuka perekonomian domestik pada perekonomian global. Proses internasionalisasi dalam globalisasi ini akan meningkatkan kemampuan bersaing negara.

Namun, ternyata proses internasionalisasi dalam globalisasi pada bidang ekonomi pun dapat memberikan dampak buruk. Contoh nyata dampak tersebut adalah krisis moneter yang pernah dialami oleh Indonesia. Krisis moneter ini terjadi akibat tingkat interdependensi Indonesia yang sangat tinggi dalam sistem perekonomian global. Indonesia saat itu tidak sepenuh hati melakukan proses internasionalisasi dan tidak memiliki strategi yang kuat dalam perekonomian. Krisis moneter ini pun semakin menjadi-jadi sehingga terjadi krisis politik dan berakhir pada jatuhnya orde baru.

  • Proses internasionalisasi dalam globalisasi di Indonesia pada bidang pendidikan

Globalisasi menyebabkan banyak masyarakat Indonesia  mendambakan pendidikan yang lebih baik. Banyak orang yang merasa bahwa mereka bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik di luar daerah mereka. Kita pun kemudian banyak mendengar cerita pemuda Indonesia yang kemudian pergi merantau, ke luar kota, ke luar pulau, bahkan sampai ke luar negeri untuk mengenyam pendidikan. Tidak hanya orang Indonesia yang merantau, orang dari luar negeri pun banyak yang kemudian masuk ke Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Tidak sedikit kita lihat orang dari luar negeri berkeliaran di kampus-kampus di Indonesia.

Saat ini pun banyak kampus yang berusaha mencapai titel World Class University. Satu per satu kampus dan sekolah membuka program internasional. Saat ini juga banyak sekolah internasional yang tersedia sehingga siswa mendapatkan pendidikan sesuai kurikulum luar negeri. Hal ini pun mendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan proses internasionalisasi dalam globalisasi pada bidang pendidikan. Sistem kerja sama, pertukaran pelajar banyak diselenggarakan. Masih ada banyak proses internasionalisasi dalam globalisasi di Indonesia. Indonesia melakukan proses internasionalisasi dalam globalisasi tidak hanya pada bidang ekonomi dan pendidikan.

Indonesia juga melakukannya pada bidang perdagangan, politik, budaya, dan lainnya. Proses internasionalisasi dalam globalisasi ini akan membawa banyak dampak bagi Indonesia entah itu dampak baik ataupun buruk. Misalnya, proses ini memberikan suatu hubungan globalisasi dengan komunitas lokal dan pengaruh globalisasi terhadap perubahan sosial. Satu hal yang pasti adalah kita yang harus mampu menyaring dampak-dampak tersebut. Mari mengambil dampak yang baik untuk terus kita lanjutkan dan mari kita buang dampak yang buruk tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 19th, June 2019 / 06:17 Oleh :
Kategori : Sosiologi