Sponsors Link

12 Contoh Primordialisme yang Terjadi Pada Masyarakat Indonesia

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan Negara dengan banyak sekali pulau dan karena itu pula di Indonesia juga memiliki banyak sekali suku yang tersebar di berbagai daerah. Walaupun saat ini zaman sudah berubah dimana kebudayaan dan nilai adat istiadat mulai pudar dan simak juga contoh kreolisasi dalam sosiologi, namun tetap saja seseorang tidak akan lupa dengan identitas yang dibawa sejak lahir. Berkaitan dengan ini, kali ini kita akan membahas tentang primordialisme dimana secara kamus besar bahasa Indonesia memiliki pengertian sebagai rasa kesukuan berlebihan pada diri seorang individu.

ads

Adapun pengertian dari primordialisme secara etimologi yaitu diambil dari bahasa latin “ Primus” dengan arti pertama dan “Ordiri” dengan arti ikatan. Jika anda masih belum paham dengan arti primordialisme simak juga perbedaan Antropologi Budaya dan Antropologi Hukum, adapun pengertian secara umum mengenai primordialisme yaitu sebuah paham dimana seorang individu memegang teguh pembawaannya sejak lahir. Mulai dari tradisi, adat istiadat, ras, etnik, suku bangsa, agama, kepercayaan, dan segala sesuatu dimana ia tinggal pada lingkungan pertamanya.

Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

Pengertian di atas merupakan dasar jika anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai primordialisme berbeda dengan manfaat sosial budaya sebagai pedoman hidup masyarakat, namun akan lebih dipertegas dengan teori- teori yang dikemukakan oleh para ahli mengenai pengertian dari primordialisme berikut ini.

  • Charles Hoton Cooley

Charles mengemukakan bahwa primordialisme memiliki arti dimana sebuah kelompok primer dapat menentukan kepribadian seorang individu dalam menjalani hidupnya. Bisa dikatakan bahwa kelompok primer merupakan sebuah lingkungan dimana lingkungan tersebut mempengaruhi seorang individu sejak lahir sehingga timbul adanya rasa kesatuan pada individu tersebut terhadap kelompok primernya dan inilah yang disebut dengan primordialisme.

  • William G. Sumner

Adapun pengertian primordialisme menurut William yaitu sebuah rasa persamaan persaudaraan dengan perwujudan kerjasama, saling membantu, menghormati, dan memiliki persamaan solidaritas sehingga sangat setia dengan kelompoknya. Individu dengan paham primordialisme akan rela berkorban demi kelompoknya serta menjunjung tinggi nilai sosial terhadap kelompoknya.

  • Stephen K. Sanderson

Menurut seorang ahli bernama Stephenn, Primordialisme sangat erat kaitannya dengan etnisitas. Dalam hal ini juga dapat diasumsikan bahwa primordialisme sendiri adalah paham dimana seorang individu memiliki identitas etnis yang sulit dihapuskan.

Itulah pengertian dari primordialisme yang menjadi dasar utama ketika anda mempelajari tentang seluk beluk primordialisme. Tidak hanya secara umum tentunya pengertian dari primordialisme di atas juga didukung oleh teori- teori pengertian primordialisme oleh para ahli.

Contoh Primordialisme yang Terjadi pada Masyarakat Indonesia

  1. Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Contoh dari primordialisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia ketika kita menelisik sejarah indonesia yaitu munculnya Gerakan Aceh Merdeka atau bisa dikenal dengan GAM. Gerakan Aceh Merdeka sendiri merupakan sebuah organisasi separatis dengan tujuan melepas Aceh dari Negara Indonesia. Banyak sekali penyebab mengapa Aceh ingin menjadi sebuah Negara sendiri. Salah satunya dalam kasus primordialisme yaitu masyarakat aceh cenderung menganggap bahwa Aceh berbeda dengan paham NKRI dan menganggap bahwa daerah Aceh lebih baik dan tidak bisa disatukan dengan NKRI.

  1. Tata Krama dan Kesopanan di Jawa

Tata karma di setiap daerah berbeda- beda tergantung dari nilai- nilai sosial serta adat istiadat dari masing- masing daerah. Di pulau Jawa sendiri tata karma yang diajarkan pun sangat berbeda dengan daerah lain. Mulai dari bahasa, tutur kata, serta tingkah laku seorang individu harus bisa menghargai serta menghormati orang yang lebih tua. Dalam hal ini pun ketika seorang Jawa pergi ke daerah lain dan simak juga, tata karma serta kesopanan seperti ini pun masih dibawa dan tak jarang pula banyak orang bingung dengan hal ini. namun, ini merupakan salah satu contoh positif dari primordialisme dimana masih menjunjung tinggi daerahnya.

Sponsors Link

  1. Diskriminasi Orang Papua

Contoh primordialisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia berikutnya yaitu bentuk diskriminasi terhadap orang Papua. Ini seringkali terjadi di daerah lain selain daerah timur dimana orang papua menjadi minoritas di daerah tersebut. Orang Papua terkena diskriminasi secara langsung maupun tidak langsung mulai dari dianggap berbeda dan tidak dianggap sebagai bagian dari daerah tersebut walaupun tinggal di daerah tersebut.

  1. Gerakan ISIS Indonesia

Islam merupakan agama mayoritas yang ada di Indonesia berbeda dengan manfaat mempelajari kebudayaan suku-suku bangsa, namun bukan berarti semua penduduk Indonesia adalah orang islam. Dalam hal ini sebagai mayoritas, beberapa orang islam menganggap bahwa agama mereka adalah agama terbaik. Dengan ini lah seorang individu mudah terhasut karena kecantikannya terhadap agama islam sehingga mereka membentuk sebuah organisasi berkedok agama islam yaitu ISIS.

  1. Budaya Sungkem Orang Jawa

Selain terkenal dengan kesopanannya simak juga Faktor Pendorong dan Penghambat Akulturasi Budaya, tampaknya budaya Jawa sangat melekat pada masyarakat Jawa walaupun mereka tidak tinggal di Jawa. Salah satu contoh positif dari primordialisme berikutnya yaitu budaya sungkem orang Jawa, mereka melakukannya pada waktu- waktu tertentu seperti pada hari raya, menjalani upacara pernikahan, dan ketika akan melakukan perjalanan jauh. Dalam hal ini mereka percaya bahwa dengan melakukan sungkem tidak hanya sebagai penguat rasa silaturahmi saja tetapi juga untuk mendatangkan keberuntungan dan meningkatkan energi positif.

ads
  1. Anggapan Lebih Baik Daripada Budaya Lain

Adapun contoh primordialisme yang terjadi di masyarakat Indonesia berikutnya yaitu ketika suatu suku di Indonesia menganggap bahwa kebudayaannya lebih baik daripada budaya lain. Seperti halnya beberapa orang bali yang menganggap bahwa kebudayaannya lebih baik daripada budaya Jawa karena menjadi sorotan dunia. Seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak sekali kebudayaan bali seperti seni tradisionalnya yang selalu diangkat secara internasional. Ini juga menjadi salah satu penyebab kesombongan mereka dalam hal menunjukkan kebudayaan.

  1. Anggapan Keyakinan Suku Bugis Lebih Baik

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak sekali agama dan keyakinan berbeda dengan contoh pembangunan sosial budaya, ini juga dipengaruhi oleh banyaknya suku di Indonesia. Salah satu suku di Indonesia yang memiliki keyakinan sangat kuat tidak hanya berhubungan dengan animisme dan dinamisme saja tetapi juga arwah para leluhur yaitu suku Bugis. Karena ritual yang mereka jalani serta prinsip yang kuat pada keyakinan dan sedikit fanatik, tak jarang suku bugis menganggap bahwa apa yang diyakini mereka lebih baik dengan keyakinan orang lainnya.

  1. Gerakan Separatis Papua

Sama halnya dengan gerakan Aceh merdeka tampaknya papua dengan kekayaan hasil bumi dan rempah paling melimpah di Indonesia juga membuat sebuah organisasi dengan tujuan membuat Negara sendiri yaitu gerakan separatis Papua. Mereka ingin menjadi sebuah Negara merdeka dimana hidup bebas dengan kekayaan alam yang dimilikinya juga bebas dari tekanan. Rasa keinginan untuk bebas karena merasa memiliki kekayaan lebih banyak dari daerah lain dan perasaan tertekan di Negara inilah yang menjadikan ini sebagai contoh dari primordialisme.

  1. Orang Sunda Sulit Beradaptasi di Surabaya

Seperti yang kita ketahui budaya sunda bahkan cara orang sunda bertutur kata sangatlah halus dan mereka sangat menghormati orang lain dan simak juga perbedaan nilai budaya dan nilai sosial, berbeda dengan orang Surabaya yang sedikit kasar dan keras. Bentuk dari primordialisme yang dapat dilihat disini yaitu ketika orang sunda menjunjung tinggi adat istiadat serta tata kramanya dengan merasa bahwa itu paling baik, mereka tentu akan sangat sulit untuk beradaptasi di Surabaya dengan mayoritas orang Surabaya yang kasar. Dan hal ini dapat cenderung membuat orang sunda tersebut merasa tertekan.

  1. Menganggap Batik Madura Lebih Baik daripada Batik Jawa

Seperti yang kita ketahui hampir seluruh daerah di Indonesia pasti memiliki motif kain masing- masing yang menjadi ciri khasnya. Jenis motif kain dimana hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki yaitu batik. Namun setiap daerah memiliki motif batik yang berbeda- beda. Contoh primordialisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia saat ini yaitu ketika masyarakat Madura menganggap bahwa motif kain batik mereka lebih baik daripada motif kain batik orang Jawa.

  1. Orang Padang Menganggap Nasi Padang lebih Enak

Seperti yang kita ketahui bahwa nasi padang khususnya rendang telah diakui secara internasional menjadi salah satu hidangan terenak di dunia. Dalam hal ini menjadi salah satu alasan mengapa orang padang memandang remeh menu masakan dari daerah lain, ini menjadi salah satu contoh primordialisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia saat ini. Apalagi kebanyakan orang padang dengan anggapan masakan padang lebih enak tidak mau mencoba masakan dari daerah lain walaupun secara rasa juga enak. Ini juga menjadi salah satu contoh dimana masyarakat Indonesia saat ini mengalami krisis toleransi.

  1. Membandingkan Barang Orang

Contoh primordialisme selanjutnya yaitu membandingkan barang orang lain dengan barang sendiri dan merasa bahwa barang sendiri lebih baik. Contoh paling sering dijumpai yaitu ketika seorang wanita membeli tas dengan model yang sama. sebetulnya bentuknya sama tetapi seorang wanita tentu tidak ingin jika barangnya disamakan, apalagi seorang wanita memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi. Dalam hal ini seorang wanita akan merasa direndahkan jika memiliki barang terutama tas yang sama dan mereka selalu memperhatikan sudut pandang orang lain terhadap mereka.

Itulah contoh primordialisme yang terjadi pada masyarakat Indonesia yang dapat kami sampaikan beserta pengertian primordialisme yang menjadi dasar dari contoh primordialisme. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selamat membaca.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 13th, July 2019 / 03:46 Oleh :
Kategori : Sosiologi