Sponsors Link

10 Contoh-Contoh Pranata Pendidikan Dalam Masa Tahapan Pendidikannya

Sponsors Link

Dalam kehidupan tentu tidak akan terlepas dari pendidikan. Berbagai macam pendidikan di tawarkan. Pendidikan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang. Dengan mengambil jenjang pendidikan, seseorang akan bisa melanjutkan ke jenjang-jenjang berikutnya. Dengan adanya pendidikan, cara belajar akan semakin terkontrol setiap harinya. Pendidikan merupakan hal yang wajib diperoleh oleh setiap warga negara khususnya anak-anak. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dimulai sejak usia dini. Sebisa mungkin, seorang anak telah menjalani proses pendidikan sejak dia kecil.

ads

Dengan adanya pendidikan yang dimulai sejak dini akan mempermudah cara belajar anak. Pemikiran anak akan terbentuk dengan melalui materi-materi yang diajarkan pada proses pendidikan. Banyaknya metode pendidikan yang diajarkan akan menjadikan siswa bisa mengolah bagaimana cara belajar yang efektif menurut mereka. Namun, hal tersebut bisa saja memuat siswa menjadi bingung akan semua hal yang dia terimanya. Bisa saja dengan semakin banyak materi yang diterima bisa menjadikan mereka bingung mana yang tepat untuk diolah.

Pranata Pendidikan

Dalam pranata pendidikan banyak memiliki jenisnya. Unsur-unsur pranata sosial bisa ditemukan dengan mudah. Dengan adanya pranata pendidikan, cara untuk memperoleh pendidikan akan semakin mudah. Ketika seseorang sudah mengerti bagaimana peran pranata pendidikan akan lebih memudahkan untuk mengetahui bagaimana pranata pendidikan itu.

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui pranata pendidikan. Fungsi pranata pendidikan merupakan sesuatu yang memiliki peran untuk membentuk kepribadian seseorang. Peran pranata pendidikan dalam membentuk suatu kepribadian adalah peran yang sangat penting dan utama. Beberapa contoh-contoh pranata pendidikan bisa anda pelajari dalam artikel ini. Berikut adalah contoh-contoh pranata pendidikan:

  • TK (Taman Kanak-kanak)

Sekolah TK merupakan jenjang awal (jika tidak ada playgroup) dalam menganyam bangku pendidikan. TK merupakan tahap awal pendidikan formal dilakukan. Dengan adanya pendidikan TK, masyarakat akan lebih mudah menempatkan anak-anak yang masih kecil untuk mengetahui bagaimana rasanya sekolah. Dengan begitu, pola pikir anak akan mengetahui bagaimana itu sekolah.

Sekolah TK merupakan masa yang paling menyenangkan. Dimana setiap hari akan dipenuhi dengan kesenangan-kesenangan didalam dan luar sekolah. Banyak hal yang bisa membuat seorang anak menjadi bahagia dan senang ketika mulai sekolah TK. Oleh karena itu, sekolah TK merupakan salah satu contoh dari contoh-contoh pranata pendidikan yang ada.

  • SD (Sekolah Dasar)

SD atau Sekolah Dasar merupakan langkah awal mengenal pendidikan yang formal setelah menempuh sekolah TK. SD merupakan salah satu contoh contoh pranata pendidikan. Waktu tempuh sekolah SD adalah 6 tahun. Dan merupakan waktu terlama dalam menjalani sekolah. Dengan adanya sekolah SD menjadikan gerbang pertama untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Contoh hidup rukun menjadi salah satu peran yang dilakukan dalam jenjang SD.

Dengan adanya sekolah SD, proses belajar akan bertahap mulai dari kelas 1 hingga terakhir kelas 6. Dengan adanya sistem seperti itu, proses sekolah akan menjadi berurutan dan terstruktur. Dalam menjalani sekolah SD, masih belum ditemukan keresahan dalam belajar. Karena pada dasarnya di sekolah SD mempelajari semua mata pelajaran untuk bisa dijadikan sebagai dasar sebelum masuk ke jenjang yang selanjutnya.

  • SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Sponsors Link

SMP atau Sekolah Menengah Pertama merupakan lanjutan dari SD. Dimana anak-anak yang lulus SD biasanya akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP. Terlepas dari pilihan SMP negeri atau swasta, hal tersebut kembali ke pilihan masing-masing. Dengan adanya pendidikan SMP, hal yang dipelajari akan sedikit lebih meningkat dibandingkan dengan SD. Mata pelajaran akan semakin mengerucut namun masih general.

Dengan adanya pendidikan SMP menjadi jembatan untuk melanjutkan ke pendidikan yang selanjutnya. Oleh karena itu, SMP menjadi salah satu contoh-contoh pranata pendidikan karena SMP merupakan contoh dari pendidikan formal.

  • SMA (Sekolah Menengah Atas)

SMA atau Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang pendidikan lanjutan dari SMP. Pada umumnya, anak-anak siswa SMP yang sudah lulus akan melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK. SMA menjadi tahap sekolah yang lebih advance daripada sebelum-sebelumnya. Pada sekolah SMA, siswa akan diarahkan ke jurusan masing-masing. Pada umumnya, jurusan yang ada di SMA adalah IPA, IPS, dan bahasa.

ads

Dengan adanya pendidikan SMA, para siswa akan menjadi lebih memiliki dasaran pengetahuan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya pendidikan SMA, beban pelajaran yang akan dipelajari akan semakin bertambah. Oleh karena itu, SMA merupakan salah satu contoh-contoh pranata pendidikan karena termasuk kedalam pendidikan formal.

  • SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

SMK atau Sekolah Menengah kejuruan merupakan jenjang pendiikan lanjutan SMP. Setelah lulus dari SMP, masing-masing siswa akan memiliki pilihan melanjutkan sekolah ke SMA atau SMK. Pada sekolah SMK, siswa akan lebih berorientasi pada praktik dan akan lebih banyak membahas praktik. Pada suatu SMK terdapat beberapa jurusan yang ditawarkan. Jurusan yang berada di SMK akan berbeda dengan jurusan yang ditawarkan di SMA.

Dalam pendidikan SMK, siswa akan dibekali dengan adanya praktik kerja atau magang di suatu industri. Siswa akan memiliki pengalaman dan kemampuan kerja lebih dini. Namun, tidak menutup kemungkinan jika siswa SMK melanjutkan sekolah ke pendidikan yang lebih tinggi.

  • Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi merupakan tahap jenjang yang paling tinggi dalam sejarah pendidikan. Namun dalam jenjang detil perguruan tinggi masih ada tingkatan-tingkatan yang lebih tinggi. Dalam perguruan tinggi, bukan lagi namanya menjadi siswa tapi mahasiswa. Perguruan Tinggi menyediakan berbagai jurusan sesuai dengan keinginan mahasiswa, sehingga pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswa akan menjadi lebih beragam.

Dengan adanya perguruan tinggi, proses belajar akan semakin meningkat targetannya. Beban yang dialami akan menjadi lebih berat daripada jenjang pendidikan sebelumnya. Perguruan Tinggi menjadi salah satu contoh-contoh pranata pendidikan karena masih termasuk dalam pendidikan formal.

  • Kursus Bahasa

Kursus Bahasa merupakan salah satu contoh-contoh pranata pendidikan karena masih termasuk kedalam pendidikan non-formal. Dengan menjalani kursus bahasa seseorang akan menjadi lebih mudah dalam proses belajar bahasa. Menjadi salah satu jenis dari pendidikan non-formal adalah ciri dari pranata pendidikan. Dengan adanya kursus bahasa, seseorang akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa tambahan atau bahasa asing.

  • Kursus Memasak

Kursus Memasak merupakan salah satu bentuk peran lembaga pendidikan non-formal. Dengan mengikuti kursus masak, seseorang akan memiliki kemampuan dalam bidang memasak. Dan menjadikan bidang tersebut sebagai skill atau kemampuan atau bakat yang dimiliki. Oleh karena itu, kursus merupakan salah satu contoh-contoh pranata pendidikan. Karena dengan mengikuti kursus, kita akan mendapatkan banyak pegetahuan yang belum didapatkan di sekolah.

Sponsors Link

  • Kursus Ujian Nasional/SBMPTN

Kursus Ujian Nasional/SBMPTN merupakan jenis kursus yang sangat familiar dan banyak diikuti oleh para siswa. Dengan adanya kursus tersebut, kita bisa mendapatkan pengetahuan tambahan selain pengetahuan yang diberikan pada saat sekolah. Dengan begitu, pengetahuan dan pemahaman kita akan menjadi bertambah. Oleh karena itu, Kursus ujian nasional/SBMPTN menjadi salah satu contoh-contoh pranata pendidikan.

  • Pendidikan dari keluarga

Pendidikan dari keluarga merupakan bentuk pendidikan informal dan merupakan contoh-contoh pranata pendidikan. Dengan adanya keluarga, pendidikan secara tidak langsung akan kita dapatkan, bahkan setiap hari. Oleh karena itu, keluarga merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan dan bagian dari pelajaran yang harus diberikan kepada masing-masing anggota keluarga. Dengan adanya keluarga, secara tidak langsung dalam peran pranata pendidikan.

Contoh-contoh pranata pendidikan bisa dipelajari dengan mudah dan dapat dipahami dengan bahasa yang simple. Dengan adanya contoh-contoh pranata pendidikan akan lebih memudahkan untuk anda mengetahui bagaimana pranata pendidikan itu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 29th, May 2018 / 04:34 Oleh :
Kategori : Pendidikan